Blog

Mau Penjualan Toko Online Meningkat? Terapkan SEO dengan 4 Teknik ini!

Membuat toko online saat ini memang menjadi pilihan banyak pebisnis agar dapat meningkatkan penjualan. Sayangnya, dalam menjalankan toko online ini banyak yang kurang memahami pentingnya SEO atau Search Engine Optimization, yang merupakan salah satu elemen krusial dalam memenangkan persaingan marketing dalam dunia maya. SEO sendiri merupakan serangkaian teknik untuk menempatkan suatu website atau situs pada posisi yang strategis di search engine, seperti Google dan Yahoo!. Dengan adanya SEO, toko onlinemu akan mendapatkan lebih banyak kunjungan sehingga membuat tingkat konversi penjualan semakin lebih besar.

Sebuah data menunjukkan bahwa pada tahun 2006 ada sekitar 7.500 milyar pencarian per-bulan melalui search engine oleh netizens di seluruh dunia. Angka ini ternyata terus meningkat, di mana jumlahnya mencapai hampir 16.000 milyar per-bulan pada tahun 2010. Dari sinilah penerapan SEO pada situs toko online wajib dilakukan, guna mendapatkan targeted list atau pengunjung tertarget. Targeted list sendiri merupakan orang-orang yang ingin mencari produk yang kamu jual melalui search engine. Dengan menjaring targeted list, peluang kamu untuk meningkatkan angka penjualan akan semakin tinggi.

Apa saja teknik jitu untuk menerapkan SEO agar menghasilkan tingkat konversi penjualan yang tinggi? Simak empat teknik yang bisa kamu praktikkan!

1. Optimalkan Penggunaan Nama atau Judul produk

Penerapan SEO dapat diawali dengan mengoptimalkan penggunaan nama atau judul produk. Buat nama produk kamu sesederhana mungkin yang biasa dikenali pasar. Jangan yang terlalu rumit dengan menggunakan kode-kode tertentu, karena justru hal tersebut dapat menurunkan posisi kamu di peringkat search engine. Kenapa bisa?

Nama-nama yang rumit dapat membuat kata kunci produk yang seharusnya bisa kamu bidik di search engine menjadi semakin tidak tertarget. Alih-alih menuliskan nama barang yang dicari dengan istilah rumit atau kode produk, pengunjung akan langsung menuliskan barang yang mereka perlukan; semisal “baju muslim anak” atau “celana panjang pria”.

2. Deskripsikan Produk yang Tertarget

Setelah beres dengan judul atau nama produk, langkah selanjutnya adalah dengan memberikan deskripsi produk yang tertarget. Untuk melakukan teknik ini, kamu harus menyelipkan kembali judul atau nama produk di dalam sebuah deskripsi.  Tulis ulang nama produk tersebut minimal 2x dalam deskripsi untuk memperkuat konten kamu di search engine.

Pastikan untuk berhati-hati dalam menerapkan teknik ini, karena pengulangan kata yang sama secara berulang-kali dapat membuat tulisan tersebut tidak enak dibaca. Jangan lupa juga untuk menulis dengan teknik copywriting yang baik agar lebih nyaman dibaca oleh calon pembeli.

3. Maksimalkan dengan Gambar atau Foto Produk

Jangan lupa untuk menambahkan visual atau foto produk dalam konten deskripsi yang kamu buat. Penggunaan visual saat ini memang sangat efektif untuk mengoptimalkan teknik SEO yang sedang kamu terapkan. Adanya foto produk yang baik dapat membuat search engine bekerja lebih maksimal untuk mendatangkan kunjungan trafik ke situs toko online.

Untuk menjalankan teknik ini, kamu cukup menyelipkan Alt atau title tag pada gambar sesuai nama produk. Jangan lupa juga untuk memilih gambar yang beresolusi ringan agar browser cepat memuatnya. Sebelum di-upload, pastikan juga kamu sudah mengganti nama gambar agar dapat terbaca oleh user dengan baik dan tercipta URL SEO yang kuat.

4. Gunakan Template yang SEO-Friendly

Terakhir, teknik jitu menerapkan SEO untuk meningkatkan penjualan toko online adalah dengan menggunakan template yang SEO-friendly. Template atau desain website memang akan sangat berpengaruh pada suksesnya penerapan SEO. Cobalah menerapkan template yang memiliki karakter desain yang sedap dipandang mata, berfitur lengkap dan memiliki akses yang tidak lambat. Jika kamu tidak ahli dalam memodifikasi template, ada juga opsi untuk menggunakan template SEO-friendly yang siap-pakai dengan cara mengunduhnya di tempat-tempat yang sudah banyak tersedia di berbagai website. Template SIRCLO pun telah dirancang sedemikian rupa sehingga memiliki tampilan yang lengkap dan bersahabat bagi para pengunjung situs kamu.

Inilah beberapa teknik yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan SEO situs toko online kamu. Mudah, bukan? Terapkan sekarang juga untuk meningkatkan trafik dan penjualan produk toko online kamu!

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!