Blog

Perkembangan Chat Commerce di Indonesia dan Efektivitasnya untuk Bisnis

Platform pesan instan saat ini banyak digunakan oleh pelaku bisnis untuk berjualan. Apalagi penetrasi internet dan media sosial terus meningkat setiap tahunnya sehingga jumlah pengguna aplikasi pesan instan pun terus meningkat tiap tahunnya. 

Berdasarkan platformnya, Whatsapp dan Instagram merupakan dua platform yang paling banyak digunakan untuk berjualan online. Hal ini tak lain dikarenakan kedua media sosial tersebut memiliki jumlah pengguna yang besar. Menurut Gatra, 83% dari total 171 juta pengguna internet di Indonesia menggunakan Whatsapp setiap harinya. 

Baca juga: Disebut sebagai Teknologi Terobosan di 2019, Bagaimana Perkembangan Chat Commerce Sekarang?

Interaksi antara penjual dan pembeli via chat atau messaging untuk melakukan transaksi disebut chat commerce. Chat commerce ini penting untuk mendorong penjualan bisnis karena interaksi langsung dengan calon pembeli dapat meningkatkan kepercayaan mereka. Menurut survei Facebook dan BCG, 94% konsumen Indonesia akan lebih yakin untuk membeli suatu produk apabila penjual responsif terhadap chat.

Hal ini menunjukkan betapa pentingnya chat commerce dalam menjalankan bisnis. Biasanya konsumen menghubungi penjual via chat untuk menanyakan informasi produk dan harga, melakukan penyesuaian produk, menawar harga, dan membangun kepercayaan. Jadi ada banyak proses pembelian di dalamnya mulai dari mencari informasi, melakukan evaluasi, hingga transaksi dilakukan.

Kondisi Chat Commerce di Indonesia

Pemanfaatan aplikasi pesan instan pun tidak hanya dilakukan oleh bisnis kecil tetapi juga oleh brand ritel besar untuk beradaptasi di tengah pandemi. Contohnya saja, perusahaan FMCG Unilever yang memungkinkan konsumen untuk melakukan pembelian secara langsung melalui Facebook dan Whatsapp. 

Banyaknya perusahaan besar dari berbagai industri mulai dari bank, otomotif, teknologi, dan FMCG yang sudah mulai mengadaptasi teknologi chatbot juga menunjukkan bahwa platform pesan instan merupakan masa depan dari interaksi antara penjual dan pembeli yang lancar. Melihat perkembangan platform media sosial dan pesan instan untuk bisnis yang pesat ini, Whatsapp sebagai platform messaging terbesar di Indonesia pun meluncurkan fitur WhatsApp Business dan sistem Whatsapp Business API untuk mendukung pertumbuhan ini.

WhatsApp Business API, misalnya, diadopsi oleh SIRCLO Chat untuk memfasilitasi pelaku bisnis berjualan online di WhatsApp; memungkinkan penggunanya untuk mengatur automated message, transaksi langsung di WhatsApp, hingga sinkronisasi inventori antara toko online dengan platform pesan instan. 

Meningkatkan Efektivitas Bisnis

Penggunaan aplikasi media sosial dan pesan instan untuk berjualan sebetulnya bukanlah hal yang baru. Sebelum muncul marketplace, BBM (Blackberry Messenger) banyak digunakan untuk menawarkan dan menjual produk. Aktivitas jual beli melalui BBM ini pun juga dilakukan salah satu toko merchandise musik Rock Nation.

Rock Nation sudah melewati berbagai tren platform penjualan sejak pertama kali berdiri. Awalnya, penjualan dilakukan melalui SMS. Kemudian pada tahun 2010, penjualan dilanjutkan melalui Blackberry Messenger. Setelah itu, penjualan online-nya dilakukan melalui website e-commerce dengan fitur chat di dalamnya. Hal ini dikarenakan 70% konsumen Rock Nation memesan produk melalui chat

4 tahun lalu, Rock Nation pun memanfaatkan Whatsapp Business untuk memantau pemesanan dan mendukung layanan pelanggan secara efektif sehingga dapat mempertahankan hubungan dengan konsumen dalam jangka panjang. Pada awal tahun ini, Rock Nation mengoptimalkan interaksi dengan konsumen mereka melalui SIRCLO Chat yang terintegrasi dengan Whatsapp Business API. Dengan dukungan fitur-fitur SIRCLO Chat, Rock Nation dapat menghemat biaya operasional sekaligus meningkatkan produktivitas dan efisiensi. 

Baca juga: SIRCLO Hadirkan Inovasi Chat Commerce untuk Brands yang Berjualan melalui WhatsApp

Melalui integrasi SIRCLO Chat dengan Whatsapp Business API, brand dapat mengirimkan katalog produk dan pesan otomatis kepada pembeli mengenai status pembelian mereka sehingga konsumen pun merasa tenang saat melakukan transaksi. Dengan cara ini, brand mampu memberikan pengalaman yang lebih responsif dan menyenangkan bagi konsumen serta menjalankan bisnisnya secara efektif.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!