Blog

Lakukan 5 Hal Ini Agar Bisnis Ritel Kamu Terus Maju

Setelah bisnis ritel sukses, apa yang seharusnya dilakukan pengusaha? Ini bukan berarti kamu bisa berhenti mengembangkan bisnismu. Jika kamu sudah berhasil membangun bisnismu di satu platform, baik itu di toko fisik, website toko online, ataupun social commerce, langkah selanjutnya yang bisa kamu ambil adalah merambah ke platform lainnya seperti marketplace online.

Dengan semakin banyaknya aktivitas sehari-hari yang melibatkan internet, berjualan di e-commerce bisa semakin mendorong perkembangan bisnismu. Apalagi jumlah pengguna marketplace terus bertambah setiap harinya. Bahkan kini banyak brand ritel besar yang juga mulai berjualan di marketplace untuk beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen selama pandemi.

Apa yang membuat berjualan di marketplace menjadi pilihan yang tepat sebagai platform untuk memajukan bisnis ritel kamu?

Menawarkan Biaya yang Rendah

Untuk berjualan di marketplace, kamu bahkan bisa mulai tanpa modal sama sekali. Hanya dengan membuat toko lalu mengunggah foto-foto produkmu, kamu sudah bisa mendapatkan pembeli. Jika kamu ingin meng-upgrade toko misalnya menjadi Official Store di Tokopedia atau Shopee Mall di Shopee atau mengikuti program tertentu, barulah kamu perlu membayar biaya admin.

Memperluas Jangkauan

Jumlah konsumen yang menggunakan marketplace untuk berbelanja online sangat banyak. Bahkan jumlah total pengunjung marketplace online di Indonesia bisa mencapai ratusan juta. Banyak orang saat ini memilih belanja lewat marketplace karena memiliki pilihan produk yang begitu beragam. 

Tak hanya itu, konsumen juga bisa membandingkan produk dengan mudah di marketplace. Ini menandakan bahwa marketplace punya cakupan pasar yang luas. Artinya kamu juga memiliki peluang besar untuk memperluas jangkauan bisnismu.
Baca juga: 6 Tips Mengelola Penjualan di Whatsapp Melalui Chat Commerce

Memperkuat Positioning

Berjualan di e-commerce juga dapat meningkatkan visibilitas bisnis ritelmu. Semakin kuat kehadiran online bisnismu, maka semakin meningkat juga kepercayaan calon pembeli terhadap bisnismu. Kamu bisa memperkuat positioning bisnismu di marketplace dengan meng-upgrade tokomu menjadi Official Store. Memiliki badge ini akan membuat tokomu lebih mudah ditemukan dan dipercaya oleh konsumen.

Memiliki Fitur yang Dapat Mendukung Penjualan

Marketplace online memiliki fitur-fitur yang dapat membantu penjualan dan operasional bisnismu. Misalnya saja kamu bisa memanfaatkan fitur iklan atau live shopping untuk memasarkan produk dan tokomu. Agar lebih banyak pembeli yang tertarik, kamu bisa menawarkan promo dan mengikuti program atau campaign yang sedang berlangsung.

Selain itu untuk memantau performa bisnis kamu juga bisa memanfaatkan fitur statistik toko. Dari sini, kamu bisa menganalisis penjualan sehingga dapat terus memperbarui strategi penjualanmu.

Baca juga: Optimalkan Pengalaman Berbelanja Pelanggan dengan Chat Commerce

Menyediakan Beragam Metode Pembayaran & Pengiriman

Salah satu yang mempermudah proses pembelian lewat marketplace adalah banyaknya pilihan metode pembayaran dan pengiriman. Alhasil customer bisa menyesuaikan dengan keperluan mereka. Saat mengelola order, pastikan kamu memeriksa detail alamat pembeli dengan benar dan prioritaskan berdasarkan durasi pengiriman yang mereka pilih. 

Banyak bisnis ritel yang berjualan di banyak marketplace sekaligus. Walaupun dapat semakin memperluas jangkauan dan mempercepat tingkat penjualan, mengelola banyak toko online bisa merepotkan. Jika tidak diurus dengan baik, yang ada rating toko tidak bagus dan malah merusak reputasi bisnis.

Untuk mendukung pebisnis ritel berjualan di e-commerce atau marketplace, SIRCLO menghadirkan layanan SIRCLO Commerce. Layanan SIRCLO Commerce menyediakan jasa manajemen e-commerce secara end-to-end mulai dari pemasaran, transaksi, hingga operasional. Dengan sistem yang terintegrasi, mengembangkan brand ritel bisa dilakukan secara lebih efisien. Yuk, majukan bisnismu bersama SIRCLO!

SIRCLO Commerce, bisa bantu kamu kembangkan platform penjualanmu secara end to end sehingga kamu dapat menjangkau lebih banyak pelanggan secara efisien. Untuk Informasi lebih banyak tentang SIRCLO Commerce klik di sini.

Tentang SIRCLO

Dimulai pada tahun 2013, SIRCLO adalah perusahaan solusi e-commerce terdepan di Indonesia yang membantu brands berjualan online. SIRCLO menawarkan solusi yang terbagi menjadi 2 kategori utama, yaitu solusi entrepreneur dan enterprise. Pada kategori entrepreneur, SIRCLO menawarkan platform pengelolaan toko online UMKM untuk berjualan di 3 platform yang berbeda (website, marketplace, chat commerce), yaitu SIRCLO Store. Pada kategori enterprise, SIRCLO menawarkan layanan e-commerce enabler secara end-to-end melalui SIRCLO Commerce dan solusi pengembangan teknologi omnichannel melalui ICUBE by SIRCLO.

SIRCLO telah melayani lebih dari 100.000 brands untuk mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear, serta dipercaya oleh brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, dan Levi’s. Berlokasi di Green Office Park 1, The Breeze (BSD – Serpong), hari ini SIRCLO memiliki 700 karyawan serta perwakilan yang berbasis di Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!