Blog

Jelang Pesta Belanja Online 10.10, Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan?

Sebentar lagi pesta belanja online 10.10 akan berlangsung. Momen ini menjadi peluang besar bagi pebisnis online untuk meningkatkan penjualannya secara signifikan. Namun, brand juga harus melakukan persiapan dengan matang mulai dari segi produk maupun tenaga kerja agar penjualan bisa lancar dan sukses. 

Persiapan yang baik tidak hanya akan memudahkanmu dalam melayani transaksi tetapi juga meningkatkan kepercayaan dan reputasi brand di mata konsumen. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan pesta belanja online 10.10 mendatang.

Pastikan Stok Tersedia

Penjualan yang meningkat artinya kamu harus menyiapkan stok barang lebih agar penjualan dan keuntungan bisa maksimal. Pastikan kamu memiliki jumlah stok yang cukup terutama untuk produk-produk favorit. Buat perkiraan stok produk yang dibutuhkan berdasarkan promo-promo sebelumnya. 

Tidak hanya produk saja, kamu juga harus menyiapkan stok perlengkapan seperti kemasan, label, dan sebagainya. Dengan mempersiapkan stok, kamu bisa melayani tiap order yang masuk dan konsumen tidak perlu menunggu lama untuk menerima pesanan mereka. 

Tetap Jaga Kualitas Produk

Terkadang pesanan yang banyak dapat membuat kualitas produk jadi tidak merata. Hal ini dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan terhadap brand. Kualitas produk yang tidak sesuai ekspektasi konsumen dapat memperburuk reputasi brand dan malah menimbulkan kerugian. 

Maka itu, selain menyiapkan stok, terapkan juga sejumlah cara untuk menjaga kualitas produk. Dengan menjaga standar kualitas produk, kamu juga bisa terhindar dari banyaknya komplain atau keluhan yang masuk usai pesta belanja online

Tentukan Strategi Promo

Menjelang pesta belanja online, sebagian besar brand pasti menawarkan berbagai jenis promo. Agar promo efektif tentukan dulu jenis promo yang akan kamu berikan, apakah potongan harga, gratis ongkir, buy 1 get 1, paket bundling, dan banyak lagi. Perhitungkan juga mengenai keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Kemudian, siapkan strategi yang bisa kamu lakukan untuk mendorong promo-promo tersebut untuk menarik lebih banyak lagi pembeli.

Sinkronisasi Semua Channel Penjualan

Saat promo berlangsung, akan ada banyak pertanyaan maupun order yang masuk. Apalagi jika kamu melakukan penjualan di berbagai channel seperti website toko online, marketplace, dan social commerce. Agar tidak kewalahan, sebaiknya sinkronisasi dulu semua channel penjualanmu sebelum pesta belanja online.

Pastikan masing-masing channel memiliki informasi yang lengkap dan dapat diakses dengan mudah, mulai dari kelancaran website, profil toko online di marketplace, hingga kontak yang dapat dihubungi. Kamu bisa mengintegrasikan saluran penjualan e-commerce mulai dari sinkronisasi produk, inventori, hingga pengelolaan pemesanan dengan Connexi. Channel penjualan yang terintegrasi akan memudahkanmu memberi update kepada konsumen. 

Baca juga: SIRCLO Luncurkan Teknologi Terbaru yang Memudahkan Pengelolaan Bisnis Online: Connexi

Sounding Promo di Berbagai Channel

Agar promo semakin diketahui banyak orang, jangan lupa untuk mempromosikannya di channel-channel penjualanmu. Kamu bisa memanfaatkan fitur-fitur di media sosial ataupun bekerja sama dengan influencer untuk menjangkau lebih banyak konsumen. 

Selain itu kamu juga bisa menggunakan fitur ads baik di media sosial, marketplace, atau Google. Lakukan promosi beberapa minggu sebelum hari H dan terus promosikan secara berkala hingga 1 hari sebelum pesta belanja online agar konsumen tidak lupa dengan promo yang akan kamu jalankan. 

Update Tampilan Channel Penjualan 

Selain dari sinkronisasi channel penjualan, jangan lupa juga untuk memperbarui tampilan dari masing-masing channel penjualan. Misalnya pada website toko online kamu bisa menampilkan banner atau halaman khusus promo pesta belanja online 10.10 di halaman awal sehingga orang yang pertama kali berkunjung bisa langsung mengetahui promo tersebut. Begitu pula dengan di marketplace, kamu bisa meng-update toko online-mu dengan menggunakan banner khusus promo pesta belanja online pada profil.

Pastikan juga website toko online mudah dinavigasikan sehingga pengunjung tidak bingung dan kesulitan saat ingin melakukan pembelian. Kamu bisa menggunakan SIRCLO Store untuk meningkatkan tampilan websitemu agar lebih menarik dan user-friendly

Baca juga: Tips Memaksimalkan Penjualan dengan Website Toko Online

Persiapkan Pelayanan yang Baik

Terakhir, pastikan kamu sudah siap memberikan pelayanan yang berkualitas kepada seluruh konsumen. Persiapkan timmu dengan baik, usahakan untuk bisa memberikan respons yang cepat, ramah, dan tepat kepada pelanggan. Cantumkan jam operasional pelayanan agar konsumen bisa tahu kapan mereka bisa menghubungimu. 

Agar penjualan semakin efisien, kamu bisa melakukan chat commerce melalui SIRCLO Chat yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Fitur-fiturnya memungkinkan kamu untuk mensinkronisasi katalog produk dan inventori serta mengirimkan notifikasi otomatis terkait update pembayaran dan pengiriman sehingga kamu bisa melayani pelanggan dengan lebih cepat. Selain itu, dashboard SIRCLO Chat juga bisa diakses oleh banyak admin sehingga tim dapat bekerja dengan optimal dan seluruh chat yang masuk dapat dilayani dengan baik. 

Baca juga: Luasnya Pasar Pengguna Whatsapp Jadi Potensi Besar Bagi Pebisnis

Optimalkan penjualanmu saat pesta belanja online 10.10 dengan berjualan di toko online SIRCLO Store, software multichannel e-commerce SIRCLO Connexi, dan dasbor interaktif SIRCLO Chat! Kamu bisa mensinkronisasikan stok dari setiap platform penjualan, baik dari website, marketplace, dan WhatsApp, juga mengelola seluruh pesanan yang masuk dari tiap channel di 1 tempat. Kamu tidak perlu lagi login ke banyak akun untuk menjangkau konsumen di tiap ekosistem penjualan! SIRCLO siap mendukung kamu untuk melakukan penjualan di banyak platform dengan lebih praktis dan efisien.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!