Blog

Menelisik Pesta Belanja Online 11.11, Apa Saja Trennya?

Pesta belanja online 11.11 lagi-lagi menghasilkan nilai transaksi yang luar biasa. Banyak konsumen memanfaatkan momen ini untuk membeli kebutuhan mereka dengan harga yang lebih terjangkau karena banyaknya promo. 

Pada pesta belanja online 11.11, konsumen mulai memperluas kategori produk yang mereka beli. Apabila di bulan-bulan sebelumnya barang-barang mewah tidak begitu diminati, pada pesta belanja online kali ini konsumen mulai melakukan transaksi untuk berbelanja barang-barang kebutuhan tersier.

Ini merupakan kesempatan bagi berbagai brand untuk kembali meningkatkan penjualan dengan menerapkan berbagai strategi yang dapat menarik perhatian konsumen. Di samping itu, pebisnis juga perlu memahami perilaku konsumen saat pesta belanja online terutama di tengah pandemi. 

Baca juga: Bagaimana Pengaruh Harbolnas Terhadap Perekonomian Digital di Indonesia?

Berikut beberapa tren saat pesta belanja online 11.11 yang bisa menjadi pertimbangan bagi pebisnis untuk mengembangkan strategi untuk momen pesta belanja online ke depannya.

Peralatan Rumah Tangga & Perawatan Pribadi Masih jadi Favorit

Sama seperti pesta belanja online sebelumnya, produk peralatan rumah tangga dan perawatan pribadi masih menjadi kategori produk yang paling banyak dicari saat Harbolnas 11.11. Melakukan sebagian besar aktivitas di rumah membuat permintaan kedua kategori produk ini meningkat. 

Namun, apabila sebelumnya kategori makanan & minuman menjadi kategori ketiga yang paling banyak dicari, kali ini kategori produk tersebut bergeser seiring dengan mulai beralihnya perhatian konsumen menuju ke kebutuhan lainnya. 

Kategori Fashion dan Elektronik Kembali Bangkit

Awalnya kategori fashion tidak menjadi 3 kategori produk teratas yang paling banyak dicari. Namun, pada pesta belanja online 11.11 kategori fashion menggantikan posisi makanan & minuman seiring dengan meningkatnya permintaan kebutuhan sekunder dan tersier.

Munculnya berbagai fitur teknologi yang dapat memberikan pengalaman dan interaksi yang lebih menyenangkan bagi customer seperti live streaming membuat banyak pengalaman berbelanja produk fashion secara online tetap nyaman layaknya saat berbelanja offline.

Selain produk fashion, produk elektronik khususnya smartphone juga menjadi kategori produk yang banyak dicari di berbagai marketplace. Di Lazada, brand smartphone Infinix menjadi brand yang paling laris pada pesta belanja online 9.9 dan 11.11, menjual lebih dari ribuan unit pada hari pertama penjualannya. Sementara di Shopee, kategori handphone & tablet jadi kategori yang paling laris berdasarkan total transaksinya saat pesta belanja online 11.11. 

Flash Sale Jadi Promo yang Ditunggu-tunggu Customer

Flash sale kini telah menjadi tradisi yang dilakukan oleh banyak marketplace untuk menyambut dimulainya pesta belanja online. Strategi ini pun terbukti mampu meningkatkan minat konsumen untuk melakukan transaksi. 

Berdasarkan data 2 marketplace, traffic meningkat pesat dalam 1 jam pertama flash sale. Lazada menunjukkan peningkatan jumlah konsumen hingga dua digit dibanding tahun lalu, sementara Shopee mencapai 20 juta pengunjung. 

Terlebih lagi, konsumen ini tidak hanya sekadar melihat-lihat promosi tetapi juga menyelesaikan transaksi di saat itu juga. Dalam satu jam pertama flash sale Shopee, jumlah transaksi meningkat lebih dari 6 kali lipat dibandingkan tahun lalu dan nilai transaksi terbesarnya melebihi Rp 30 juta. Selain saat tengah malam, data SIRCLO juga menunjukkan bahwa aktivitas belanja online meningkat pesat pada pukul 08.00, 11.00 hingga tengah hari (istirahat makan siang), dan pukul 21.00.

Baik Customer Lama Maupun Baru Ikut Serta dalam Pesta Belanja Online

Berdasarkan temuan internal SIRCLO dari 3 festival belanja online berturut-turut, ada kecenderungan konsumen yang mengikuti pesta belanja online 9.9 untuk kembali berbelanja saat Harbolnas 10.10 dan 11.11. 

Namun bukan hanya customer lama saja yang jumlahnya bertambah dengan adanya repeat order, jumlah customer baru pun terus meningkat. Data SIRCLO menunjukkan bahwa jumlah pengguna baru mencapai lebih dari 50% dari bulan lalu. 

Total Transaksi Meningkat Tiga Kali Lipat

Nilai total transaksi pesta belanja online 11.11 berdasarkan data SIRCLO meningkatkan 3 kali lipat. Hal ini dikarenakan banyak marketplace seperti Shopee, Lazada, dan Bukalapak secara aktif melakukan pemasaran dan memberikan berbagai promo menarik menjelang dan saat festival berlangsung. 

Baca juga: SIRCLO Dukung UMKM dan Brand Lokal melalui Program #MulaiSekarang

Data penjualan Harbolnas 11.11 menunjukkan adanya pergeseran perilaku belanja konsumen dari yang awalnya sangat fokus pada kebutuhan primer saja kini mulai turut berbelanja produk-produk lain di luar kebutuhan utama. Pesta belanja online menjadi momentum bagi brand yang menjual barang-barang kebutuhan sekunder dan tersier untuk meningkatkan penjualannya. Brand dapat meningkatkan penjualannya dengan menyesuaikan berbagai strategi khususnya strategi digital untuk memenuhi permintaan konsumen.

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. 

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!