Blog

MANIKAN: Dengan keuletan, kain tenun bisa jadi sumber penghasilan anak muda Bali

“Awalnya, saya membantu bisnis ayah saya di bidang kain tenun, jaga booth di acara KTT ASEAN. Dari situ ternyata banyak turis lokal yang menyukai kain tenun. Tidak hanya itu, turis mancanegara juga banyak bertanya tentang kain tenun. Sehingga ini menginspirasi saya untuk berbisnis”Galih Hastosa, Owner Manikan.

Galih Hastosa (Galih) dan Parinatra Candrarka Nugraha (Prika), owner dari www.manikan.co membagikan cerita awal memulai bisnis produk kreatif dari kain tenun yang kemudian dilabeli dengan nama brand: Manikan. Berikut kisah sukses mereka bersama Manikan, dalam wawancaranya dengan SIRCLO.

Bagaimana awal mula bisnis Manikan?

Pada tahun 2010, bapak saya mau bikin usaha tenun. saya disuruh jaga stand untuk acara KTT Asean di Nusa Dua, Bali. Karena kain tenun banyak diberitakan, maka kain tenun banyak disukai turis asing. Tidak hanya turis asing, orang lokal juga menggunakan kain tenun untuk upacara persembahyangan. Sedangkan turis asing, lebih tertarik dengan barang yang sudah jadi (ready-to-wear), sehingga ini menarik saya untuk berbisnis kain tenun yang dapat langsung digunakan.

Waktu itu, saya bilang pada Prika, “Kalau kamu mau bikin bisnis, saya ikut ya. Saya ingin belajar bisnis”. Kebetulan Prika saat itu ada ide untuk berbisnis kain tenun. Jadi kami memiliki visi yang sama dalam hal itu. Tadinya mau bikin baju, tapi karena kami bukan anak desain, kami memutuskan untuk membuat tas laptop. Kebetulan Prika punya pengalaman dalam bisnis itu. Akhirnya, sebagai awal dari bisnis ini, kami bikin tas laptop. Pertengahan jalan, kami mengevaluasi bahwa sepertinya bisnis tas laptop susah untuk dijalankan karena kita harus terus ngikutin model. Jadi kami berpikiran untuk buat tas cewek dengan kombinasi kain tenun. Pada tahun 2010 akhir, beberapa produk sudah jadi, tapi karena beberapa kesibukkan, akhirnya pada tahun 2012 kami baru fokus berjualan tas kombinasi kain tenun dengan nama Manikan.

Uniknya Manikan?

Produk Manikan memang lebih dominan dengan kombinasi kain tenunnya. Tapi, bulan Juni 2015 ini, Manikan akan mulai launching produk dengan kombinasi kain motif Lurik dan juga kita eksplor motif tye dye pakai warna alam, jadi nggak hanya tenun aja keunikannya. Kita ingin Manikan menjadi sangat Indonesia dengan kekayaan budaya Indonesia yang nantinya menarik perhatian dunia. Seperti namanya, Manikan, dari kata manik, dimana kita ingin menjadi sesuatu yang precious atau berharga.

Bagaimana Proses Produksi Manikan?

Manikan diproduksi di Bandung, tetapi untuk desain dan kain tenunnya kita siapin dari Bali. Karena banyak pembeli Manikan dari Jakarta – Bandung, jadi dari Bandung kita ngirim juga. Untuk menekan ongkos kirim sih. Di Bandung, ada pengrajin dan satu tim. Total ada 3-4 orang diluar pengrajin.

Bagaimana Penjualan Manikan?

Pada tahun 2012 akhir, baru mulai jualan ke temen-temen dulu. Produknya laku baru sekitar 10-15 produk. Terus kita coba lakukan pemasaran dengan sistem endorse ke blogger Evita Nuh pada Januari 2013 dan juga buka pameran di acara Wirausaha Mandiri. Sejak saat itu, mulai banyak order yang masuk. Hingga saat ini, Manikan masih melakukan promosi dengan sistem endorsement. Karena kita ingin mengenalkan produk lokal dengan kain tenun ke sasaran anak muda. Nggak hanya endorse blogger, produk Manikan juga sering dipinjam untuk kepentingan photoshoot dan promosi dari majalah-majalah anak muda seperti Cosmogirl, Kawanku, GoGirl, dan lainnya. Jadi, selain jualan, Manikan juga aktif melakukan promosi untuk meningkatkan penjualan dan brand awareness Manikan agar semakin banyak orang tahu tentang Manikan dan bisa memakai produk dari kain tenun di acara formal maupun informal.

Rencana dan Harapan Manikan ke depan?

Go international! Di website kita sudah menerima untuk international order. Nggak hanya itu, pilihan produk Manikan semakin banyak dengan adanya M.A.N by Manikan, Unisex produk, dan woman produk sehingga diharapkan penjualan lebih banyak dan produksi lebih besar juga lebih banyak variasi produk.

******
Ingin membangun kisah bisnismu sendiri yang juga sukses? Kini saatnya membuat toko online-mu sendiri bersama SIRCLO. Coba sekarang dan nikmati berjualan online GRATIS tanpa batas waktu dan komitmen!

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!