Blog

Pentingnya Size Chart Untuk Semua Jenis Bisnis Toko Online

Salah satu hal yang membuat kebanyakan orang enggan untuk membeli barang di toko online adalah kekhawatiran ukuran barang yang dibeli nantinya tidak sesuai dengan kebutuhan. Karena itu untuk meyakinkan dan menghindari kekecewaan calon pembeli, sebaiknya setiap website toko online yang menjual produk memajang size chart atau tabel ukuran.

Apakah webstore atau toko online kamu sudah menyediakan size chart atau tabel ukuran? Kalau belum, coba lihat alasan dan tips bisnis online dibawah ini, supaya kamu tahu kenapa size chart penting untuk semua jenis bisnis online.

  • Meskipun memiliki tanda umum yang sama, seperti S, M, L, XL, tetapi biasanya setiap pabrikan memiliki ukuran detail yang berbeda, tergantung dengan pola dan model.
  • Perbedaan juga terjadi pada produk yang dibuat untuk pasar regional tertentu, contohnya ukuran M di Amerika Serikat bisa jadi setara dengan ukuran L atau XL di Indonesia. Standar pengukuran yang berbeda menjadi penyebab masalah ini.
  • Untuk membandingkan standar ukuran dari berbagai negara. Contohnya terdapat standar ukuran sepatu yang berbeda di Amerika Serikat, Inggris, Jepang, Australia, dan beberapa negara lain.
  • Agar calon pembeli bisa mengukur dan memperkirakan apakah produk yang akan dibeli sesuai dengan kebutuhan. Hal ini akan membuat calon pembeli lebih yakin untuk bertransaksi di toko online dan mengurangi tingkat retur barang.

Cara yang paling efektif untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menambahkan ukuran dimensi dalam hitungan sentimeter, sesuai dengan standar pengukuran yang dipakai di Indonesia, pada size chart atau tabel ukuran. Dengan ini setiap ukuran bisa diperkirakan secara akurat tanpa perlu melihat barang asli.

Bukan hanya bisnis jual baju online atau jual sepatu online saja yang perlu size chart ini, tetapi juga hampir semua jenis bisnis online lain. Ini contohnya:

1. Bisnis Percetakan Online

Amerika Serikat dan Kanada memiliki standar pengukuran dan penamaan kertas yang berbeda, contohnya Kuarto ( 8 x 10 inchi), Eksekutif ( 7 ¼ x 10 ½ Inchi), atau Legal ( 8 ½ x 14 Inchi). Sedangkan di Eropa dan semua negara lain di dunia, yang digunakan adalah ukuran kertas internasional seperti yang kita tahu sehari-hari, contohnya: A3 ( 297 x 420 mm), A4 ( 210 x 297 mm), atau A0 ( 841 x 1189 mm).

Terbayang kan kalau bisnis percetakan online hanya menampilkan nama kertas tanpa ukurannya? Akan lebih baik lagi kalau ditambah dengan ketebalan kertas yang biasanya diukur dengan berat dalam gram.

2. Bisnis Kuliner Online

Agar calon pembeli tahu persis seberapa besar porsi yang dipesan, lebih baik cantumkan size chart atau tabel ukuran untuk wadah makanan yang dipakai.

  • Untuk minuman: Tall = 12 oz. = 340 ml atau Grande = 16 oz. = 454 ml. Dengan menampilkan ukuran cup seperti ini, bisa diketahui persis berapa banyak isi minuman.
  • Untuk makanan: Jelaskan ukuran tinggi, lebar, atau diameter wadah. Bisa juga ditambahkan berat makanan agar lebih akurat.

3. Bisnis Furniture atau Dekorasi Online

Dalam bisnis furniture atau dekorasi rumah toko online, ukuran penting sekali agar calon pembeli bisa menyesuaikan dengan ukuran dan kebutuhan ruangan mereka. Berikan size chart berisi dimensi detail setiap produk di webstore untuk memudahkan calon pembeli dan keperluan teknis pengiriman barang.

4. Bisnis Penyewaan Gedung atau Ruangan Online

Untuk mempermudah calon penyewa mempertimbangkan penataan dan berbagai hal lain yang diperlukan untuk keperluannya , sebaiknya tampilkan ukuran ruangan atau gedung secara detail. Lengkapi dengan ukuran dan jumlah jendela, pintu, dan detail lain yang mungkin akan diperlukan untuk meyakinkan calon penyewa.

Tampilkan size chart atau tabel ukuran yang jelas di toko online atau website e-commerce kamu untuk memberikan kenyamanan bagi kamu sebagai penjual dan calon pembeli. Jangan hancurkan reputasi bisnis online kamu karena kesalahpahaman atau kekecewaan akibat tidak menampilkan ukuran yang jelas di webstore atau toko online kamu. Pastikan jasa pembuatan website toko online yang kamu pakai bisa mengakomodasi kebutuhan ini!

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!