Blog

Manfaat Membangun Interaksi dengan Pelanggan Saat Berjualan Online

Memiliki hubungan yang baik dengan pelanggan dapat membantu meningkatkan jumlah penjualan. Seperti dalam hubungan pada umumnya, komunikasi juga menjadi kunci untuk membangun hubungan dengan pelanggan. Apalagi, pada bisnis online pelanggan tidak bisa melakukan secara langsung. 

Kamu bisa membangun interaksi yang baik dan konsisten lewat berbagai channel mulai dari media sosial, chat Whatsapp, website, email, marketplace, dan banyak lagi. Dengan membangun interaksi dengan pelanggan saat berjualan online, berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan:

Menarik Perhatian Konsumen

Di tengah ramainya pelaku bisnis di platform online, kemampuan menarik perhatian konsumen menjadi begitu penting. Berinteraksi dengan konsumen akan membuat mereka merasa semakin kenal dan dekat dengan bisnismu. Semakin sering kamu berkomunikasi dengan mereka baik itu melalui chat, komentar, atau fitur-fitur lainnya, maka semakin besar juga kemungkinan mereka untuk mengingat brand kamu. 

Baca juga: Simak Tips Ramaikan Pengunjung di Marketplace Lewat Media Sosial

Meyakinkan Konsumen

Selain menarik perhatian konsumen, membangun interaksi dengan calon pembeli juga bisa meyakinkan mereka untuk melakukan transaksi. Calon pembeli akan merasa diperhatikan sehingga mereka juga lebih yakin bahwa bisnismu profesional dan bisa dipercaya. 

Berinteraksi dengan calon pembeli juga bisa menjadi salah satu cara yang kamu lakukan untuk mengedukasi mereka terkait produk atau bisnismu. Misalnya dengan memberi respons yang cepat, selain meningkatkan kepercayaan ini juga bisa membuat mereka semakin mengenal produkmu sehingga akhirnya ingin melakukan pembelian.

Mendapat Masukan

Lewat interaksi dengan pelanggan, kamu juga bisa mendapatkan masukan (feedback) terkait cara mengembangkan produk maupun bisnismu. Misalnya melalui review atau komentar yang ditinggalkan pelanggan, kamu bisa mencari tahu apa yang membuat mereka merasa puas dan apa yang membuat mereka merasa kecewa.

Selain itu, kamu juga bisa secara aktif menanyakan langsung pendapat pelanggan lewat chat personal, broadcast message, ataupun fitur interaktif di media sosial seperti polling atau Q&A. Semakin sering kamu berinteraksi, semakin paham juga kamu dengan kebiasaan konsumen dan bisa mendapatkan lebih banyak data mengenai mereka. Dari sini, kamu kemudian bisa menentukan prioritas serta strategi selanjutnya untuk mendukung pertumbuhan bisnismu.

Baca juga: Raih Peluang Usaha Pakai Website, Cara Sukses Jualan Online dengan Mudah!

Menjaga Kepuasan Pelanggan

Menjalin hubungan yang baik membantu menjaga kepuasan pelanggan bisnismu. Apabila mereka mendapatkan pengalaman yang baik seperti memberikan informasi penting dan bermanfaat, pelayanan yang responsif dan ramah, atau segera menyelesaikan isu yang terjadi, pelanggan pun akan merasa dilayani dengan baik dan tidak ragu untuk kembali berbelanja denganmu.

Membangun Kepercayaan

Yang juga tak kalah penting, membangun interaksi dengan pelanggan juga akan meningkatkan kepercayaan mereka terhadap bisnismu. Jika pelanggan maupun calon pembeli merasa mendapatkan pengalaman berbelanja yang menyenangkan, mereka bisa menilai bahwa bisnismu profesional dan benar-benar peduli dengan mereka. 

Kamu bisa melakukan ini dengan mengirimkan informasi-informasi terbaru terkait bisnismu, menanyakan pendapat mereka, dan banyak lagi. Semakin dipercaya bisnismu, maka pelanggan pun mungkin bukan hanya akan kembali tetapi juga bisa merekomendasikan bisnismu ke orang lain. Alhasil, kamu pun bisa menggaet lebih banyak lagi pelanggan.

Untuk bisa membangun hubungan yang baik dengan pelanggan untuk bisnis online, kamu harus bisa hadir di channel-channel yang banyak digunakan oleh mereka sehingga mereka bisa dengan mudah mengakses bisnismu. Salah satu platform online yang paling banyak digunakan adalah Whatsapp. Kamu bisa memanfaatkan platform chat commerce seperti Whatsapp untuk membangun hubungan yang personal dengan calon pembeli dan pelanggan.

Untuk mempermudah pengelolaan bisnismu di banyak channel, SIRCLO Store menyediakan layanan integrasi antara website toko online dengan Whatsapp dan marketplace. Dengan demikian, pebisnis bisa mengatur tiap-tiap channel penjualan, berkomunikasi dengan pelanggan secara praktis, serta tetap menjaga kualitas pelayanannya.

Berjualan dengan website toko online SIRCLO Store bisa membantu kamu menjangkau lebih banyak pelanggan secara efisien, hingga ke marketplace dan WhatsApp. Mulai berjualan dengan website toko online SIRCLO Store sekarang! Klik di sini untuk berjualan lebih pasti.

Tentang SIRCLO

Dimulai pada tahun 2013, SIRCLO adalah perusahaan solusi e-commerce terdepan di Indonesia yang membantu brands berjualan online. SIRCLO menawarkan solusi yang terbagi menjadi 2 kategori utama, yaitu solusi entrepreneur dan enterprise. Pada kategori entrepreneur, SIRCLO menawarkan platform pengelolaan toko online UMKM untuk berjualan di 3 platform yang berbeda (website, marketplace, chat commerce), yaitu SIRCLO Store. Pada kategori enterprise, SIRCLO menawarkan layanan e-commerce enabler secara end-to-end melalui SIRCLO Commerce dan solusi pengembangan teknologi omnichannel melalui ICUBE by SIRCLO.

SIRCLO telah melayani lebih dari 100.000 brands untuk mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear, serta dipercaya oleh brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, dan Levi’s. Berlokasi di Green Office Park 1, The Breeze (BSD – Serpong), hari ini SIRCLO memiliki 700 karyawan serta perwakilan yang berbasis di Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!