Blog

Kapan Saat Yang Tepat Untuk Punya Website Toko Online?

Serunya berjualan online bisa membuat para penjual yang tadinya iseng-iseng menjadi serius untuk menggelutinya. Pendapatan yang masuk bisa mencapai angka yang besar jika si penjual berhasil memasarkan tokonya secara luas dan membuat para pelanggannya puas. Karena itu, hadirlah situs toko online sebagai sarana untuk memasarkan dan melakukan berbagai proses penjualan online kamu!

Berbeda dengan media sosial dan marketplace, website toko online bisa melakukan lebih dari sekedar memasarkan produk saja. Contoh fitur keren yang hanya dimiliki website toko online adalah pengaturan terhadap pesanan produk, memakai domain sendiri, hingga menyebarkan e-mail newsletter.

Apakah kamu punya toko online? Apakah sudah saatnya kamu punya website sendiri? Berikut adalah tiga kondisi kamu perlu membuat website sendiri:

Saat kamu ingin serius banget jualan online sampai kamu mulai memikirkan yang namanya branding

Memangnya branding itu penting? Jawabannya adalah ya. Menurut University of Florida Executive Education, brand itu berkaitan dengan reputasi, atau bagaimana sebuah persepsi yang dicerminkan dari sebuah brand membentuk pandangan terhadap perusahaan yang berada di belakang brand tersebut.

Persepsi dapat terwujud dari berbagai hal, salah satunya adalah website. Website menjadi seperti sebuah toko fisik. Pelanggan akan mendapatkan sebuah pengalaman dan sense untuk menilai toko kamu dari kesan pertama ketika mereka masuk.

Apakah kamu ingin pelanggan melihat toko kamu sebagai toko yang lucu? Bisa. Ingin terkesan dewasa dan profesional? Tentu bisa. Apapun kesan yang ingin kamu tempelkan ke toko kamu bisa kamu wujudkan dengan tampilan website yang tepat dan disesuaikan dengan tokomu. Itulah mengapa tampilan dan tema sebuah website itu menjadi hal yang penting bagi toko online kamu.

Website sendiri berarti memiliki domain pribadi. Ibaratkan ke toko fisik, nama tokomu sajalah yang akan terpampang di depan toko.

Bagaimana kelihatannya kalau ada nama lain yang ikutan terpampang? Pasti terlihat kurang orisinil dan kurang kredibel. Itulah mengapa kamu perlu sebuah domain dengan nama toko kamu saja. Selain itu, nama domain yang pendek juga akan semakin mudah diingat sehingga akan mempermudah para pengunjung untuk kembali ke website kamu nantinya.

Mari kita lihat branding yang dapat kamu lakukan di situs marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak. Kamu dapat menggunakan gambar dan nama toko kamu untuk header ketika pengunjung masuk ke halaman toko kamu dalam marketplace. Namun seluruh desainnya masih dari marketplace tersebut.

Itu bukan 100% punya kamu yang bisa kamu kreasikan sesuka hati. Kamu pun tidak memiliki domain kamu sendiri sehingga pencarian toko kamu tak semudah website sendiri, karena harus diakses di dalam website lain. Toko kamu seperti berada dalam mall bersama toko-toko lainnya, sehingga pelanggan harus mengeluarkan usaha ekstra untuk mencari toko kamu ketika ingin kembali. Mudah-mudahan tidak tersasar ke toko lain, ya?

Saat kamu ingin memaksimalkan pemasaran toko kamu

Kalau kamu mencari sesuatu di Google, akan muncul ratusan hingga ribuan artikel yang berkaitan dengan pencarianmu. Artikel mana yang akan langsung kamu buka? Pasti yang di halaman awal, terutama yang paling atas bukan?

Dengan website sendiri, kamu punya keleluasaan lebih bermain dengan SEO (Search Engine Optimization). Dengan strategi dan riset yang tepat, toko kamu bisa muncul di halaman awal mesin pencari.

Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan menggunakan blog dalam website. Di sana kamu bisa menyediakan informasi yang relevan bagi pembaca. Mesin pencari Google pun akan semakin ‘suka’ sama website toko kamu dan memprioritaskan posisi website kamu di hasil pencarian.

Kebayang kan kalau website kamu berada di halaman awal Google ketika orang melakukan pencarian dengan keyword yang sesuai dengan toko kamu? Yes, produk kamu menjadi mudah ditemukan oleh calon-calon pelanggan yang potensial.

Lalu ada yang namanya e-mail newsletter, dimana kamu dapat menyebarkan informasi terkini terkait dengan toko online kamu, seperti promo, event, campaign, dll, langsung ke e-mail pelanggan-pelanggan dan calon pelanggan kamu. Menurut penelitian dari Direct Marketing Association pada 2013, sebanyak 66% pelanggan online melakukan pembelian langsung dari e-mail marketing.

Ini nih salah satu contoh dari ‘jemput bola’. Kamu bisa menjaga hubungan dengan pelanggan kamu dan menyampaikan pesan langsung ke inbox mereka sehingga terkesan lebih personal. Kamu juga akan mengetahui e-mail mana yang tidak sampai dan bagaimana respon para penerima e-mail tersebut.

Satu lagi, kamu pernah dikasih kode tertentu yang jika dimasukkan ke sebuah website, kamu bisa mendapatkan diskon? Langsung semangat dong untuk mencari barang di situ? Bahkan kamu bisa berkoar-koar nyebarin ke teman-teman kamu juga. Ya, kode kupon memang cara yang pas untuk memanjakan pelanggan sembari menyebarkan website kamu sehingga semakin dikenal publik. Siapa sih yang tidak suka dengan diskon?

Semua itu adalah alat-alat yang digunakan untuk marketing. Seberapa dikenalnya toko kamu dan berapa besar penjualan kamu akan sangat bergantung dengan kegiatan marketing yang kamu lakukan.

Beberapa situs marketplace juga menyediakan fitur marketing bagi penjualnya seperti beriklan di halaman depan website dan statistik penjualan toko. Namun, kamu tidak punya keleluasaan 100% untuk bermain dengan berbagai strategi marketing seperti menulis blog. Kalau begitu, kemampuan kamu pun jadi tidak maksimal bukan saat berjualan online.

 

Saat kamu ingin memiliki inventori yang rapi dan teratur

Kalau kamu memiliki barang jualan yang banyak, apalagi beragam, kamu harus cekatan mengatur dan mencatat semua stok barang kamu agar rapi. Repot kan kalau barangnya banyak dan pesanannya juga beragam? Jangan sampai kamu PHPin pelanggan ketika ia memesan barang yang ternyata sudah habis.

Di website marketplace, kamu harus selalu mengupdate sendiri inventori kamu setiap kali ada penjualan online. Namun, website toko online biasanya sudah menyediakan fitur yang terintegrasi antara inventori dan penjualan online. Semua pencatatan sudah otomatis terjalankan dalam website kamu.


Bagaimana? Apakah kamu salah satu penjual yang ingin serius berjualan online? Jika ya, berarti hal-hal tersebut perlu kamu pertimbangkan agar bisnis online kamu dapat segera berkembang, baik yang sudah lama mulai maupun yang baru akan dibuka.

Ada banyak jasa pembuatan website untuk toko online, salah satunya adalah SIRCLO yang sudah memiliki semua fitur yang disebutkan di atas. Dengan harga yang relatif murah, kamu bahkan bisa memulai dengan paket starter yang ditawarkan secara gratis.

Selamat mencoba dan semoga berhasil bisnisnya!

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!