Blog

Mari Mengenal Lebih Dekat Karakteristik Konsumen Wanita

Wanita merupakan target market paling diincar para pelaku bisnis, khususnya di ranah bisnis online, karena jika dilihat dari kebutuhan sehari-hari, kebutuhan wanita memang lebih banyak dibanding pria. Bahkan para marketer bisa membuat produk yang memang diset untuk menjadi kebutuhan wanita nantinya.

Jika kamu ingin membuat produk yang menyasar ke konsumen wanita, ada baiknya kamu memantau kebiasaan mereka dalam mengkonsumsi media. Seperti pola konsumsi media yang sudah terjabar di bawah ini:

Apa kamu tahu device apa saja yang lebih sering mereka gunakan saat internetan?

Dari 2500 wanita yang berusia 18-67 tahun, 74% dari mereka lebih banyak menggunakan laptop untuk mengakses internet. Angka yang lebih tinggi dibanding mereka yang menggunakan smartphone untuk internetan, yaitu sebesar 67%

Sementara yang menggunakan komputer desktop untuk internetan hanya sebesar 57% dan masih lebih tinggi dibanding pengguna tablet, yaitu sebesar 47% dan hanya 14% dari mereka yang menggunakan E-Reader untuk internetan.

Apa kamu tahu hal apa yang paling ingin mereka bagi saat internetan?

Dari 2500 wanita, ternyata 57% dari mereka lebih suka membagi konten-konten lucu, sedangkan 55% dari mereka juga senang berbagi foto atau video pribadi. Sedikit sekali yang senang berbagi berita atau hal-hal baru, tercatat hanya 31% dari para wanita tersebut yang melakukannya. Sementara yang tertarik untuk berbagi cerita tentang produk review tentang produk yang digunakan hanya 24% dari mereka, apalagi yang berbagi hal-hal yang edukatif, hanya sekitar 21% saja.

Ingin tahu melalui media apa saja yang mereka gunakan sehari-hari dan apa alasannya?

Dibanding mengkonsumsi media konvensional seperti TV, majalah, atau pun koran, ternyata 80% dari wanita ini lebih sering mengakses internet, dengan alasan personalisasi berita atau info bisa mereka rasakan di internet,

Walaupun wanita yang terlibat di riset ini adalah para wanita yang tinggal di US, mungkin hasil riset dari lembaga riset Meredith ini bisa menjadi referensi tambahan kamu saat ingin menyasar ke konsumen wanita dan saat ingin mengenal mereka lebih dalam. Walau pun tentunya pasti ada sedikit perbedaan dengan pola konsumsi media wanita yang ada di negara kita. (Sumber: Meredith)

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!