Blog

Mau Mulai Jualan di Marketplace? Siapkan 5 Hal Ini Dulu!

Adanya marketplace memudahkan banyak orang untuk memulai bisnis online. Hanya dalam beberapa langkah, kamu sudah bisa membuat toko online kamu sendiri. Ditambah lagi, marketplace juga memiliki fitur-fitur yang bisa memudahkan kamu untuk berjualan.

Walaupun praktis, ada beberapa hal yang penting untuk kamu persiapkan sebelum mulai berjualan di marketplace. Mempersiapkan aspek-aspek ini membantumu menjalankan cara berjualan online agar cepat laku. Berikut cara jualan online laris lewat 6 persiapan berikut.

Budget

Yang pertama kali perlu dipersiapkan dalam cara berjualan online agar cepat laku di marketplace adalah budget. Meskipun membuat lapak toko online di marketplace bisa dilakukan secara gratis, kamu tetap perlu mempersiapkan budget untuk keperluan bisnis lainnya seperti biaya produksi, pemasaran, logistik, aset, dan lain-lainnya.

Dalam menyiapkan budget, pisahkan antara rekening pribadi dan rekening bisnis agar keuangan tidak tercampur dan kamu bisa memantau performa bisnis secara tepat. Lakukan perencanaan anggaran setiap bulannya dan analisa pemasukan maupun pengeluaran.

Baca juga: Sukses Optimalkan Toko Online Anda dengan 7 Layanan Berikut

Stok dan Katalog Produk

Langkah selanjutnya dalam cara sukses jualan online di marketplace adalah mempersiapkan stok dan katalog produk. Buat katalog produk semenarik mungkin. Jika kamu memiliki beberapa jenis produk, buat kategori pada lapak toko onlinemu untuk memudahkan calon pembeli melihat-lihat.

Gunakan foto produk asli dan pastikan foto produk jelas mulai dari segi pencahayaan hingga detailnya. Sebaiknya masukkan foto produk dari beberapa sudut (angle) sehingga calon pembeli bisa benar-benar melihat produk secara keseluruhan. 

Update stok produkmu secara berkala agar kamu bisa memenuhi permintaan customer. Secara konsisten bandingkan jumlah stok yang tertulis pada toko online dengan yang sebenarnya. Komunikasikan juga mengenai keperluan stok produkmu dengan supplier agar kebutuhan produksi bisa dilakukan dengan tepat waktu.

Kebutuhan Operasional

Selain dari segi produksi, cara jualan online laris yang juga penting untuk dipertimbangkan adalah keperluan operasional seperti untuk kemasan dan logistik. Pilih bahan kemasan yang sesuai dengan produkmu dan pastikan kemasan tersebut dapat melindungi barang hingga sampai ke tangan pembeli.

Selain untuk melindungi produk, kemasan juga menjadi salah satu bagian dari branding. Maka itu, buatlah kemasan yang menarik dan memang sejalan dengan branding yang ingin kamu tampilkan agar brand semakin diingat. 

Bersamaan dengan itu, pertimbangkan juga mengenai sistem pengiriman yang kamu tawarkan. Apakah kamu akan menawarkan pengiriman instan, hari sama (same day), atau reguler saja? Pilih jasa pengiriman yang bisa memenuhi kebutuhan pengiriman dan memudahkan transaksi. Kemudian prioritaskan order berdasarkan durasi pengiriman yang dipilih customer.

Baca juga: 8 Cara Sukses Jualan Online dengan Website Toko Online

Strategi Pemasaran

Pemasaran tentu menjadi cara sukses jualan online yang tidak boleh dilewatkan. Tanpa strategi pemasaran, target konsumen akan sulit menemukan bisnismu. Ada begitu banyak strategi pemasaran dalam cara jualan online laris yang bisa kamu lakukan.

Pertama, kamu bisa memasarkan bisnismu melalui feed atau konten di marketplace. Buat postingan secara berkala mengenai produkmu & manfaatnya lalu sertakan juga halaman produk. Kamu juga bisa menautkan halaman lapakmu di marketplace pada media sosial. 

Kedua, kamu bisa mempelajari jenis-jenis promosi di marketplace yang kamu gunakan. Kamu bisa mulai dengan melihat strategi promosi seperti apa yang banyak dilakukan oleh kompetitor. Kamu juga bisa mencoba beberapa jenis promosi dan melihat promosi mana yang lebih efektif. Terakhir, kamu bisa memanfaatkan fitur iklan yang ada pada marketplace.

Teknologi

Cara jualan online laris di marketplace yang tak kalah penting adalah menyiapkan platform dan teknologi yang digunakan agar bisa berjalan dengan lancar. Misalnya dengan mensinkronisasikan stok produk di channel-channel penjualan sehingga jumlah stok ter-update secara otomatis.

Berikan respons yang efisien kepada customer baik itu chat ataupun order yang masuk. Segera proses order dan berikan konfirmasi agar customer merasa tenang. Pelayanan yang baik akan memudahkanmu dalam meningkatkan penjualan dan mempertahankan kepercayaan.

Aspek teknologi lainnya yang dapat membantumu adalah tools atau platform yang memungkinkan kamu untuk menganalisis performa toko online. Melakukan analisis data secara berkala merupakan langkah penting dalam cara berjualan online agar cepat laku. Dengan melakukan ini, kamu bisa memonitor perkembangan bisnis dan menentukan langkah strategi selanjutnya.

Rata-rata pebisnis menjajakan barangnya di beberapa marketplace sekaligus agar bisa menyasar target pasar yang lebih luas. Hal ini tentunya menjadi strategi yang bagus dalam cara sukses jualan online. Namun, mengelola satu per satu lapak marketplace secara manual akan membutuhkan banyak waktu.

Untuk mempermudah prosesmu, SIRCLO Store menyediakan fitur manajemen marketplace yang terintegrasi sehingga kamu bisa mengelola dan memantau seluruh lapakmu baik dari segi stok, order, pengiriman, hingga laporan transaksi lewat satu dashboard. Alhasil, kamu pun dapat lebih fokus mengembangkan bisnismu.

SIRCLO Store, bisa bantu kamu menghubungkan platform penjualanmu ke dalam satu dashboard sehingga kamu dapat menjangkau lebih banyak pelanggan secara efisien. Daftar SIRCLO Store sekarang dengan klik di sini.

Tentang SIRCLO

Dimulai pada tahun 2013, SIRCLO adalah perusahaan solusi e-commerce terdepan di Indonesia yang membantu brands berjualan online. SIRCLO menawarkan solusi yang terbagi menjadi 2 kategori utama, yaitu solusi entrepreneur dan enterprise. Pada kategori entrepreneur, SIRCLO menawarkan platform pengelolaan toko online UMKM untuk berjualan di 3 platform yang berbeda (website, marketplace, chat commerce), yaitu SIRCLO Store. Pada kategori enterprise, SIRCLO menawarkan layanan e-commerce enabler secara end-to-end melalui SIRCLO Commerce dan solusi pengembangan teknologi omnichannel melalui ICUBE by SIRCLO.

SIRCLO telah melayani lebih dari 100.000 brands untuk mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear, serta dipercaya oleh brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, dan Levi’s. Berlokasi di Green Office Park 1, The Breeze (BSD – Serpong), hari ini SIRCLO memiliki 700 karyawan serta perwakilan yang berbasis di Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!