Blog

Kenapa Pesta Belanja Online Semakin Marak? Ini Alasannya

Pesta belanja online merupakan salah satu momen yang ditunggu-tunggu banyak orang, apalagi oleh pemburu promo. Terutama menjelang akhir tahun, ada banyak momen pesta belanja online dengan berbagai promo yang menggiurkan. Setiap tahunnya, jumlah transaksi pesta belanja online terus meningkat. 

Pada tahun 2018, total transaksi Harbolnas 12.12 mencapai Rp 6,8 triliun. Tahun lalu, total transaksi ini meningkat menjadi Rp 9,1 triliun. Peningkatan ini pun diakui oleh salah satu marketplace di Indonesia yaitu Bukalapak. Menurut VP Marketingnya, jumlah transaksi pada Harbolnas 10.10 kemarin meningkat 5 kali lipat dibandingkan tahun lalu. Jumlah pengunjung pun meningkat hingga 500%. 

Baca juga: SIRCLO Luncurkan Teknologi Terbaru yang Memudahkan Pengelolaan Bisnis Online: Connexi

Mengapa pesta belanja online semakin marak dan transaksinya terus meningkat setiap tahunnya? Apa yang membuat pesta belanja online begitu digandrungi oleh masyarakat Indonesia? Berikut alasannya. 

Setiap Bulan Selalu Ada

Awalnya, pesta belanja online hanya diadakan pada 11.11, sesuai dengan awal mulanya yaitu Single Day. Namun, kemudian pesta belanja online ini berkembang dan akhirnya diadakan hampir setiap bulan pada tanggal berulang seperti 1.1, 2.2, dan seterusnya hingga puncaknya di 12.12. Biasanya menjelang akhir tahun promo yang diadakan semakin heboh dan besar-besaran. 

Promo ini pun akhirnya tidak hanya dilakukan oleh bisnis online tetapi juga offline. Selain pesta belanja online pada tanggal cantik, pesta belanja online juga kerap mengadaptasi fenomena belanja yang sudah ada sejak lama seperti Midnight Sale dan Black Friday. Walaupun di Indonesia kita tidak merayakan Black Friday, tetapi beberapa bisnis ikut memberikan promo spesial Black Friday, mendorong konsumen untuk melakukan transaksi. 

Banyak orang Menghabiskan Waktu di Rumah

Sejak pandemi, aktivitas belanja online meningkat pesat. Hal ini dikarenakan aktivitas di luar rumah terbatas sehingga orang lebih banyak menghabiskan waktu mereka di internet dan mencari alternatif untuk berbelanja. 

Menurut Twitter Indonesia, salah satu topik yang paling banyak dibicarakan di Twitter adalah belanja online dan pembicaraan seputar gadget. Apabila biasanya orang bisa mencari hiburan dengan jalan-jalan ke mall terutama saat liburan, adanya pandemi membuat kegiatan tersebut tidak bisa dilakukan atau harus dibatasi. Untuk menggantikan ini, banyak orang akhirnya beralih ke belanja online.

Pengalaman Berbelanja yang Lebih Praktis

Pesta belanja online memungkinkan konsumen untuk berburu barang dengan mudah dan praktis. Mereka bisa mencari barang yang ingin mereka beli hanya dengan memasukkan kata kunci. Selain itu, belanja online juga bisa dilakukan dari smartphone, gadget yang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari. 

Dengan kemudahan ini, konsumen tidak perlu repot untuk keluar rumah atau macet-macetan. Kalau biasanya saat sale di mall antrian akan panjang, konsumen tidak perlu berlama-lama mengantre untuk melakukan transaksi saat belanja online. Alhasil, konsumen bisa lebih menghemat waktu.

Transaksi Cashless

Kemudahan lain yang ditawarkan belanja online adalah kemudahan dalam melakukan transaksi. Saat ini sudah banyak bisnis online dan marketplace yang bekerja sama dengan dompet digital. Dengan demikian, pilihan pembayaran semakin beragam. Bahkan ada juga bisnis yang menawarkan cash on delivery. Hal ini memudahkan konsumen saat melakukan transaksi karena semuanya terhubung. 

Pilihan Produk yang Semakin Banyak

Saat bisnis online baru muncul, pilihan produk yang bisa dibeli secara online mungkin masih terbatas. Namun sekarang, ekosistem bisnis online sudah sangat berkembang sehingga ada begitu banyak pilihan kategori dan jenis produk yang bisa dibeli mulai dari produk fashion, kecantikan, alat rumah tangga, kebutuhan bayi, hingga barang bekas. Selain kemudahan dalam mencari barang, konsumen juga lebih mudah untuk membandingkan harga untuk produk serupa. 

Promo yang Menarik dan Beragam

Pesta belanja online banyak menawarkan promo-promo yang beragam dan menarik. Menjelang pesta belanja online, berbagai bisnis dan brand berlomba-lomba untuk menawarkan promo yang dapat menarik perhatian konsumen. Bukan sekadar potongan harga atau cashback, terkadang beberapa bisnis dan marketplace juga menggunakan cara-cara kreatif agar konsumen mau menggunakan promo, salah satunya melalui game

Salah satu contohnya adalah Shopee yang memiliki beberapa fitur game agar konsumen dapat mendapatkan koin tambahan seperti Shopee Candy, Shopee Bubble, dan banyak lagi. Cara ini dapat semakin memikat konsumen. Konsumen yang awalnya mungkin tidak tertarik untuk berbelanja kemudian bermain game akhirnya mendapatkan kode promo dan menggunakan kode promo tersebut.

Pesta belanja online menjadi momen yang dapat dimanfaatkan pebisnis sebagai peluang untuk meningkatkan penjualan. Pastikan kamu menyediakan pengalaman berbelanja yang mudah dan menyenangkan, pilihan pembayaran yang beragam, serta promo yang unik dan menarik agar kamu bisa menjangkau lebih banyak konsumen. Dengan demikian, konsumen bisa puas berbelanja dan mau kembali melakukan transaksi. 

Baca juga: SIRCLO Dukung UMKM dan Brand Lokal melalui Program #MulaiSekarang

Untuk mempersiapkan pesta belanja online sebentar lagi, kamu bisa memanfaatkan teknologi e-commerce yang dapat menerima pesanan dalam jumlah banyak. Kamu tidak perlu lagi menghitung ongkos kirim secara manual, dan bisa menggapai konsumen di berbagai platform. Yuk, mulai berjualan online di website, WhatsApp, hingga marketplace dengan solusi terjangkau dari SIRCLO!

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!