Blog

Kenapa Chat Commerce Efektif untuk Bisnis Online? Berikut Penjelasannya

Dari banyaknya platform jualan yang tersedia, chat commerce merupakan salah satu yang bisa kamu manfaatkan untuk mengoptimalkan penjualan bisnis online kamu. Pada dasarnya, chat commerce sama saja seperti platform-platform lainnya, hanya saja penjualannya dilakukan melalui percakapan langsung via chat.

Baca juga: 7 Cara Memanfaatkan Chat Commerce untuk Mengembangkan Bisnis Ritel

Saat ini, sudah banyak aplikasi messaging yang memungkinkan kamu untuk membuat pesan otomatis sehingga kamu lebih mudah untuk melayani konsumen dan konsumen pun lebih mudah terhubung denganmu. Berikut beberapa alasan mengapa chat commerce efektif untuk penjualan bisnis online.

Pengguna Aplikasi Messaging Gemar Belanja Online

Menurut data Global Web Index (GDI), lebih dari 50% pengguna 3 aplikasi messaging terbesar gemar berbelanja online. Lebih lanjut, dijelaskan bahwa 55% dari pengguna Whatsapp aktif berbelanja online. Sementara jumlah pengguna Whatsapp sendiri di Indonesia bisa mencapai 124 juta. 

Bayangkan berapa banyak orang yang bisa kamu jangkau dan layani dengan lebih baik jika kamu menggunakan chat commerce. Lewat chat commerce, kamu bisa menggaet lebih banyak konsumen, meningkatkan penjualan, serta menjaga loyalitas pelanggan. 

Meningkatkan Keyakinan dan Kepercayaan Konsumen

Riset Facebook dan Boston Consulting Group menyatakan 91% masyarakat Indonesia lebih berminat untuk belanja atau meningkatkan transaksinya setelah mereka melakukan percakapan dengan penjual melalui chat commerce. Artinya, percakapan langsung menjadi salah satu faktor penting dalam membuat keputusan untuk belanja online.

Dengan adanya percakapan langsung, konsumen jadi lebih yakin dan percaya untuk lanjut bertransaksi denganmu. Lewat chat commerce, kamu juga bisa memberikan informasi dan penawaran secara lebih personal sehingga kamu bisa lebih meyakinkan calon pembeli.

Terhubung Langsung dengan Konsumen

Karena jumlah pengguna aplikasi messaging di Indonesia sangat banyak, menggunakan chat commerce berarti kamu menghadirkan bisnismu dalam platform yang sama yang banyak digunakan oleh target konsumen. 

Chat commerce memungkinkan kamu untuk berinteraksi dengan lebih personal dengan tiap-tiap konsumen. Kamu jadi bisa melayani mereka, menjawab pertanyaan seputar produk yang kamu jual, sekaligus membantu konsumen dalam customer journey mereka. Berbeda dengan platform lain di mana satu pesan langsung dibagikan ke banyak orang, lewat chat commerce pesan yang kamu sampaikan pun bisa disesuaikan dengan berbagai tipe konsumen. 

Efisien Waktu

Dalam menjalani bisnis, ada banyak hal penting yang harus dilakukan. Jika terus-terusan melayani chat secara manual, waktu yang tadinya bisa kamu gunakan untuk mengembangkan bisnis bisa terbuang begitu saja. Padahal waktu tersebut bisa kamu gunakan untuk banyak hal seperti menyusun strategi penjualan atau mengatur keuangan bisnis.

Dengan fitur pesan otomatis pada chat commerce, kamu bisa lebih menghemat waktu dalam menjalankan bisnis. Kamu tidak perlu lagi menjawab pertanyaan yang sama berkali-kali karena kamu bisa mengatur automation untuk secara otomatis menjawab pertanyaan-pertanyaan umum.

Proses Pesanan Lebih Mudah

Lewat chat commerce seperti SIRCLO Chat, kamu bisa dengan mudah bertransaksi dengan konsumen. Kalau biasanya kamu mencari info produk yang ditanyakan konsumen secara manual, dengan chat commerce kamu bisa mengakses katalog produk dan mengirimkannya kepada konsumen dengan cepat. 

Selain itu, kamu juga bisa memroses pemesanan konsumen secara langsung karena database produk terhubung langsung dengan chat commerce. Jadi kamu tidak perlu repot-repot memeriksa stok dan harga produk karena semuanya bisa kamu akses tanpa perlu keluar dari aplikasi messaging

Baca juga: SIRCLO Hadirkan Inovasi Chat Commerce untuk Brands yang Berjualan melalui WhatsApp

Dengan SIRCLO Chat, mengatur dan memantau transaksi bisnis jadi lebih mudah. Apalagi, SIRCLO Chat yang sudah terintegrasi dengan Whatsapp Business API bisa diakses oleh beberapa pengguna sekaligus. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi saat banyak chat masuk. Malah, kamu bisa mengubah percakapan tersebut jadi kesempatan!

Kami mengerti bahwa kesuksesan bisnis online Anda adalah yang paling utama.

Mulai kisah sukses Anda sekarang juga!