Blog

marketplace ecommerce jadi pilihan platform berjualan

Marketplace E-Commerce Jadi Pilihan Platform Berjualan Bisnis Ritel

Marketplace kini menjadi platform pilihan bagi kebanyakan konsumen untuk berbelanja online. Dari tahun ke tahun, jumlah pengguna marketplace online terus meningkat secara pesat. Apalagi dengan adanya pandemi, banyak brand ritel yang beralih ke platform penjualan digital dengan berjualan di marketplace untuk beradaptasi.

Per kuartal 2 tahun 2021, jumlah pengunjung website 5 marketplace terbesar di Indonesia yaitu Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, dan Blibli, mencapai lebih dari 350 juta pengguna. Dari sisi penjual, bukan hanya pelaku UMKM saja yang memanfaatkan marketplace. Kini brand-brand besar pun sudah masuk ke marketplace online untuk mengoptimalkan penjualannya, mulai dari Unilever, Sido Muncul, dan banyak lagi. 

Berikut beberapa alasan mengapa berjualan di marketplace bisa menjadi pilihan yang tepat bagi pelaku bisnis ritel.

Jangkauan yang Tidak Terbatas

Karena tidak terbatas pada lokasi maupun waktu, jangkauan marketplace online jauh lebih fleksibel dibandingkan toko offline. Apalagi dengan jumlah pengguna yang begitu banyak dan terus meningkat, peluangmu untuk mendapatkan pelanggan baru pun besar. Kamu jadi bisa menjangkau target customer baru yang mungkin sebelumnya kamu tidak bisa jangkau sebelumnya. 

Untuk mengoptimalkan jangkauanmu, kamu bisa melakukan riset SEO agar calon pembeli bisa dengan mudah menemukan toko atau produkmu. Cari tahu kata-kata apa yang banyak digunakan target customer saat mencari produk yang kamu jual. Kemudian gunakan kata kunci tersebut di deskripsi toko, nama produk, dan deskripsi produk.

Baca juga: Benua Asia Menjadi Terdepan Untuk Urusan Perkembangan E-commerce

Loyalitas Sekunder

Loyalitas pelanggan merupakan salah satu target yang tentunya ingin dicapai setiap pebisnis. Dengan memiliki pelanggan setia, kamu bisa terus meningkatkan penjualan. Salah satu keuntungan dari menggunakan marketplace adalah tiap platform biasanya sudah memiliki pelanggannya sendiri. 

Walaupun kamu mungkin tidak bisa mendapatkan loyalitas pelanggan terhadap brand-mu secara langsung, jika mereka puas dengan transaksi yang dilakukan denganmu, ada kemungkinan mereka akan kembali untuk berbelanja produkmu karena biasanya marketplace menawarkan sejumlah keuntungan seperti gratis ongkir.

Selain itu, marketplace yang mudah diakses juga meningkatkan kemungkinan customer untuk kembali. Pasalnya, di marketplace mereka bisa menemukan berbagai macam barang tanpa perlu mendaftar di banyak platform. Alhasil, kemungkinan mereka untuk kembali ke marketplace lebih tinggi. Kamu bisa memanfaatkan kebiasaan ini dengan aktif membagikan informasi seputar produkmu, baik itu di feed ataupun broadcast chat. Alhasil, hubungan dengan pelanggan tetap terjaga. 

Program dan Fitur Pendukung

Marketplace juga dilengkapi dengan berbagai program dan fitur yang dapat mendukung pemasaran dan penjualanmu. Misalnya saja, rata-rata marketplace memiliki fitur chat bot dan broadcast chat sehingga saat kamu akan mengadakan promo atau meluncurkan produk baru, kamu bisa dengan mudah membagikan informasi tersebut ke customer.

Fitur lain yang dapat kamu manfaatkan adalah fitur toko seperti star seller, official store, dan fitur serupa lainnya. Menggunakan fitur ini untuk tokomu bisa membuat tokomu terlihat lebih terpercaya sehingga meyakinkan customer untuk melakukan transaksi.

Selain itu marketplace juga biasanya memiliki program-program promo seperti tanggal cantik, pay day, gratis ongkir, dan banyak lagi yang bisa membuat calon pembeli semakin tertarik dan akhirnya mendongkrak penjualanmu. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur analisis penjualan yang disediakan marketplace untuk melihat perkembangan penjualanmu.

Baca juga: Berikut 7 Ide Bisnis Rumahan Kekinian yang Bisa Kamu Coba!

Pengelolaan yang Relatif Mudah

Pembuatan toko di marketplace online juga bisa dilakukan dengan cepat dan mudah, bahkan gratis. Kamu hanya perlu membuat profil toko yang jelas dan mengunggah katalog produk, kamu sudah bisa mulai berjualan. 

Karena biaya yang diperlukan untuk membuat toko di marketplace online juga tidak begitu besar, kamu bisa menggunakan marketplace sebagai channel percobaan untuk mencari tahu strategi seperti yang lebih tepat untuk kamu terapkan, mulai dari produk favorit, promosi yang paling disukai, cara pemasaran yang efektif, dan lain-lainnya. 

Layanan yang Beragam

Marketplace juga dilengkapi layanan yang beragam seperti jasa pengiriman dan pembayaran. Biasanya marketplace sudah bekerja sama dengan beberapa jasa pengiriman, mulai dari yang pengiriman instan, same day, ataupun reguler. Begitu pula dengan metode pembayaran, biasanya marketplace sudah menyediakan beragam metode mulai dari e-wallet, mobile banking, kartu kredit, dan lain-lain.

Hal ini dapat membantumu mengurangi cart abandonment. Jika kamu hanya memiliki satu pilihan metode pengiriman atau pembayaran, kamu mungkin tidak bisa memenuhi kebutuhan sejumlah customer. Sementara dengan pilihan layanan yang beragam, kamu bisa mengakomodasi kebutuhan mereka yang berbeda-beda.

Agar marketplace bisa berjalan dengan lancar, diperlukan juga pengelolaan yang baik mulai dari manajemen stok, pemasaran, hingga laporan transaksi. Untuk membantumu mengelola setiap aspek tersebut dengan baik, SIRCLO Commerce menyediakan layanan end-to-end management mulai dari manajemen gudang, pengelolaan order, pengiriman barang, layanan pelanggan, dan banyak lagi. Kamu juga bisa mengelola beberapa marketplace sekaligus dengan layanan ini sehingga operasional semakin efisien. Alhasil, kamu bisa benar-benar memberikan pelayanan yang memuaskan dan terus mengembangkan strategi penjualan yang efektif.

Tentang SIRCLO

Dimulai pada tahun 2013, SIRCLO adalah perusahaan solusi e-commerce terdepan di Indonesia yang membantu brands berjualan online. SIRCLO menawarkan solusi yang terbagi menjadi 2 kategori utama, yaitu solusi entrepreneur dan enterprise. Pada kategori entrepreneur, SIRCLO menawarkan platform pengelolaan toko online UMKM untuk berjualan di 3 platform yang berbeda (website, marketplace, chat commerce), yaitu SIRCLO Store. Pada kategori enterprise, SIRCLO menawarkan layanan e-commerce enabler secara end-to-end melalui SIRCLO Commerce dan solusi pengembangan teknologi omnichannel melalui ICUBE by SIRCLO.

SIRCLO telah melayani lebih dari 100.000 brands untuk mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear, serta dipercaya oleh brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, dan Levi’s. Berlokasi di Green Office Park 1, The Breeze (BSD – Serpong), hari ini SIRCLO memiliki 700 karyawan serta perwakilan yang berbasis di Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!