Blog

Pelanggan Ragu Belanja Produkmu? Yakinkan dengan 7 Cara Ini!

Dalam menjalankan bisnis sangat penting untuk bisa meyakinkan konsumen untuk membeli produk yang dijual. Namun, terkadang ada juga konsumen yang ragu untuk membeli. Biasanya hal ini dikarenakan calon pembeli tidak familiar dengan produk atau produk memiliki banyak kompetitor sehingga konsumen memiliki banyak pertimbangan. Apalagi jika produk dijual secara online dimana konsumen tidak bisa melihat barang secara langsung.

Baca juga: 5 Cara Menjaga Loyalitas Konsumen Selama Pandemi

Maka itu, pebisnis tidak bisa asal-asalan menawarkan produk. Apabila banyak konsumen ragu untuk membeli produk yang dijual, tidak selalu berarti produk kurang menarik. Bisa jadi ada informasi yang kurang jelas atau strategi yang kurang tepat sehingga mereka ragu. Terapkan 7 cara berikut untuk meyakinkan konsumen agar membeli produkmu.

Tunjukkan Manfaat Produk

Berikan informasi kepada target konsumen mengenai manfaat apa yang bisa mereka dapatkan atau masalah apa yang bisa diselesaikan dengan membeli produk yang kamu jual. Artinya kamu harus paham terlebih dahulu mengenai apa yang dibutuhkan oleh target konsumen dan kaitannya dengan produk yang kamu jual. 

Misalnya kamu melihat bahwa salah satu pertimbangan banyak orang saat membeli gadget adalah tahan lama baterai. Saat menawarkan produk gadget yang kamu jual, kamu bisa menyebutkan bahwa produk yang kamu jual baterainya lebih awet. Hal ini juga bisa menjadi keunggulan produkmu dibanding kompetitor. Apabila konsumen merasa butuh, mereka pun akan lebih yakin untuk membeli produk tersebut. 

Hindari Istilah Rumit

Istilah yang terlalu kompleks akan membuat konsumen bingung dan akhirnya enggan untuk mempelajari produk lebih lanjut. Maka itu sebaiknya gunakan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti saat menjelaskan kepada konsumen. 

Misalnya alih-alih menyebut smartphone yang dijual memiliki kapasitas 4000 mAh, kamu bisa menyebutkan bahwa smartphone tersebut memiliki daya tahan hingga 30 jam. Apabila konsumen mengerti tentang produk yang kamu tawarkan, kamu pun akan lebih mudah untuk meyakinkan mereka agar membeli produk tersebut. 

Cantumkan Informasi yang Jelas

Jangan lupa juga untuk mencantumkan informasi mengenai bisnismu dengan jelas terutama jika kamu berjualan di marketplace atau social commerce. Sertakan nama, deskripsi, kontak yang bisa dihubungi, akun media sosial, hingga jam operasional. Begitu pula dengan informasi produk mulai dari spesifikasi, tipe, dan sebagainya. Jika perlu, kamu juga bisa menambahkan informasi mengenai regulasi pengembalian barang.

Informasi yang tidak lengkap bisa membuat konsumen menjadi ragu dengan kredibilitas bisnismu dan akhirnya batal melakukan transaksi. Maka itu pastikan seluruh informasi sudah lengkap agar bisnis pun terlihat lebih kredibel.

Tunjukkan Testimoni 

Konsumen akan lebih yakin untuk membeli suatu produk apabila sudah ada konsumen lain yang membeli produk yang ingin mereka beli. Maka itu, kamu bisa menunjukkan rating dan testimoni dari pembeli sebelumnya baik pada website toko online, lapak di marketplace, maupun di media sosial.

Kamu juga bisa bekerja sama dengan influencer dengan mengirimkan produkmu dan meminta mereka me-review produk tersebut. Dengan melihat pengalaman positif dari pembeli lain, kamu bisa mengurangi rasa ragu konsumen untuk membeli produk yang dijual.

Terus Terhubung dengan Konsumen

Terkadang konsumen tertarik untuk membeli tetapi karena alasan tertentu maka tidak bisa melakukan pembelian di saat itu juga. Agar produk dan brand tetap diingat oleh konsumen, maka usahakan untuk tetap terhubung dengan mereka salah satunya dengan menggunakan aplikasi pesan instan seperti Whatsapp Business API.

Misalnya kamu bisa mengirimkan pesan otomatis mengenai keluaran produk terbaru atau promo yang sedang berlangsung ke seluruh konsumen dengan menggunakan chat commerce. Selain itu, kamu juga bisa membalas pertanyaan konsumen terkait produk dengan kembali menanyakan tipe produk yang mereka inginkan. Misalnya jika konsumen tertarik dengan produk kemeja, kamu bisa menanyakan warna kemeja yang mereka inginkan. 

Update Stok Secara Berkala

Minimnya stok yang tersedia atau restock barang yang lama bisa membuat konsumen ragu atau malah lupa dengan produk tersebut. Usahakan untuk tidak membuat konsumen menunggu lama saat mereka sudah tertarik untuk membeli produk. Apabila produk yang mereka inginkan sedang habis, kamu bisa menginformasikan mengenai kapan produk tersebut kembali tersedia.

Melalui dasbor pada chat commerce SIRCLO Chat, kamu bisa sekaligus meng-update inventori dan katalog produk sehingga memudahkan kamu untuk berkomunikasi dan memberikan informasi kepada pelanggan terkait ketersediaan barang. 

Berikan Respons yang Cepat dan Tepat

Kecepatan respons menjadi salah satu pertimbangan utama konsumen dalam membeli barang. Apabila kamu tidak dapat memberikan pelayanan yang cepat, bisa-bisa konsumen lari ke kompetitor. Namun terkadang banyaknya chat yang masuk dari konsumen membuat pebisnis kesulitan untuk melayani tiap pertanyaan yang masuk.

Dasbor SIRCLO Chat yang dapat diakses oleh banyak admin memungkinkan kamu untuk melayani pelanggan dengan lebih efisien. Bukan hanya cepat saja, kamu juga harus bisa memastikan bahwa jawaban yang kamu berikan sopan dan menjawab pertanyaan konsumen sehingga sehingga konsumen merasa dilayani dengan baik.

Update Proses Transaksi dan Pengiriman

Setelah konsumen melakukan transaksi, berikan update mengenai status pembayaran dan konfirmasi pengiriman produk yang telah mereka pesan. Selain membantu mengingatkan pelanggan, ini juga merupakan cara membangun kepercayaan dan hubungan jangka panjang dengan konsumen. Dengan memberikan update, konsumen akan lebih tenang saat menunggu barang dan merasa dipedulikan. 

Baca juga: Ini Praktisnya Berbelanja dengan Chat Commerce

Fitur SIRCLO Chat memungkinkan kamu untuk memberikan update kepada konsumen lewat notifikasi secara otomatis sehingga kamu tidak perlu menginfokan satu per satu konsumen yang telah melakukan transaksi. Melalui berbagai fitur SIRCLO Chat, bisnis jadi lebih mudah untuk membangun hubungan yang personal dengan konsumen. Jika konsumen puas, reputasi bisnismu pun dapat meningkat dan membuat calon pembeli lain menjadi lebih yakin untuk bertransaksi. 

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!