Blog

LOLITATTOO: Berawal dari Sayang Anak, Raih Ratusan Juta Rupiah per Bulan

Berawal dari keinginan untuk menyenangkan sang buah hati, Indah Juniwati – owner dari Lolitattoo (www.lolitattoo.com), berhasil menjalankan bisnisnya hingga mencapai ratusan juta rupiah per bulan melalui toko online!

Berbagi dengan SIRCLO, inilah cerita Indah Juniwati memulai Lolitattoo…

Bagaimana awal muncul ide bisnis tato non-permanen?

Awalnya, ide berbisnis tato non-permanen ini datang dari anak saya. Waktu itu, anak saya pernah datang ke pesta ulang tahun temannya. Di acara tersebut, ada sesi aktivitas dimana anak saya dapat memakai sendiri tato non-permanen di tangannya. Anak saya sangat menyukai tato berbahan dasar air tersebut karena motifnya yang lucu. Setelah acara ulang tahun itu selesai, beberapa hari kemudian, tatonya hilang. Karena anak saya suka sekali dengan tato itu, dia menangis dan minta dibelikan tato seperti itu lagi. Akhirnya saya mencari-cari produk itu ke berbagai tempat, mulai dari toko buku, toko mainan, hingga dari mall ke mall saya datangi, tidak ketemu juga. Malah saya menemukannya di abang-abang jualan mainan yang ada di sekolah-sekolah. Tapi saya khawatir dengan kualitas barang yang dijual tersebut, takut kulit anak saya bermasalah nantinya karena jenis kulitnya yang sensitif. Kemudian saya berinisiatif membuat sendiri desain dan mencetaknya sendiri. Memiliki banyak stok tato yang berbahan dasar air ini tujuannya benar-benar untuk anak saya yang sangat menyukai tato non-permanen tersebut tetapi ingin kulitnya tetap aman.


Setelah berhasil menyenangkan anak, saya mulai membagikan tato non-permanen tersebut ke teman-teman. Tanpa disangka, responnya positif sekali. Beberapa pihak menyarankan saya untuk menjual tato non-permanen tersebut, karena selain susah ditemui di pasaran, tato aman digunakan untuk kulit sensitif sekalipun. Jadi dari situ saya tergerak untuk mulai menjual dan memberi nama Lolitattoo sebagai brand produk saya.

Bagaimana awalnya menjual Lolitattoo?

Awal bisnis ini dimulai dari media sosial Instagram. Dimana kami melayani pemesanan melalui chat messenger seperti Line dan Whatsapp. Bisnis yang saya mulai pada bulan Desember 2013 ini awalnya cukup mudah dijalankan melalui sistem ini. Tapi, semakin berkembangnya bisnis, kami semakin kewalahan merespon customer satu-satu. Hingga akhirnya pada bulan Juni 2014 saya mulai menggunakan toko online. Awalnya memang sulit memaksakan customer untuk order by website. Tapi mulai Agustus 2014, sudah banyak pesanan yang datang dari website. Jadi saat ini kami sangat membatasi pemesanan melalui chat messenger. Cuma sebatas untuk customer support saja, selebihnya, untuk pemesanan, kami langsung arahkan ke website. Itu untuk mempermudah kami dan juga customer.

Selain toko online, Lolitattoo juga dijual secara offline. Seperti di acara bazaar dan juga tersedia di berbagai modern channel seperti Gramedia, Toys Kingdom, dan SOGO. Bahkan ada juga yang berminat menjadi agen penjualan di Singapura dan New Zealand. Ini juga salah satu cara untuk customer yang ingin membeli produknya langsung. Tapi sejauh ini, penjualan masih banyak berasal dari toko online. Karena semua desain terbaru akan lebih dulu dijual di toko online daripada yang offline.

Bagaimana perkembangan Lolitattoo saat ini? Apa rencana kedepan?

Hingga saat ini, saya masih mengerjakan sendiri desain dan motif untuk dibuatkan tato-nya. Inspirasi desain dan motif semuanya datang dari customer. Ada customer yang ingin bertema anak muda, saya buatkan desainnya, dan ternyata laris. Ada juga yang ingin bertema bunga atau burung, ketika saya produksi, banyak pula peminatnya. Tidak hanya itu, Saya juga masih turun langsung dalam proses pemesanan dan pengiriman, dibantu oleh beberapa karyawan.

 

Dengan harga produk sekitar Rp. 15.000-60.000, dari toko online saja, bisnis ini bisa mencapai nilai transaksi ratusan juta per bulan. Belum dari modern channel dan bazaar. Jadi untuk kedepannya, saya ingin memperbanyak toko offline tetapi juga fokus di toko online karena lebih efisien, mudah, dan praktis.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!