Blog

Pebisnis Milenial, Manfaatkan 4 Layanan Digital Ini untuk Kembangkan Bisnismu!

Dalam berbisnis, kita harus bisa beradaptasi dengan berbagai perubahan, termasuk juga perkembangan teknologi. Dalam hal ini, pebisnis milenial bisa dibilang diuntungkan karena sudah terbiasa menggunakan teknologi dalam aktivitas sehari-hari.

Dari segi bisnis, teknologi memungkinkan kita untuk berbisnis dengan lebih produktif, efisien, dan efektif. Selain itu, teknologi juga dapat membantu kita meningkatkan kualitas pelayanan. Saat ini ada begitu banyak teknologi yang dapat membantu para pebisnis, di antaranya adalah 4 jenis layanan digital berikut. 

Baca juga: 7 Peluang Bisnis Menjanjikan untuk Kaum Milenial di 2020

Operasional & Manajemen

Dalam berbisnis, apalagi untuk bisnis yang sudah semakin berkembang, tidak mungkin kita melakukan semuanya sendiri. Tentu ada saatnya kita harus mendelegasikan tugas ke beberapa karyawan atau tim untuk menangani sejumlah proyek. 

Memantau tiap karyawan dan memastikan proyek berjalan dengan lancar bisa begitu memakan waktu jika dilakukan secara manual. Agar lebih efisien, kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi berikut: 

  • Trello: Lewat aplikasi ini, kamu bisa membuat to-do list, mengatur deadline, dan melacak progres pekerjaanmu. Selain itu, kamu juga bisa membuat grup dengan rekan kerja atau karyawanmu sehingga memudahkan kamu untuk melihat perkembangan masing-masing. 
  • Slack: Slack merupakan aplikasi chatting yang dapat mendukung komunikasi dalam tim. Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah kamu bisa membagi grup chat ke dalam beberapa channel sehingga tiap tim bisa mempunyai grup sendiri sekaligus tetap menerima update grup besar. Slack dapat terhubung melalui smartphone maupun PC.
  • G Suite: Software buatan Google yang bertujuan untuk mendukung produktivitas bisnis. G Suite menggabungkan beberapa fitur Google seperti Google Drive, Gmail, Hangouts, Calendar, dan sebagainya. 

Akuntansi

Pusing membuat laporan keuangan? Untungnya saat ini sudah ada banyak aplikasi akuntansi yang bisa membantu kita untuk melacak arus kas keluar masuk dan bahkan menganalisis data. Berikut beberapa aplikasinya: 

  • Jurnal: Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk melakukan banyak hal terkait pembukuan, mulai dari mengirim faktur, melacak pengeluaran, menjadwalkan transaksi berulang, hingga mengakses neraca keuangan serta laporan laba rugi. Laporannya juga bisa diakses melalui smartphone. Aplikasi lain yang juga memiliki fitur serupa adalah Quickbooks. 
  • Google Spreadsheets: Jika kamu ingin menghemat pengeluaran, kamu bisa menggunakan Google Spreadsheets. Tools gratis milik Google ini memungkinkan kamu untuk membuat laporan keuangan sesuai yang kamu perlukan dengan sederhana. 

Desain Grafis

Saat ini, tampilan visual juga sangat penting untuk diperhatikan. Dengan visual yang menarik, kamu bisa menggaet lebih banyak konsumen. Tidak perlu khawatir jika kamu tidak bisa desain karena saat ini ada beberapa tools yang dapat membantumu membuat desain dengan praktis.

  • Canva: Layanan ini memudahkan kamu untuk membuat desain lewat berbagai template yang sudah tersedia. Template yang ada pun sudah dikategorikan berdasarkan format dan ada juga yang berdasarkan tema. Kamu bisa mengaksesnya melalui PC maupun smartphone.
  • Freepik: Jika kamu membutuhkan icon atau foto untuk keperluan bisnis, misalnya untuk branding, jangan sembarangan ambil foto dari mesin pencari ya. Kamu bisa mencarinya di Freepik yang menawarkan stok foto gratis maupun berbayar. 

Marketing

Strategi digital marketing merupakan bagian penting dari menjalankan bisnis agar bisa bersaing dengan bisnis-bisnis lainnya. Lewat digital marketing, kamu bisa menggaet lebih banyak orang dengan biaya yang lebih murah. Agar berhasil, kamu perlu memanfaatkan beberapa tools, di antaranya: 

  • Media sosial: Hampir semua bisnis memiliki setidaknya satu akun media sosial. Kamu tidak perlu menggunakan semua media sosial. Cukup pilih saja beberapa platform yang memang banyak digunakan oleh target konsumenmu. Saat ini, banyak platform media sosial yang juga sudah menyediakan fitur analytics, insights, dan ads
  • Hootsuite: Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk menjadwalkan konten di media sosial. Selain itu, kamu juga bisa meninjau kata kunci-kata kunci tertentu yang berkaitan dengan brand kamu sehingga kamu tidak ketinggalan info-info terbaru. 
  • Email Marketing: Email marketing ternyata penting lho untuk menarik konsumen untuk mengunjungi website toko online-mu, meningkatkan penjualan, serta menjaga hubungan dengan pelanggan. Lewat platform email marketing, kamu bisa berkomunikasi kepada pelanggan maupun calon pembeli dengan lebih personal.

Menggapai Pelanggan dan Mengelola Toko

Sebagai pebisnis, tentu kita ingin agar bisnis kita semakin dikenal oleh banyak orang sehingga penjualan juga bisa meningkat. Agar bisa mencapai lebih banyak lagi konsumen, kamu bisa menggunakan beberapa teknologi berikut:

  • Google My Business: Fitur gratis ini bisa kamu gunakan untuk menunjukkan kehadiran online bisnismu. Kamu bisa menambahkan alamat, kontak, serta web jualan online kamu di sini sehingga orang bisa dengan mudah menemukan bisnismu.
  • Connexi: Berjualan di beberapa platform marketplace sekaligus terkadang membuat kita bingung mengatur pembelian maupun stok barang. Kamu bisa menggunakan Connexi untuk mengintegrasikan seluruh platform tersebut. Lewat layanan ini, kamu bisa meng-update produk dan stok serta melacak pesanan dan pengiriman. 
  • SIRCLO Chat: Membalas chat dan pertanyaan dari konsumen satu per satu bisa sangat memakan waktu. Dengan SIRCLO Chat yang terhubung dengan Whatsapp Business API, kamu bisa mengakses katalog produk dan mengirim notifikasi otomatis ke pelanggan. 
  • SIRCLO Store: Mau bisnismu terlebih lebih profesional dan terpercaya? Buat website toko online! Sekarang kamu bisa lho membuat web jualan online yang berkualitas dengan mudah dan terjangkau yaitu lewat SIRCLO Store.

Baca juga: 7 Perbedaan antara Pebisnis Milenial dengan Generasi Sebelumnya

Dengan memanfaatkan berbagai teknologi dan aplikasi yang ada, waktumu jadi tidak terbuang untuk berbagai hal yang bisa dikerjakan dengan lebih efisien. Akhirnya produktivitas bisa meningkat dan kamu jadi bisa fokus mengembangkan usahamu! 

Kami mengerti bahwa kesuksesan bisnis online Anda adalah yang paling utama.

Mulai kisah sukses Anda sekarang juga!