Blog

Manfaatkan 6 Fitur Ini agar Pengalaman Belanja Pelanggan Lebih Nyaman

Salah satu alasan banyak pebisnis memilih untuk menjual produknya di marketplace adalah karena fitur-fitur yang ditawarkan. Rata-rata marketplace memiliki fitur yang memudahkan serta membantu pebisnis meningkatkan penjualan.

Aspek utama yang penting untuk diperhatikan pebisnis agar penjualan bisa meningkat adalah pengalaman belanja pelanggan. Pebisnis harus bisa memberikan pengalaman yang nyaman dan menyenangkan di tiap channel dan touchpoint, termasuk juga di marketplace

Berikut beberapa fitur di marketplace yang dapat dimanfaatkan pebisnis untuk memastikan customer mendapatkan pengalaman yang mulus:

Varian Produk

Terutama bagi pebisnis produk fashion, pebisnis bisa memanfaatkan fitur varian produk untuk menambahkan tipe-tipe produk seperti warna, ukuran, atau motif. Biasanya marketplace juga sudah menyediakan pilihan-pilihan untuk tiap varian sehingga pebisnis tinggal memilih sesuai jenis produk. 

Dengan menggunakan fitur varian ini, pelanggan bisa dengan mudah melihat ketersediaan atau memilih varian produk yang ingin mereka beli tanpa perlu mengirim chat atau menghubungimu terlebih dahulu.

Etalase

Jika kamu menjual banyak tipe atau kategori produk, akan lebih baik jika kamu mengatur dan mengelompokkannya berdasarkan kategori. Tujuannya adalah agar pelanggan bisa dengan mudah mencari produk. 

Selain berdasarkan kategori, kamu juga bisa membuat kategori khusus untuk produk-produk yang sedang promo, produk unggulan, atau produk terbaru sehingga pengunjung yang baru pertama kali melihat profilmu bisa langsung melihat-lihat.

Baca juga: Mengapa Marketplace Menjadi Channel Pilihan untuk Berjualan Online?

Deskripsi Produk

Selain mengkategorikan dan menambahkan varian produk, jangan lupa juga untuk menambahkan deskripsi untuk tiap produknya. Berikan deskripsi produk yang jelas, padat, dan lengkap seperti spesifikasi produk, keunggulan, garansi, dan sebagainya. Agar lebih mudah dibaca, buat deskripsi dalam bentuk poin-poin dan gunakan kata-kata yang mudah dimengerti oleh pelanggan.

Banner Toko

Yang tak kalah penting, pastikan profil tokomu di marketplace sudah didekorasi, misalnya dengan menambahkan banner dan foto profil. Buat desain banner yang menarik dan menggambarkan produk yang kamu jual. Pastikan juga foto memiliki kualitas yang bagus. 

Rata-rata marketplace menyediakan banyak tempat untuk menambahkan banner mulai dari bentuk slide, foto, atau video. Ada juga marketplace yang memungkinkan kamu untuk menambahkan tautan pada banner. Agar toko terlihat aktif dan bisa menarik pengunjung, perbarui banner secara berkala. 

Broadcast Chat

Salah satu fitur yang juga dapat pebisnis manfaatkan untuk menghubungi pelanggan dan memberikan penawaran secara efisien adalah melalui broadcast chat. Kamu bisa mengirimkan broadcast chat saat kamu akan atau sedang mengadakan campaign, memiliki produk baru, atau bahkan untuk mengingatkan customer untuk membeli produk yang ada di keranjang mereka. 

Kamu juga bisa mengirimkan broadcast chat ke target yang kamu sasar sehingga pesan yang kamu kirim lebih efektif. Di Tokopedia misalnya, kamu bisa memilih jenis penerima broadcast chat yang akan kamu kirim. Sementara di Shopee, kamu bisa membuat grup broadcast sendiri. Namun, hindari spamming atau mengirimkan broadcast chat terlalu banyak atau sering agar tidak mengganggu customer.

Baca juga: Pertumbuhan Transaksi E-commerce Selama PPKM Darurat Meningkat Pesat

Balasan Otomatis

Fitur lain yang bisa digunakan pebisnis untuk memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan dan kualitas pelayanan yang memuaskan adalah balasan otomatis. Lewat fitur ini, kamu bisa merespons chat customer secara otomatis. 

Jadi kamu bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang umum ditanyakan dengan lebih cepat dan menghemat waktu. Selain itu, pelanggan juga bisa dengan cepat mendapatkan jawaban terhadap pertanyaan mereka. 

Jika kamu mengelola banyak toko di marketplace, mensinkronisasikan tiap data di masing-masing lapak bisa menjadi hal yang merepotkan. Maka itu, SIRCLO Commerce hadir sebagai solusi pengelolaan channel marketplace yang menyediakan layanan end-to-end mulai dari pemasaran, pergudangan, proses pemesanan, hingga laporan penjualan. Alhasil, kamu bisa benar-benar memberikan pengalaman berbelanja yang konsisten dan menyenangkan.

Kamu bisa mengoptimalkan penjualanmu di marketplace dengan SIRCLO Commerce. Lewat solusi channel management ini, kamu bisa mengelola dan memantau seluruh lapak marketplace kamu dengan mudah dan efisien. 

Tentang SIRCLO

Dimulai pada tahun 2013, SIRCLO adalah perusahaan solusi e-commerce terdepan di Indonesia yang membantu brands berjualan online. SIRCLO menawarkan solusi yang terbagi menjadi 2 kategori utama, yaitu solusi entrepreneur dan enterprise. Pada kategori entrepreneur, SIRCLO menawarkan platform pengelolaan toko online UMKM untuk berjualan di 3 platform yang berbeda (website, marketplace, chat commerce), yaitu SIRCLO Store. Pada kategori enterprise, SIRCLO menawarkan layanan e-commerce enabler secara end-to-end melalui SIRCLO Commerce dan solusi pengembangan teknologi omnichannel melalui ICUBE by SIRCLO.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!