Blog

Optimalkan Penjualan Bisnis Online dengan Omnichannel

Dengan semakin majunya perkembangan teknologi, cara berbelanja konsumen pun ikut berubah. Konsumen sekarang menjadi semakin cermat dan jeli dalam membeli barang. Mereka bisa mencari tahu dengan detail mengenai suatu produk lewat berbagai platform. 

Perilaku konsumen ini jelas berpengaruh pada bisnis khususnya bisnis online. Untuk bisa mengimbangi hal ini, bisnis harus bisa menerapkan berbagai strategi yang berbeda juga, salah satunya dengan menerapkan pendekatan omnichannel dalam berbisnis. 

Apa itu omnichannel? Omnichannel merupakan model atau sistem bisnis yang melibatkan beberapa channel penjualan yang saling berhubungan. Tujuannya tak lain adalah untuk meningkatkan pengalaman belanja pelanggan. 

Misalnya, konsumen bisa mengakses katalog produkmu melalui website toko online, kemudian melakukan pemesanan melalui Whatsapp atau marketplace. Atau saat pelanggan mengunjungi web jualan online-mu, pelanggan bisa tahu informasi produk secara menyeluruh seperti sisa stok di tiap platform pembelian. 

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Tokomu di Marketplace

Artinya, informasi produk dan bahkan data pelanggan terkumpul di satu tempat sehingga bisa diselaraskan di masing-masing channel. Dengan menerapkan omnichannel, pelanggan bisa mengeksplor toko online-mu dari channel manapun dan mendapatkan pengalaman berbelanja yang mulus dan efisien di tiap channel-nya karena tiap platform saling terintegrasi. 

Manfaat

Salah satu manfaat utama dari menerapkan pendekatan omnichannel adalah pelanggan bisa berbelanja dengan lebih nyaman karena mereka bisa mengakses produk dari mana saja. Mereka tidak perlu terpaku pada satu platform untuk bisa membeli produkmu. 

Saat pelanggan bisa berinteraksi dengan lebih mudah dengan bisnismu, mereka pun jadi lebih puas dan tidak ragu untuk kembali berbelanja. Pelanggan juga akan merasa bahwa kamu sebagai pebisnis peduli terhadap pengalaman mereka dengan menjaga tiap channel tetap konsisten. Dengan demikian, kamu pun bisa membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. 

Tidak hanya untuk pelanggan saja, menerapkan sistem omnichannel juga akan memudahkan kamu untuk menganalisis penjualan dan perkembangan bisnis. Kamu tidak perlu memeriksa satu-satu channel untuk melacak penjualanmu karena datanya sudah terkumpul menjadi satu. Karena tiap tim bisa mengakses informasi dan data yang sama, produktivitas dan efisiensi bisnis pun bisa meningkat. 

Platform yang Bisa Digunakan

Untuk mengoptimalkan penjualan bisnis online-mu, kamu bisa mengintegrasikan beberapa channel yang kamu gunakan untuk berjualan maupun melayani pelanggan. Berikut beberapa platform yang umumnya digunakan dalam pendekatan omnichannel:

Website Toko Online

Salah satu platform yang bisa kamu gunakan untuk berjualan adalah web jualan online. Dengan memiliki situs sendiri, bisnismu jadi terlihat lebih profesional dan terpercaya. Orang pun akan lebih mudah menemukan produkmu saat mereka mencarinya di mesin pencari. 

Pada website toko online, tambahkan fitur-fitur yang dapat membantu pelanggan seperti metode pembayaran yang beragam, kontak CS yang terhubung dengan Whatsapp, dan link ke akun media sosial bisnismu sehingga semuanya saling berhubungan. 

Marketplace

Selain di website toko online, kamu juga bisa berjualan di marketplace untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Apalagi saat ini semakin banyak orang yang mengandalkan marketplace untuk mencari dan membeli barang.  Agar saling mendukung, kamu bisa mempromosikan toko web-mu di lapak marketplace. Sebaliknya, kamu bisa menghubungkan halaman lapak marketplace-mu dengan web jualan online.

Kalau kamu berjualan di beberapa marketplace, memantau dan mengatur penjualan bisa menjadi tantangan. Agar tidak pusing dan malah merepotkan, kamu bisa gunakan layanan manajemen e-commerce seperti Connexi untuk mengintegrasikan tiap marketplace maupun web jualan online-mu sehingga kamu bisa memeriksa stok, melacak pemesanan, hingga mengakses data pelanggan secara mudah. 

Whatsapp

Terkadang, calon pembeli memiliki beberapa pertanyaan saat menjelajahi katalog produk. Ada juga pelanggan yang lebih nyaman dan percaya jika memesan secara langsung melalui chat. Untuk memfasilitasi ini, kamu bisa menambahkan platform berjualan lain yaitu Whatsapp. 

Jadi, Whatsapp bukan saja digunakan untuk melayani pelanggan tetapi juga untuk memberikan informasi maupun mempermudah proses transaksi. Dengan demikian, pelanggan tidak merasa direpotkan saat ingin memesan suatu produk. 

Untuk menerapkan pendekatan omnichannel, kamu bisa mengintegrasikan Whatsapp bisnismu dengan katalog dan inventori produk melalui SIRCLO Chat. Lewat dashboard chat, kamu bisa mendata tiap penjualan dengan rapi dan tidak perlu merekap stok barang secara manual. Ini juga memudahkan kamu saat berkomunikasi dengan pelanggan karena kamu bisa mengakses produk dengan mudah dan memproses pembelian dengan efisien. 

Baca juga: Terapkan Cara-Cara Ini Agar Lapak Marketplace-mu Ramai Pengunjung!

Dari penjelasan di atas, terlihat jelas bahwa web jualan online merupakan platform yang esensial dalam menjalankan bisnis dengan pendekatan omnichannel. Untuk memudahkan kamu maupun pelanggan, buat toko online yang memungkinkan kamu untuk menghubungkannya dengan channel berjualan lain yang kamu gunakan. Kamu bisa menggunakan jasa pembuatan ecommerce agar penjualan di tiap platform bisa optimal. Dengan demikian, pelanggan memiliki pengalaman berbelanja yang menyenangkan dan kamu pun bisa sukses jualan online. 

Kami mengerti bahwa kesuksesan bisnis online Anda adalah yang paling utama.

Mulai kisah sukses Anda sekarang juga!