Blog

Pedoman Flash Sale saat Harbolnas untuk Pebisnis Online

Ketatnya persaingan dalam bisnis online membuat banyak marketplace, bisnis, maupun brand mencoba berbagai cara menjaring customer. Biasanya untuk meningkatkan efektivitas promo, banyak bisnis yang mengadakan flash sale.

Flash sale merupakan jenis promo dimana bisnis menjual barang tertentu dengan harga yang jauh lebih murah dengan waktu yang singkat dan terbatas. Promo ini merupakan salah satu strategi yang efektif untuk meningkatkan penjualan karena mendorong rasa urgency dari customer

Makanya tak heran banyak bisnis dan marketplace yang mengadakan promo flash sale, umumnya di hari-hari tertentu seperti Harbolnas atau bahkan secara rutin. Namun sebelum melakukan flash sale, sebaiknya persiapkan dulu dengan melakukan beberapa tips berikut. 

Baca juga: 7 Tips Membuat Promo yang Lebih Menarik & Efektif untuk UMKM

Promosikan Flash Sale

Sebarkan informasi atau teaser mengenai flash sale di berbagai channel penjualanmu mulai dari media sosial, website toko online, hingga aplikasi chat. Cantumkan informasi yang lengkap seperti tanggal, jam, dan di channel apa flash sale akan diadakan. Lakukan promosi secara berkala untuk mengingatkan calon pembelimu. 

Pilih Momen yang Tepat

Adakan flash sale pada momen yang tepat, misalnya momen-momen spesial seperti Harbolnas, momen gajian, atau hari raya seperti Lebaran dan Natal. Pasalnya customer cenderung untuk berbelanja lebih banyak pada momen-momen spesial ini. Pilih juga jam dimana customer paling aktif. Kamu bisa mencari tahu ini melalui insights atau analytics pada media sosial atau platform lainnya. 

Beri Batasan Waktu yang Singkat

Agar customer takut kehabisan barang dan akhirnya terdorong untuk melakukan pembelian sesegera mungkin, beri batasan waktu yang singkat. Biasanya marketplace ataupun bisnis lainnya mengadakan flash sale sekitar 2-3 jam saja. Apabila mungkin, ingatkan customer untuk menyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan. 

Pilih Produk yang Banyak Dicari

Sebelum mengadakan flash sale, tentukan dulu produk-produk yang akan kamu sertakan dalam flash sale. Pilih produk-produk yang favorit atau banyak dicari oleh customer ataupun produk baru agar customer semakin tertarik untuk membeli. 

Siapkan Stok Produk

Setelah menentukan produk, siapkan stok produk. Analisis berdasarkan penjualan atau flash sale sebelumnya, kira-kira berapa jumlah pembelian atas produk tersebut untuk mengetahui berapa jumlah stok yang perlu disiapkan. Selain produk, jangan lupa juga untuk siapkan kemasan sehingga saat flash sale selesai kamu bisa langsung menyelesaikan transaksi dan mengirimkan barang. 

Hitung Margin Keuntungan 

Namanya flash sale, jelas customer mencari produk dengan harga yang lebih murah. Maka itu, tetapkan harga yang kompetitif agar bisa bersaing dengan bisnis atau toko online lainnya. Namun, jangan juga sembarangan mematok harga tanpa menghitung margin. Pastikan kamu tetap bisa mendapatkan keuntungan yang optimal walaupun memberikan promo.

Baca juga: SIRCLO Dukung UMKM dan Brand Lokal melalui Program #MulaiSekarang

Flash sale merupakan kesempatan bagi pebisnis untuk memaksimalkan keuntungan. Dengan perencanaan dan strategi yang tepat, flash sale bisa berjalan dengan lancar bahkan membantu bisnismu menjangkau customer baru. Kamu bisa melakukan flash sale dengan platform berjualan online pilihanmu: di website toko online maupun marketplace! Sekarang kamu bisa mendapatkan solusi teknologi yang terjangkau, sesuai dengan budgetmu. Kunjungi laman #MulaiSekarang dan dapatkan penawaran terbaik dari SIRCLO!

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!