Blog

Karakteristik R.A. Kartini yang Dapat Diteladani oleh Para Womenpreneur

R.A. Kartini merupakan sosok inspiratif. Memperjuangkan kesetaraan gender dan emansipasi wanita. Berkat perjuangannya, kini perempuan di Indonesia dapat mendapatkan pendidikan, memperjuangkan hak-haknya, serta menggapai cita-cita. Menyambut Hari Kartini, ada banyak karakteristik dari Kartini yang dapat ditiru khususnya oleh para wanita modern, termasuk juga wirausaha wanita.

Meskipun telah tiada, ada banyak pelajaran yang dapat kita petik dari Kartini. Dengan meneladani sikap-sikap positifnya, para womenpreneur pun bisa menjadi pengusaha wanita sukses. 

Berikut beberapa karakteristik R.A. Kartini yang dapat diteladani oleh para wirausaha wanita:

Gigih

Pada masa itu, sulit bagi perempuan untuk memperoleh pendidikan yang layak. Namun, Kartini tidak lantas berserah pada keadaan. Ia dengan rajin menambah wawasannya dengan membaca buku dan surat kabar. 

Kegigihan dan semangat ini dapat juga ditiru oleh para womenpreneur agar bisa menjadi pengusaha wanita sukses. Kamu bisa menerapkannya dalam berbagai hal, dimulai dari hal-hal kecil seperti mengerjakan tanggung jawab, terus meng-upgrade diri dan menambah ilmu, teliti dalam mengelola bisnis, dan lainnya. 

Baca juga: Literasi Digital Berperan Penting dalam Mengoptimalkan Potensi Wirausaha Wanita

Optimis

Keadaan yang dihadapi Kartini tidak membuat ia merasa pesimis. Malahan Kartini optimis memperjuangkan masa depannya. Optimisme inilah yang patut dibawa agar bisa menjadi pengusaha wanita sukses. Kamu harus memiliki visi dan keyakinan bahwa usaha yang kamu rintis suatu saat bisa berkembang dan menjadi bisnis yang berhasil. Setelah tercapai pun, kamu punya tujuan-tujuan selanjutnya yang ingin diraih sehingga bisa mendorongmu untuk terus maju.

Pantang Menyerah

Kartini banyak menghasilkan berbagai tulisan, tetapi berkali-kali tulisannya tidak diterbitkan. Namun ini tidak membuat Kartini berhenti menulis. Ia terus berusaha dan mencari cara agar tulisannya dapat disebarluaskan. 

Sebagai wirausaha wanita, kamu pun harus memiliki sifat pantang menyerah. Saat menghadapi masalah atau tantangan, jangan mudah putus asa. Menjalankan bisnis tentu kamu akan dihadapkan dengan berbagai kendala dan masa sulit. Kemampuanmu untuk mengatasi masalah tersebut dan mencari solusinyalah yang akan menjadi bekal bagimu untuk terus berkembang menjadi seorang pengusaha sukses. 

Mandiri

Kartini melakukan berbagai cara untuk bisa berguna bagi orang-orang di sekitarnya, salah satunya dengan membangun sekolah perempuan. Sebagai seorang perempuan, Kartini berhasil mencapai berbagai hal secara mandiri tanpa terus bergantung pada orang lain.

Dalam berbisnis, kita tentu akan membutuhkan bantuan dari orang lain untuk mengembangkannya. Walaupun demikian, wirausaha wanita juga perlu memiliki sifat mandiri seperti mampu menyelesaikan tanggung jawab, mengambil keputusan penting, memimpin tim, dan sebagainya. Kamu pun harus tahu kapan harus bekerja seorang diri dan kapan harus bekerja sama dalam tim.

Baca juga: Tips Memilih Platform untuk Berjualan Online

Berwawasan Luas

Terakhir, seorang wirausaha wanita harus memiliki wawasan yang luas. Seperti Kartini yang haus akan ilmu dan terus memperbarui wawasannya. Begitu pula dalam menjalankan bisnis, kamu pun harus terus memperkaya wawasanmu dengan berbagai skill yang dapat mendukungmu menjalankan bisnis. Dengan demikian, kamu bisa terus membawa usahamu ke tingkat yang lebih tinggi.

Hari Kartini mengingatkan kita akan kegigihan R.A. Kartini dalam memperjuangkan hak-hak perempuan. Sebagai wirausaha wanita, kita bisa meneruskan perjuangannya dengan menerapkan karakter-karakter yang dimiliki Kartini ke dalam keseharian kita, termasuk dalam menjalankan bisnis sehingga dapat menjadi pengusaha wanita yang sukses. 

___

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!