Blog

Pertumbuhan Transaksi E-commerce Selama PPKM Darurat Meningkat Pesat

Diberlakukannya PPKM darurat membuat penjualan online bukan lagi sebagai channel alternatif untuk berbelanja melainkan kebutuhan. Alhasil jumlah transaksi di e-commerce pun meningkat pesat. Platform belanja online seperti website dan marketplace menjadi alternatif bagi banyak orang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka dari rumah.

Berikut sejumlah poin terkait pertumbuhan transaksi di e-commerce yang dapat menjadi insights bagi pelaku bisnis online: 

Kategori yang Banyak Dibeli

Berdasarkan data penjualan Tokopedia, beberapa kategori produk yang banyak diincar di antaranya adalah makanan dan minuman, buku, perawatan tubuh, dan gaming. Hal ini salah satunya dikarenakan banyak orang menghabiskan waktu di rumah sehingga akhirnya mencari beragam kegiatan yang dapat mengisi waktu luang mereka selama di rumah.

Sementara itu jika dilihat dari lokasinya, beberapa wilayah yang mengalami peningkatan transaksi selama PPKM darurat adalah Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Papua, dan Papua Barat. 

Peningkatan berdasarkan kategori ini dapat dimanfaatkan pebisnis sebagai peluang untuk meningkatkan penjualan, khususnya bagi pebisnis yang menjual kategori produk yang banyak dicari, misalnya dengan menawarkan promo atau paket bundling. Selain itu, pebisnis juga bisa memberikan potongan ongkir untuk mendorong transaksi.

Baca juga: 5 Tips Menjaga Pengeluaran Bisnis Selama PPKM Darurat

Pengiriman Barang Turut Meningkat

Meningkatnya transaksi e-commerce pun ikut mempengaruhi tingkat kebutuhan logistik. Banyaknya masyarakat yang berbelanja online membuat permintaan jasa pengiriman ikut meningkat. Hal ini pun harus diantisipasi oleh pebisnis online. Pelaku usaha harus bisa memenuhi kebutuhan konsumen dan pelanggannya secara efisien, termasuk juga dari segi keamanan dan kecepatan pengiriman barang.

Diperlukannya Pengalaman Belanja yang Nyaman

PPKM darurat membuat banyak orang beralih ke platform penjualan online, termasuk mereka yang sebelumnya jarang atau bahkan tidak pernah berbelanja online. Maka itu, pelaku bisnis harus bisa menyediakan pengalaman berbelanja yang mudah dan nyaman mulai dari saat konsumen pertama kali menemukan bisnis atau produkmu sampai mereka akhirnya menerima produk yang dibeli.

Pelaku bisnis dapat memberikan konsumen pengalaman belanja yang menyenangkan misalnya dengan menyediakan layanan pembayaran dan pengiriman yang beragam. Selain itu, pebisnis juga bisa mengintegrasikan berbagai channel penjualan online yang dimiliki sehingga mempermudah akses konsumen.

Melihat poin-poin di atas, penting bagi pebisnis ritel untuk bisa beradaptasi dengan penjualan digital ini. Pelaku bisnis ritel bisa masuk ke jalur distribusi online salah satunya melalui SIRCLO Commerce. Sebagai penyedia solusi channel management, SIRCLO Commerce memungkinkan pelaku bisnis untuk tidak hanya berjualan online dan mensinkronisasikan penjualan di marketplace, tetapi juga menyediakan layanan secara end-to-end

Baca juga: Tips Jalankan Bisnis Ritel Selama PPKM Darurat

Layanan ini dapat membantu pebisnis dapat memasarkan produk, memproses transaksi dan pengiriman, mengelola gudang, hingga melayani pelanggan lewat customer service. Bahkan pebisnis bisa memantau transaksi dan laporan penjualan setiap marketplace dengan mudah dan terperinci. Alhasil, pebisnis ritel dapat memberikan pelayanan yang memuaskan bagi pelanggan dan mendongkrak penjualan online.

SIRCLO Commerce, bisa bantu kamu kembangkan platform penjualanmu secara end to end sehingga kamu dapat menjangkau lebih banyak pelanggan secara efisien. Untuk Informasi lebih banyak tentang SIRCLO Commerce klik di sini.

Tentang SIRCLO

Dimulai pada tahun 2013, SIRCLO adalah perusahaan solusi e-commerce terdepan di Indonesia yang membantu brands berjualan online. SIRCLO menawarkan solusi yang terbagi menjadi 2 kategori utama, yaitu solusi entrepreneur dan enterprise. Pada kategori entrepreneur, SIRCLO menawarkan platform pengelolaan toko online UMKM untuk berjualan di 3 platform yang berbeda (website, marketplace, chat commerce), yaitu SIRCLO Store. Pada kategori enterprise, SIRCLO menawarkan layanan e-commerce enabler secara end-to-end melalui SIRCLO Commerce dan solusi pengembangan teknologi omnichannel melalui ICUBE by SIRCLO.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!