Blog

Optimalkan Pengalaman Berbelanja Pelanggan dengan Chat Commerce

Produk dan harga mempengaruhi tingkat konversi penjualan suatu bisnis. Namun keduanya bukanlah faktor terbesarnya. Pengalaman belanja yang positif ternyata menjadi faktor yang paling mempengaruhi konversi. Data menunjukkan 80% konsumen rela membayar lebih untuk pengalaman belanja yang lebih baik.

Ini menandakan pentingnya mengoptimalkan pengalaman berbelanja pelanggan yang ditawarkan oleh bisnismu. Kamu bisa melakukan ini salah satunya dengan memanfaatkan conversational commerce platform seperti Whatsapp. 

Yang dimaksud dari conversational atau chat commerce adalah meningkatkan pengalaman pelanggan lewat percakapan yang personal dan ramah. Ini merupakan salah satu cara bisnis online lewat Whatsapp yang dapat dengan mudah kamu terapkan untuk meningkatkan penjualan. 

Baca juga: Cara Memanfaatkan Chat Commerce untuk Mendukung Penjualanmu di Whatsapp

Di Indonesia, Whatsapp merupakan platform messaging yang paling banyak digunakan. Dengan cara jualan lewat Whatsapp, menjangkau pelanggan jadi semakin mudah karena kamu sudah menggunakan aplikasi messaging yang biasa digunakan. Ini pun mempermudah customer karena tidak mengharuskan mereka untuk mengunjungi website terlebih dahulu. 

Cara bisnis online lewat Whatsapp ini memberikan customer kesempatan untuk berkomunikasi dengan brand kapanpun mereka butuh, terlepas dari tahap customer journey mereka. Personalisasi inilah yang menjadi keunggulan dari chat commerce. Berikut beberapa cara mengoptimalkan customer journey bisnismu lewat conversational commerce platform:

Menjangkau Target Konsumen

Tahap ini disebut juga sebagai fase awareness. Pada fase ini, customer mencari solusi atas masalah yang mereka hadapi. Tahap ini dianggap sebagai tahap paling penting dalam customer journey karena untuk bisa menarik pelanggan, mereka harus tahu terlebih dahulu mengenai keberadaan bisnismu.

Conversational commerce platform memungkinkan kamu untuk terhubung dengan customer yang sedang mencari layanan atau produk yang dapat membantu mereka menyelesaikan masalah. Kamu dapat menerapkan cara jualan lewat Whatsapp pada tahap ini dengan menunjukkan bahwa kamu memahami masalah yang dihadapi dan bagaimana produkmu bisa membantu mereka.

Salah satu strategi yang bisa kamu terapkan adalah dengan menggunakan bot untuk mengirimkan konten yang relevan dengan kondisi atau situasi yang dihadapi target konsumen. Dengan cara ini, target customer akan mendapat informasi yang bisa mendorong mereka untuk mencari tahu lebih lanjut. 

Cara lainnya adalah dengan memberikan rekomendasi produk dari katalogmu yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Ini akan memberikan pengalaman yang personal dan mempercepat proses riset mereka.

Meyakinkan Calon Pembeli

Pada tahap ini, customer sudah mencari tahu mengenai bisnismu. Namun mereka belum mengambil keputusan. Mereka masih mencari informasi lebih lanjut misalnya dengan membandingkan produkmu dengan kompetitor dan membaca review.

Kamu bisa meyakinkan calon pembeli dengan memberikan detail lebih lanjut mengenai produk dan penawaran-penawaran yang ada seperti detail produk, produk serupa, informasi ketersediaan produk, testimoni pelanggan, dan lainnya. Cara jualan lewat Whatsapp yang juga efektif adalah dengan memberikan informasi terkait promo yang sedang berlangsung khususnya untuk produk yang mereka inginkan.

Baca juga: Manfaatkan 8 Fitur Ini untuk Jangkau Pelanggan di Marketplace

Mengoptimalkan Transaksi

Ini merupakan tahap dimana customer siap melakukan order. Pada tahap ini, kamu harus bisa memberikan pengalaman transaksi yang praktis agar customer tidak meninggalkan shopping cart mereka dan membatalkan transaksi. 

Misalnya kamu bisa memungkinkan terjadinya transaksi dalam platform chat commerce yang digunakan dan mengintegrasikannya dengan berbagai metode pembayaran. Setelah pembayaran dilakukan, segera kirimkan konfirmasi order dan berikan update status pengiriman.

Menjaga Hubungan dengan Pelanggan

Setelah transaksi berhasil dilakukan, bukan berarti kamu berhenti berkomunikasi dengan customer. Menjaga hubungan customer pada tahap ini akan sangat bermanfaat bagi bisnismu. Menurut data, menjaga customer yang ada 5 kali lebih murah dibandingkan mendapatkan customer baru.

Kamu bisa menjaga hubungan yang baik dengan customer dengan cara mengirimkan pesan secara berkala dan merespons chat dari mereka. Misalnya kamu bisa meminta feedback, mengirimkan update mengenai peluncuran produk baru, atau memberikan promo khusus pelanggan. 

Meminta Testimoni

Pada tahap terakhir, kamu bisa memanfaatkan chat commerce untuk mengadakan survei atau meminta testimoni dari pelanggan setiamu. Masukan dari pelanggan dapat sangat membantumu mengevaluasi produk dan mengembangkan bisnis.

Kamu juga bisa menawarkan program khusus yang membuat mereka merasa bagian dari brand-mu. Contohnya kamu dapat menjalankan program referral dimana pelanggan yang terpilih akan menerima promo jika berhasil merekomendasikan produkmu ke orang lain.  

Cara-cara bisnis online lewat Whatsapp di atas bisa kamu terapkan dengan menggunakan fitur chat commerce pada SIRCLO Store. Fitur chat commerce ini dapat diakses oleh beberapa pengguna sehingga kamu bisa merespons pelanggan dengan lebih cepat. Selain itu, chat commerce SIRCLO Store juga memungkinkanmu untuk memproses transaksi secara langsung dan mengirimkan pesan otomatis. Seluruh fitur-fitur ini hadir untuk mendukung perkembangan bisnismu secara optimal. 

SIRCLO Store, bisa bantu kamu menghubungkan platform penjualanmu ke dalam satu dashboard sehingga kamu dapat menjangkau lebih banyak pelanggan secara efisien. Daftar SIRCLO Store sekarang dengan klik di sini.

Tentang SIRCLO

Dimulai pada tahun 2013, SIRCLO adalah perusahaan solusi e-commerce terdepan di Indonesia yang membantu brands berjualan online. SIRCLO menawarkan solusi yang terbagi menjadi 2 kategori utama, yaitu solusi entrepreneur dan enterprise. Pada kategori entrepreneur, SIRCLO menawarkan platform pengelolaan toko online UMKM untuk berjualan di 3 platform yang berbeda (website, marketplace, chat commerce), yaitu SIRCLO Store. Pada kategori enterprise, SIRCLO menawarkan layanan e-commerce enabler secara end-to-end melalui SIRCLO Commerce dan solusi pengembangan teknologi omnichannel melalui ICUBE by SIRCLO.

SIRCLO telah melayani lebih dari 100.000 brands untuk mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear, serta dipercaya oleh brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, dan Levi’s. Berlokasi di Green Office Park 1, The Breeze (BSD – Serpong), hari ini SIRCLO memiliki 700 karyawan serta perwakilan yang berbasis di Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!