Blog

Manfaat Teknologi Omnichannel untuk Mengoptimalkan Bisnis Ritel Online

Munculnya berbagai platform online membuat bisnis ritel semakin berkembang pesat. Untuk mampu beradaptasi dengan perkembangan ini dan bertahan di tengah persaingan yang ketat, bisnis ritel harus bisa membangun strategi omnichannel sehingga bisnis online maupun offline tidak terpisah melainkan terintegrasi.

Baca juga: Optimalkan Penjualan Bisnis Online dengan Omnichannel

Sebagai pebisnis ritel, kamu harus bisa menyajikan pengalaman berbelanja yang mulus dan lancar bagi konsumen. Lewat solusi omnichannel, kamu bisa mengelola toko fisik sekaligus mengatur beberapa platform penjualan online secara bersamaan. Jadi jangkauan bisnismu lebih luas, saluran pendapatan bertambah, dan pelanggan pun merasa puas. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan bisnis ritel online lewat teknologi omnichannel:

Mengintegrasikan Berbagai Channel

Yang pertama, lewat strategi omnichannel kamu sudah pasti bisa mengintegrasikan berbagai channel penjualan. Jadi kamu bisa mengelola dan memantau penjualanmu di berbagai platform lewat satu saluran. Hal ini akan memudahkan kamu saat memeriksa total penjualan, mengecek inventori, dan melakukan analisis. Kamu bisa mengoperasikan bisnis dengan lebih mudah, efisien, dan produktif.

Data yang Lebih Komprehensif

Dengan banyaknya platform penjualan yang digunakan, berarti ada banyak data yang bisa dikumpulkan dan dianalisis untuk lebih memahami pelanggan. Semakin banyak informasi yang terkumpul, kamu akan semakin mudah memahami target audiensmu mulai dari demografi, perilaku, kebiasaan, dan preferensi mereka.

Dengan teknologi omnichannel, kamu bisa mendapatkan data yang lebih komprehensif karena kamu bisa mengakses dan membandingkan data antar platform penjualan. Tak hanya itu, kamu juga bisa memberikan pelayanan yang lebih personal kepada pelanggan. Misalnya, lewat data kamu bisa mengetahui preferensi pelanggan sehingga ke depannya kamu bisa memberikan rekomendasi sesuai kesukaannya. 

Membuat Strategi untuk Audiens yang Spesifik

Dengan kemudahan untuk menganalisis data konsumen dan transaksi, kamu akan lebih mudah menyusun strategi yang tepat untuk tiap kelompok audiens. Misalnya untuk pelanggan yang sering membeli satu tipe produk, kamu bisa memberikan kupon diskon untuk tipe produk yang lebih premium sehingga kamu bisa mendapatkan margin pendapatan yang lebih tinggi. Dengan demikian, campaign kamu bisa lebih tepat dan menunjukkan performa yang bagus. 

Meningkatkan Produktivitas

Dengan solusi omnichannel, kamu bisa menjalankan bisnismu dengan lebih produktif. Apabila tadinya kamu harus memantau dan melayani transaksi di tiap platform penjualan satu per satu, dengan teknologi omnichannel kamu bisa mengelolanya lewat satu saluran sehingga lebih efisien.

Tak hanya itu, kamu juga bisa melayani konsumen dengan lebih efektif tanpa memakan waktumu maupun waktu pembeli. Dengan meningkatnya produktivitas, kamu bisa menggunakan waktumu untuk fokus mengembangkan bisnis.

Mendorong Traffic dan Penjualan

Dari sisi konsumen, teknologi omnichannel memudahkan konsumen untuk membeli barang di manapun mereka berada dengan nyaman. Konsumen disajikan dengan berbagai pilihan dan cara untuk mengakses dan membeli barang. Dari sisi pebisnis, teknologi omnichannel memudahkan kamu untuk melihat ketersediaan stok dan mengakses informasi mengenai platform belanja dan produk yang disukai konsumen. Dengan data yang ter-update dan kenyamanan yang ditawarkan kepada konsumen, tingkat penjualanmu pun bisa meningkat. 

Bahkan, studi menunjukkan pengeluaran konsumen yang berbelanja melalui saluran omnichannel lebih tinggi 15-30% dibanding mereka yang berbelanja lewat satu platform atau multichannel. Selain itu, studi yang dilakukan oleh Google dan sejumlah lembaga riset lainnya juga menyatakan bahwa 75% konsumen lebih cenderung mengunjungi toko jika mereka menemukan informasinya secara online di web. Lewat solusi omnichannel, kamu tidak hanya dapat meningkatkan penjualan di platform online tetapi juga menaikkan jumlah pengunjung ke toko fisik sehingga keuntungan pun bertambah. 

Memberikan Pengalaman yang Lebih Menyenangkan Bagi Konsumen

Pada dasarnya, solusi omnichannel dibuat sebagai saluran penjualan yang berpusat pada pengalaman konsumen. Dengan kata lain, teknologi omnichannel didesain untuk membantumu memberikan pengalaman yang maksimal bagi konsumen.

Saat ini, konsumen memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap pengalaman berbelanja mereka. Mereka ingin bisa mencari produk yang ingin mereka beli lewat channel belanja favorit mereka. Lewat saluran omnichannel, konsumen bisa mulai membeli barang lewat satu platform dan menyelesaikan transaksi di platform lainnya. Contohnya, konsumen bisa membeli produk secara online, kemudian mengambilnya di toko terdekat. Dengan ini konsumen bisa mendapatkan pengalaman yang menyeluruh dan pebisnis ritel bisa membangun hubungan yang baik dan personal dengan mereka. 

Studi yang dilakukan oleh Harvard menunjukkan bahwa konsumen omnichannel memiliki tingkat interaksi yang lebih tinggi dengan channel ritel seperti mengunduh aplikasi, menggunakan kupon, dan sebagainya. Terlebih lagi, dengan mengimplementasikan teknologi omnichannel kamu bisa lebih unggul dari bisnis ritel lainnya. 

Namun, menjalankan strategi omnichannel sendiri merupakan tantangan yang cukup kompleks. Pasalnya, untuk menjalankannya pebisnis ritel harus membangun banyak channel penjualan, menstandarisasi pengalaman berbelanja konsumen, mengintegrasikan kehadiran online dan offline, serta memberikan pelayanan yang personal kepada konsumen dalam waktu yang bersamaan. 

Baca juga: SIRCLO dan ICUBE Merger: Targetkan Jadi E-Commerce Enabler Terbaik Indonesia

Artinya jika kamu berjualan di media sosial, website jualan online, dan marketplace, toko fisik, kamu harus bisa mengintegrasikan sistem dan data ini secara menyeluruh. Agar lebih mudah, kamu bisa menggunakan teknologi yang menawarkan solusi omnichannel seperti ICUBE dan SWIFT dimana kamu bisa mengelola seluruh channel penjualan dalam satu ekosistem. Kinerja bisnis dan hubungan dengan pelanggan pun bisa dioptimalkan dengan baik!  

Kami mengerti bahwa kesuksesan bisnis online Anda adalah yang paling utama.

Mulai kisah sukses Anda sekarang juga!