Blog

Online Presence Jadi Kunci Bagi Brand untuk Beradaptasi di Tengah Pandemi

Adanya pandemi Covid-19 menjadi tantangan bagi banyak pebisnis, khususnya pebisnis offline. Pasalnya, perilaku berbelanja masyarakat bergeser menjadi serba online. Hal ini membuat banyak brand harus memutar otak dan mencari cara untuk bisa bertahan. Bisnis pun dituntut untuk bisa segera beralih ke penjualan online

Dengan banyaknya bisnis online ditambah lagi dengan bisnis-bisnis offline yang kemudian beralih ke online, tingkat kompetisi bisnis pun semakin ketat. Maka itu, diperlukan berbagai strategi agar bisnis bisa menghadapi tantangan ini. Salah satu kunci penting agar bisnis bisa menghadapi tingkat persaingan yang tinggi adalah dengan meningkatkan online presence.

Yang dimaksud dengan online presence merupakan kehadiran bisnis secara online. Pada dasarnya, online presence menunjukkan seberapa menonjolnya bisnismu di berbagai platform online. Dengan online presence yang kuat, kamu pun bisa memperluas jangkauan bisnismu dan meningkatkan awareness dari brand kamu. 

Baca juga: Permintaan Produk di Marketplace Alami Lonjakan Selama Pandemi COVID-19

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan brand untuk dapat meningkatkan online presence. Berikut beberapa di antaranya:

Secara Aktif Melibatkan Konsumen

Strategi ini salah satu dilakukan oleh sejumlah brand kecantikan untuk meningkatkan online presence-nya di saat pandemi. Menurut data internal SIRCLO, permintaan produk kecantikan di e-commerce di bulan Maret 80% lebih tinggi dibandingkan bulan Februari. Namun, kenaikan ini menjadi stagnan dari bulan Maret ke April.

Melihat hal ini, beberapa brand kecantikan seperti NIVEA Indonesia dan Mustika Ratu segera menerapkan sejumlah inisiatif, salah satunya dengan cara mengoptimalkan interaksi dengan konsumen secara online melalui cara-cara kreatif. 

Mustika Ratu misalnya mengadakan berbagai challenge Instagram dan talk show untuk meningkatkan engagement dengan konsumen. NIVEA Indonesia menjalankan sejumlah campaign online, salah satunya campaign #DiRumahAjasamaNIVEA dimana NIVEA mengadakan live streaming dengan sejumlah publik figur.

Dengan melibatkan konsumen secara aktif dengan aktivitas-aktivitas online dari bisnismu, mereka pun akan merasa dilibatkan dan menjadi bagian dari brand kamu sehingga brand kamu pun akan lebih mudah diingat serta menonjol di mata konsumen.

Mengoptimalkan Website

Website merupakan bagian penting dalam strategi bisnis untuk membangun online presence. Apalagi saat ini banyak orang mencari informasi secara online. Dengan memiliki website, konsumen akan lebih mudah untuk menemukan bisnismu saat mencari kata kunci yang berkaitan di mesin pencari.

Bukan sekadar website saja, desain website dan kemudahan untuk menavigasikannya juga menjadi faktor yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli suatu produk. Apabila tampilan website berantakan, konsumen yang tadinya tertarik dengan produkmu malah bisa kabur ke kompetitor. 

Maka itu, pastikan websitemu mudah digunakan dan memiliki informasi yang lengkap. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa website bisnismu mobile-friendly. Hal ini penting karena dari total pengguna internet di Indonesia, sebanyak 98 persennya mengakses internet melalui ponsel. Untuk mengoptimalkan tampilan website bisnismu, kamu bisa menggunakan jasa pembuatan website toko online seperti SIRCLO Store

Memanfaatkan Kanal-Kanal Sosial

Saat ini media sosial menjadi salah satu kanal penting dan efektif untuk mengembangkan bisnis. Lewat kanal-kanal media sosial, bisnis bisa berinteraksi dan menjadi lebih dekat dengan konsumen. Selain itu, media sosial juga memudahkan kamu untuk berkomunikasi dengan pelanggan. 

Terlebih lagi, riset PwC menunjukkan 61% keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh media sosial. Untuk mengoptimalkan online presence bisnismu, kamu bisa menjalankan membagikan konten-konten yang relevan dengan target audiensmu. Di samping itu, kamu bisa mengadakan aktivitas online dan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi target konsumen, seperti halnya yang dilakukan NIVEA Indonesia dan Mustika Ratu. 

Masuk ke Marketplace

Terakhir dan tak kalah penting adalah dengan masuk ke berbagai platform marketplace. Saat ini marketplace menjadi andalan banyak orang untuk mencari berbagai kebutuhannya secara online. Dengan merambah ke marketplace, kamu pun memberikan alternatif pilihan bagi target konsumen untuk mengakses produk yang kamu jual. 

Selain itu, jumlah potensial pelanggan yang kamu jangkau juga lebih banyak dengan bertambahnya platform penjualanmu. Agar lebih optimal, kamu bisa membuat official store di marketplace. Ada sejumlah manfaat official store yang bisa didapat, di antaranya meningkatkan kepercayaan calon pembeli serta visibilitas yang lebih tinggi.

Agar distribusi online dapat berjalan lancar, pebisnis bisa menggunakan e-commerce enabler seperti SIRCLO Commerce. Menawarkan solusi multi-channel e-commerce, SIRCLO Commerce memungkinkan kamu untuk mengintegrasi penjualan di berbagai channel marketplace mulai dari manajemen inventori, pemesanan, hingga pengiriman. 

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!