Blog

Instagram Shopping Resmi Diluncurkan di Indonesia!

Kabar gembira bagi para pelaku bisnis, Instagram Shopping kini resmi diluncurkan di Indonesia! Artinya, sekarang kamu bisa mengaktifkan Instagram Shopping untuk bisnismu dan mulai berjualan di Instagram. Sebagai partner resmi Facebook, website toko online SIRCLO Store akan dapat diintegrasikan dengan Instagram Shopping dalam beberapa minggu ke depan; membuat pelangganmu lebih mudah untuk memilih produk dan langsung berbelanja di website!

Instagram menjadi salah satu platform yang banyak digunakan pelaku bisnis untuk memperluas jangkauan mereka dan meningkatkan penjualan. Pasalnya, Instagram tidak lagi hanya digunakan untuk berinteraksi dan bersosialisasi, tetapi juga digunakan untuk mencari produk dan berbelanja. Apalagi dengan munculnya fenomena influencer, Instagram pun berubah menjadi platform social commerce.

Instagram Shopping adalah seperangkat fitur yang memungkinkan pelanggan untuk berbelanja melalui foto atau video-mu di Instagram. Dengan Instagram Shopping, pelanggan dapat menemukan brand-mu dengan lebih mudah, browsing produk dan melihat harga, hingga langsung berbelanja di platform-mu.

Ada 1 milyar pengguna di Instagram, dan 80% di antaranya mengikuti sebuah bisnis atau brand (Instagram Internal Data, May 2018). Berdasarkan survey, 2 dari 3 orang mengatakan bahwa Instagram memungkinkan interaksi antara pengguna dengan brand (“Project Instagram” by Ipsos, Nov 2018). 83% pengguna juga menemukan produk atau jasa baru melalui Instagram, dan 81% melakukan riset produk atau jasa di Instagram sebelum melakukan pembelian (“Project Instagram” by Ipsos, Nov 2018). Dengan Instagram Shopping, brand dapat memberikan tag harga dan stiker pada konten organik di Instagram. Social commerce yang semakin marak akan mempermudah konsumen potensial bisnismu menemukan produk yang mereka cari, engage dengan kontenmu di Instagram, juga berbelanja di website e-commerce-mu dengan lebih praktis!

Menanggapi diluncurkannya Instagram Shopping, User Success Manager SIRCLO Felix Sandjaja juga mengungkapkan bahwa fitur ini sangat membantu merchants untuk mengaktifkan brand mereka dari sisi social commerce dan semakin meningkatkan exposure brand di media sosial.

“Pelanggan bisa mengetahui harga produk dengan cepat dan mudah, serta dapat diarahkan ke website secara langsung dari Instagram merchant. Fitur ini sangat membantu pelaku bisnis untuk memanfaatkan Instagram dalam mempromosikan produk maupun jasa mereka,” ungkap Felix.

Tidak hanya itu, para merchant SIRCLO Store juga menunjukkan antusiasme mereka dalam mengaktifkan Instagram Shopping.

“Adanya fitur Instagram Shopping diharapkan dapat menjadi inovasi terbaru yang memudahkan brand (kami) menggapai konsumen sehingga bisa meningkatkan penjualan online,” ujar Hida Hasan, Owner dari Hida Hasan Official (www.hidahasan.com) yang juga aktif berjualan di akun Instagram @hidahasanofficial.id.

Instagram Shopping juga memiliki keunggulan yang tidak boleh kamu lewatkan jika ingin mengembangkan bisnis online-mu! 

Pengalaman berbelanja yang baru

Instagram membuat pengalaman berbelanja dalam platform yang lebih simpel dengan membuat produk yang memungkinkan konsumen untuk belanja on-the-go. Pelaku bisnis bisa menambahkan tag produk pada post dan stiker di Instagram stories, sehingga konsumen bisa berbelanja dengan lebih mudah saat melihat produk yang menarik perhatiannya.

Perkuat penemuan produk

Dengan 1 milyar pengguna di Instagram, Instagram Shopping membantumu menjangkau pelanggan baru melalui feeds, stories, explore page, dan profil; meningkatkan penemuan dan engagement untuk brand-mu.

Mulai bercerita melalui Instagram

Gunakan cara baru dan inovatif untuk menceritakan tentang brand atau produkmu melalui ragam format yang tersedia, seperti gambar, carousel, dan video di Instagram stories atau post feeds.

Setup Instagram Shopping untuk bisnismu, Yuk!

Yang perlu kamu siapkan sebelum memulai setup

  • Kamu perlu mengkonfirmasi bahwa akun Business atau Creator-mu berlokasi di pasar yang tersedia untuk Instagram Shopping. Sejak awal Oktober, fitur ini sudah resmi diluncurkan di Indonesia lho.
  • Bisnismu harus merupakan bisnis yang menjual produk fisik yang mematuhi kebijakan perdagangan Instagram.
  • Instagram Shopping didukung oleh katalog Facebook, jadi kamu perlu memiliki profil Instagram Business yang terhubung dengan Facebook Page.
  • Jika kamu belum memiliki website e-commerce yang terintegrasi dengan Facebook, kamu perlu mendirikan katalog produk di Pengelola Facebook Business secara manual.
  • Jika kamu sudah memiliki website SIRCLO Store, kamu bisa menghubungi tim kami untuk mulai mengintegrasikan katalog produkmu dengan Instagram.
  • Selanjutnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah setup di panduan berikut.

Sekarang, waktunya kamu mempersiapkan Instagram Shopping bersama SIRCLO Store! Sebentar lagi, SIRCLO Store akan segera merilis fitur yang mengintegrasikan katalog produk di website jualanmu ke Instagram Shopping. Kamu bisa mempersiapkan akun Instagram-mu untuk integrasi Instagram Shopping atau membuat website jika belum memiliki toko online. Yuk, mulai berjualan online dengan meng-klik di sini untuk membuat website toko online bersama kami!

__

Sumber Data:

  1.  Instagram Internal Data, May 2018.
  2. “Project Instagram” by Ipsos (Facebook-commissioned survey of 21,000 people aged 13-64 in AR, AU, BR, CA DE, FR, IN, IT, JP, KR, TR, UK, US and aged 18-64 in Japan), Nov 2018. Setiap partisipan mengatakan bahwa mereka menggunakan Instagram setidaknya seminggu sekali. Gaya respon survey dapat beragam di setiap negara karena adanya perbedaan budaya, namun skala anchor-nya tetap sama di tiap negara.

 

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!