Blog

Mengapa Marketplace Menjadi Channel Pilihan untuk Berjualan Online?

Dengan perkembangan digital yang ada, memiliki kehadiran online sudah menjadi keharusan bagi suatu bisnis. Saat ini ada banyak pilihan channel untuk berjualan online. Salah satu channel yang kerap menjadi pilihan pebisnis adalah marketplace.

Memiliki lapak di marketplace memungkinkan pebisnis untuk memiliki channel tambahan untuk menjual produknya. Terlebih lagi, marketplace memiliki fitur-fitur yang memudahkan pelaku bisnis untuk masuk ke platform digital. Berikut beberapa alasan mengapa marketplace menjadi channel pilihan bagi banyak pebisnis untuk berjualan online.

Jumlah Pengguna yang Terus Meningkat

Jumlah pengguna marketplace di Indonesia terus meningkat. Berdasarkan data iPrice, jumlah pengunjung Tokopedia per bulan mencapai 135 juta, Shopee 127 juta, Bukalapak 34 juta, Lazada 30 juta, dan Blibli 19 juta. Apabila dijumlah, total pengunjung dari 5 top marketplace di Indonesia saja mencapai 345 juta. 

Dengan jumlah basis customer yang banyak ini, bisnismu bisa menjangkau audiens secara luas. Ditambah lagi, marketplace biasanya memiliki program pemasaran dan campaign yang dapat membantu mendongkrak penjualanmu.

Tak hanya itu, hadir di marketplace juga memberikan kemudahan bagi target konsumen untuk menemukan bisnis dan produkmu. Mereka dapat mengakses marketplace kapan dan di manapun.

Baca juga: Pertumbuhan Transaksi E-commerce Selama PPKM Darurat Meningkat Pesat

Tidak Membutuhkan Modal Besar

Marketplace memiliki risiko yang lebih kecil karena pebisnis tidak perlu mengeluarkan modal untuk berbagai hal. Kamu hanya tinggal memilih marketplace yang sesuai dengan target konsumen yang ingin dituju untuk membangun lapak toko online. 

Selain dari segi modal, pebisnis juga tidak perlu menghabiskan waktu dan sumber daya untuk membangun toko. Hanya tinggal mengikuti langkah-langkah yang sudah disediakan marketplace, kamu sudah bisa membuat toko dan mulai berjualan. Terutama bagi pebisnis pemula, pebisnis yang ingin menguji target konsumen baru, ataupun pebisnis yang ingin melakukan adaptasi digital, marketplace menjadi pilihan yang tepat.

Meningkatkan Visibilitas Produk

Marketplace, terutama marketplace besar biasanya memiliki rank SEO yang tinggi dengan tingkat traffic yang juga tinggi. Artinya, saat konsumen memasukkan kata kunci produk di mesin pencari, kemungkinan mereka akan memiliki ranking yang lebih tinggi dibandingkan website e-commerce yang lebih kecil. Ini akan memudahkan kamu untuk dengan cepat menjangkau customer.

Selain itu, marketplace memiliki mesin pencarian internal mereka sendiri yang dapat membantu penggunanya menemukan yang mereka cari. Ini pun akan membantu meningkatkan visibilitas produk yang kamu jual.

Proses Transaksi yang Mudah

Marketplace juga memiliki layanan yang memudahkan konsumen, salah satunya layanan pembayaran dan pengiriman yang beragam dan sudah terintegrasi. Dengan layanan ini, konsumen bisa memilih metode pembayaran maupun pengiriman sesuai kebutuhan mereka. Proses transaksi yang mudah inilah yang mendorong konsumen untuk memilih berbelanja di marketplace.

Baca juga: Raih Peluang Usaha Pakai Website, Cara Sukses Jualan Online dengan Mudah!

Dapat Memantau Pertumbuhan Usaha

Marketplace juga biasanya memiliki fitur insight dimana pebisnis bisa memantau perkembangan bisnis seperti jumlah penjualan, banyaknya konsumen yang mengunjungi lapak, efektivitas iklan, dan banyak lagi. 

Dari sini, pebisnis bisa mengetahui produk yang disukai konsumen, strategi mana yang efektif dan yang tidak, serta menentukan langkah selanjutnya. Tak hanya itu, memiliki data-data terkait penjualanmu bisa membantumu memahami pelanggan lebih baik lagi sehingga kamu bisa menawarkan pengalaman berbelanja yang lebih efektif dan personal.

Membangun Kepercayaan Pelanggan

Meningkatnya pengguna marketplace membuat semakin banyak konsumen yang familiar dengan platform berbelanja ini. Alhasil, mereka pun akhirnya memiliki kepercayaan dengan marketplace yang digunakan dan akhirnya mempercayai bisnismu juga. Kepercayaan yang sudah ada ini membuka peluang bagimu untuk meyakinkan konsumen.

Kamu bisa mengoptimalkan penjualanmu di marketplace dengan SIRCLO Commerce. Lewat solusi channel management ini, kamu bisa mengelola dan memantau seluruh lapak marketplace kamu dengan mudah dan efisien. 

Tentang SIRCLO

Dimulai pada tahun 2013, SIRCLO adalah perusahaan solusi e-commerce terdepan di Indonesia yang membantu brands berjualan online. SIRCLO menawarkan solusi yang terbagi menjadi 2 kategori utama, yaitu solusi entrepreneur dan enterprise. Pada kategori entrepreneur, SIRCLO menawarkan platform pengelolaan toko online UMKM untuk berjualan di 3 platform yang berbeda (website, marketplace, chat commerce), yaitu SIRCLO Store. Pada kategori enterprise, SIRCLO menawarkan layanan e-commerce enabler secara end-to-end melalui SIRCLO Commerce dan solusi pengembangan teknologi omnichannel melalui ICUBE by SIRCLO.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!