Blog

Kesalahan Umum yang Fatal dalam Toko Online

Kesalahan Umum yang Fatal dalam Toko OnlineDalam berbisnis online yang tidak ada tatap muka, kita memang harus hati-hati agar tidak kehilangan pelanggan. Maka dari itu, penting sekali bagi kamu untuk mengetahui kesalahan-kesalahan umum apa saja dalam mengoperasikan toko online yang bisa berakibat fatal bagi bisnis online kamu sehingga kamu bisa menghindarinya. Kita akan jelaskan kesalahan-kesalahan apa saja yang harus kamu hindari di website toko online kamu.

Kurangnya Foto Produk

Kita semua pasti sudah tahu bahwa foto produk adalah yang pertama kali dilihat oleh pelanggan saat mereka ingin membeli sesuatu. Hanya foto lah yang mereka andalkan, karena di toko online kita tidak bisa memegang produk secara langsung apalagi mencobanya. Pelanggan akan mengambil kesimpulan dari foto produk yang mereka pilih dan memastikan produk itulah yang mereka cari. Jadi, pastikan kamu mengunggah lebih dari satu foto, yang diambil dari berbagai angle. Tidak hanya dari depan saja, tetapi tampak belakang, samping, bahkan jika perlu hingga bagian dalam agar pelanggan yakin bahwa itu produk yang mereka mau. Foto juga harus terlihat jelas dengan pencahayaan yang baik. Jika produk tersebut memiliki berbagai warna, pastikan juga kamu mengunggah foto yang berwarna lainnya.

Kurangnya Deskripsi Produk

Ini yang paling sering diabaikan oleh para penjual online. Jangan sampai lupa untuk mendeskripsikan produk kamu sedetail mungkin. Sebutkan mulai dari bahan, ukuran, berat, proses produksi, dan yang lainnya. Jika kamu menjual pakaian, sebutkan juga ukuran panjang baju, lingkar dada, panjang lengan, dan sebagainya alih-alih hanya menyebutkan ukuran S, M, atau L, karena ukuran seperti itu biasanya tidak pasti. Begitu pula jika berjualan baju anak, biasanya penjual online hanya menyebutkan ukuran 1 tahun, 2 tahun, dsb. Sebutkan detailnya, karena usia tidak menjadi patokan besar kecilnya badan anak. Ini sangat penting untuk menghindari produk yang sampai ternyata kekecilan atau kebesaran. Pokoknya, produk apa pun yang kamu jual, pastikan kamu mendeskripsikan dengan sejelas-jelasnya, ya!

Proses Checkout yang Ribet

Setelah pembeli memutuskan pilihannya, mereka ingin proses checkout yang cepat dan mudah. Pastikan toko online kamu memiliki pilihan checkout sebagai tamu sehingga pembeli yang tidak membuat akun di toko online kamu bisa tetap berbelanja tanpa perlu ribet mendaftar. Pastikan juga prosesnya mudah dan tidak terlalu banyak mengeklik. Akan lebih baik lagi jika semua proses checkout berada di satu layar saja. Kamu pasti gak mau kan, pelanggan tidak jadi berbelanja hanya karena prosesnya yang rumit padahal mereka sudah memilih barang yang ingin dibeli?

Kurangnya Pilihan Pengiriman

Selalu tawarkan beragam pilihan pengiriman pada pelanggan dan biarkan mereka memilih jasa pengiriman yang mereka inginkan. Pelanggan akan berpikir dua kali untuk belanja di toko online kamu jika hanya ada satu pilihan pengiriman dengan ongkos kirim yang lebih mahal atau jasa pengiriman tersebut tidak tersedia di daerah mereka.

Desain yang Desktop-Only

Sekarang ini, orang lebih sering berinteraksi dengan smartphone atau tablet dibanding komputer desktop. Selain memiliki desain keren yang bisa dilihat melalui komputer desktop, pastikan situs toko online kamu memiliki desain mobile friendly dengan fitur-fitur yang sama untuk memudahkan pelanggan dalam bertransaksi menggunakan ponsel.

Nah, jika kamu baru mau memulai bisnis online, pastikan untuk menghindari kesalahan-kesalahan di atas, ya! Atau jika kamu sudah lama jualan online dan pernah melakukan kesalahan tersebut, jangan sampai mengulanginya lagi agar pelanggan merasa senang berbelanja di toko online kamu dan ingin kembali berbelanja lagi.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!