Blog

Ini Praktisnya Berbelanja dengan Chat Commerce

Perkembangan internet membuat kegiatan berbelanja semakin mudah. Selain itu, platform untuk berbelanja yang dapat dipilih konsumen juga sangat beragam. Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan, ekspektasi konsumen saat berbelanja pun semakin tinggi. 

Untuk menjaga kepuasan dan loyalitas pelanggan, salah satu aspek yang perlu diperhatikan adalah pengalaman berbelanja konsumen. Jadi selain dari segi kualitas produk, kamu juga perlu mempertimbangkan kenyamanan konsumen dalam melakukan transaksi. 

Baca juga: Perkembangan Chat Commerce di Indonesia dan Efektivitasnya untuk Bisnis

Salah satu platform penjualan yang dapat digunakan adalah chat commerce. Pada chat commerce, aktivitas transaksi antara penjual dan pembeli dapat dilakukan melalui interaksi secara langsung sehingga kamu dapat mengoptimalkan hubungan dengan pelanggan maupun penjualan. Berikut 5 manfaat chat commerce bagi pelanggan:

Pengalaman Berbelanja yang Lebih Personal

Melalui chat commerce, pelanggan bisa mendapatkan layanan yang lebih personal dari penjual. Jika pelanggan memiliki pertanyaan, penjual bisa dengan mudah memberikan jawaban atau bantuan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pelanggan. Dengan pelayanan yang lebih personal, pelanggan pun akan merasa lebih dihargai. Selain itu, survei juga menunjukkan bahwa konsumen akan lebih cenderung untuk membeli suatu produk jika penjual responsif terhadap chat

Selalu Update di Setiap Tahap Proses Order

Seringkali setelah membeli barang, konsumen ingin mengetahui kapan barang dikirimkan dan kapan barang tersebut akan sampai. Lewat chat commerce, penjual dapat mengirimkan rekap, notifikasi status pemesanan serta status pembayaran ke konsumen secara langsung melalui chat. Ini merupakan salah satu bentuk keterbukaan penjual kepada konsumen. Dengan memberikan update, konsumen akan merasa lebih tenang dan percaya kepada penjual. 

Memudahkan Konsumen Melakukan Transaksi

Berdasarkan data Yotpo, 65% konsumen memulai proses berbelanja mereka melalui smartphone. Selain itu, 57% konsumen juga mengaku mereka tidak akan merekomendasikan bisnis dengan pengalaman mobile yang buruk. Maka itu, penjual harus bisa menciptakan pengalaman berbelanja yang mobile-friendly, salah satunya melalui chat commerce. Konsumen yang biasanya membuat keputusan pembelian melalui smartphone akan dimudahkan dengan adanya chat commerce.  

Di Indonesia, aplikasi pesan instan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat adalah Whatsapp. Pebisnis dapat memanfaatkan platform yang terintegrasi dengan Whatsapp Business API sebagai saluran penjualan dan layanan mereka untuk memberikan pengalaman yang menyeluruh mulai dari proses pengenalan dan penawaran produk hingga transaksi. 

Dengan cara ini, pelanggan tidak perlu repot-repot beralih ke laptop atau komputer untuk melakukan transaksi. Apabila transaksi hanya bisa dilakukan melalui website, mungkin ada pelanggan yang tidak memahami cara melakukan order. Lewat chat commerce, mereka bisa dengan mudah terhubung denganmu melalui Whatsapp setelah mengetahui tentang brand atau produk misalnya dari media sosial atau mesin pencarian. Kemudian, konsumen bisa mencari tahu lebih lanjut mengenai produk yang dijual sehingga pengalaman berbelanja mereka lebih mulus dan lancar. 

Menghemat Waktu

Seperti yang sudah disebutkan, chat commerce memungkinkan konsumen untuk mendapatkan pengalaman berbelanja yang nyaman dan lengkap serta layanan yang komprehensif melalui satu perangkat yaitu smartphone. Selain itu, karena konsumen sudah familiar dengan aplikasi pesan instan, mereka tidak perlu mempelajari dari awal cara menggunakannya. 

Penggunaan chat commerce juga bisa membuat pelanggan lebih nyaman untuk berkomunikasi dengan penjual menggunakan gaya bahasa yang lebih lisan karena menggunakan aplikasi pesan instan yang biasa mereka gunakan sehari-hari untuk berkomunikasi dengan orang-orang terdekat. Dengan kemudahan-kemudahan tersebut, pelanggan bisa menghemat waktu mereka saat melakukan transaksi.   

Mendapatkan Respons yang Cepat

Terakhir, pelanggan bisa mendapatkan respons yang cepat dan efektif melalui chat commerce. Dengan adanya platform chat commerce seperti SIRCLO Chat, konsumen bisa menerima pesan otomatis mengenai cara melakukan order saat pertama kali menghubungi penjual sehingga mereka bisa langsung melakukan pemesanan. Setelah melakukan pembelian, order mereka bisa langsung diproses di dashboard

Baca juga: Disebut sebagai Teknologi Terobosan di 2019, Bagaimana Perkembangan Chat Commerce Sekarang?

Selain itu, penjual juga bisa langsung mencari produk sesuai dengan katalog yang telah dimasukkan pada dashboard sehingga pelanggan bisa dengan cepat mendapatkan informasi produk. Dengan respons yang efisien, kamu bisa meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam melakukan transaksi sehingga mereka tidak ragu untuk kembali berbelanja.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!