Blog

Manfaatkan Momentum & Hari Raya di 2021 Ini untuk Berjualan Online!

Setelah melewati tahun 2020 yang mungkin berdampak pada keadaan bisnis, waktunya untuk kita kembali bangkit di tahun 2021. Mungkin mengembangkan bisnis menjadi salah satu resolusimu di tahun ini.

Dalam menyusun strategi pemasaran untuk tahun ini, salah satu yang bisa kamu masukkan dalam rencanamu adalah kampanye atau campaign untuk hari-hari spesial. Momen spesial seperti hari raya atau hari-hari tertentu merupakan peluang bagi bisnis untuk meningkatkan penjualannya, baik melalui promo, produk spesial, dan cara-cara lainnya. 

Baca juga: Ide Bisnis di Tahun 2021 yang Patut Kamu Coba!

Berikut beberapa momentum dan hari raya di tahun 2021 yang bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan penjualan online:

Tahun Baru Imlek

Hari raya yang paling dekat adalah Tahun Baru Imlek yang akan dirayakan pada 12 Februari mendatang. Khususnya bagi pebisnis yang menjual produk-produk yang berkaitan dengan hari raya Imlek seperti angpau, baju Imlek, pernak pernik dan dekorasi berwarna merah, makanan khas Imlek, ataupun hampers, ini merupakan kesempatan untuk meningkatkan penjualan. Kamu dapat meningkatkan penjualan dengan memberikan promo khusus Imlek atau meluncurkan produk spesial bertemakan Imlek. 

Valentine

Hari Valentine merupakan hari untuk menunjukkan rasa kasih sayang kita kepada orang terdekat. Biasanya pada hari Valentine, permintaan produk-produk seperti bunga, coklat, kartu ucapan, kue meningkat. 

Bagi kamu yang menjalani bisnis tersebut, kamu bisa menawarkan diskon khusus hari Valentine atau menawarkan produk spesial Valentine. Bisa juga bekerja sama dengan bisnis serupa lainnya yang dapat memberikan nilai tambah produkmu.

Idul Fitri

Hari Raya Idul Fitri merupakan salah satu hari raya terbesar di Indonesia. Sebagian besar bisnis khususnya bisnis online membagikan diskon besar-besaran menjelang hari raya ini. Produk-produk khas Idul Fitri seperti busana muslim dan makanan kaleng cenderung meningkat penjualannya. 

Bukan hanya itu, banyak orang juga membeli hadiah untuk diberikan kepada kerabatnya seperti pakaian, produk elektronik, mainan, dan sebagainya. Rencanakan strategi campaign Idul Fitri dengan baik agar penjualanmu bisa meningkat, misalnya dengan memberikan promo cuci gudang, gratis ongkir, voucher diskon untuk pembelian selanjutnya, dan sebagainya. 

Hari Kemerdekaan

17 Agustus juga jadi kesempatan bagi pelaku usaha untuk menawarkan promosi kreatif dan menarik. Ada banyak strategi promo yang bisa kamu terapkan, misalnya dari tanggal ulang tahun, diskon 17%, 45%, atau 76%, menawarkan bundling produk dengan harga khusus seperti Rp 17.000, Rp 45.000, dan Rp 76.000, atau mengadakan giveaway

Biasanya promo hari Kemerdekaan menjadi salah satu promo yang paling ditunggu-tunggu banyak orang. Maka itu, pastikan kamu mengumumkan promo beberapa minggu sebelum hari H agar calon pembeli mengetahui tentang promo yang akan datang.

Harbolnas

Beberapa bisnis online dan marketplace mengadakan promo Harbolnas setiap tanggal kembar. Ada juga yang mengadakan Harbolnas menjelang akhir tahun seperti 9.9, 10.10, 11.11, dan puncaknya yaitu 12.12. Sebagai momen yang banyak ditunggu-tunggu oleh penggemar belanja, kamu bisa menawarkan berbagai reward maupun promo menarik, mulai dari flash sale, diskon, gratis ongkir, giveaway, buy 1 get 1, kontes, dan banyak lagi.

Apabila kamu berjualan di marketplace, ikuti juga program-program yang diadakan sehingga jangkauan toko onlinemu lebih luas. Integrasikan juga penjualanmu di berbagai platform sehingga kamu lebih mudah untuk memantau dan mengelola setiap transaksi. Pastikan stok maupun customer service-mu siap sehingga saat penjualan meningkat kamu tetap bisa menjaga kepuasan customer.

Hari Ibu

Menjelang hari Ibu, permintaan produk bunga, hampers, dan kue cenderung mengalami peningkatan. Khususnya bagi kamu yang menjual produk ini, kamu bisa mengadakan promo khusus Hari Ibu. Agar produk memiliki nilai tambah, kamu juga bisa menawarkan kartu ucapan custom sehingga calon pembeli bisa memberikan hadiah yang lebih personal. 

Natal & Liburan Akhir Tahun

Natal & Liburan akhir tahun ditandai dengan promo besar-besaran. Baik membeli barang yang ada di wishlist sejak lama, belanja untuk acara tukar kado, atau membelikan hadiah untuk diberikan kepada orang tersayang, customer biasanya melakukan transaksi lebih besar menjelang akhir tahun dibanding biasanya.

Pebisnis dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan menawarkan produk spesial Natal, promo dengan durasi tertentu, produk spesial seperti gift atau hampers, dan lain sebagainya. Untuk meningkatkan sense of urgency, batasi jumlah produk atau durasi promo sehingga customer semakin tertarik untuk membeli. 

Baca juga: (Infografik) Tips Membuat Campaign Marketing untuk Bisnis Online

Ingat untuk selalu merencanakan strategi campaign dengan matang baik dari segi anggaran, channel, jumlah potongan, maupun target sehingga keseluruhan promo dapat berjalan dengan lancar. Analisa promo-promo yang pernah dilakukan sebelumnya untuk membantumu menentukan strategi. 

Bagi brand retail, momentum dan hari raya juga menjadi salah satu peluang untuk menawarkan berbagai promo produk atau memulai campaign di berbagai channel penjualan. SIRCLO Commerce dapat membantu operasional brands yang ingin masuk ke online marketplace melalui layanan end-to-end management yang ditawarkan. Klik di sini untuk tahu lebih lanjut! 

___

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!