Blog

Promosi Bisnis di TikTok? Cari Tahu Dulu Cara Kerja Algoritma TikTok di 2021

Relatif baru dibandingkan Instagram atau Facebook, TikTok kini menjadi media sosial dengan pertumbuhan yang paling pesat. Tak sedikit tren dan konten yang viral saat ini berasal dari TikTok. Bahkan Indonesia menjadi negara yang paling banyak mengunduh aplikasi TikTok. 

Melihat pertumbuhan yang pesat ini brand pun ikut masuk ke dalam platform ini untuk mempromosikan produk atau jasanya. Namun untuk bisa memanfaatkan TikTok dengan optimal, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu cara kerja algoritmanya sehingga engagement kontenmu bisa meningkat. 

Baca juga: Tipe Content Marketing yang Efektif untuk Brand di 2021

Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi rekomendasi video pada ‘For You Page’ TikTok. 

Interaksi

Seperti algoritma Instagram, algoritma TikTok juga bekerja berdasarkan interaksi penggunanya. Jika pengguna sering berinteraksi dengan akun-akun tertentu, maka dia akan lebih cenderung untuk melihat konten dari akun-akun tersebut.

Cara kerja TikTok adalah pertama setelah video diunggah, algoritma akan membagikannya ke sekelompok kecil pengguna. Pengguna ini bisa dari mereka yang mengikuti akun pembuatnya. Namun pengguna-pengguna ini merupakan mereka yang dinilai TikTok lebih mungkin untuk berinteraksi dengan konten tersebut berdasarkan perilaku mereka. 

Jika mereka menyukainya, misalnya dengan menonton video tersebut sampai habis atau membagikannya ke pengguna lain, TikTok akan kemudian mendistribusikannya ke pengguna lain yang dirasa memiliki minat yang serupa dengan kelompok pengguna pertama. Proses ini terjadi secara berulang dan jika respons yang didapat positif, video tersebut bisa viral.

Indikator yang paling kuat dalam interaksi TikTok adalah durasi menonton video, share, dan apakah pengguna mengikuti pembuat konten tersebut. Maka itu, kamu perlu membuat konten yang tidak hanya bisa menarik perhatian di awal tetapi bisa menjaga ketertarikan pengguna untuk menonton sampai habis.

Informasi Video

Informasi di sini termasuk pada caption, hashtag, dan audio yang digunakan. Algoritma TikTok lebih cenderung untuk mendorong konten yang dicari atau dieksplor penggunanya. Misalnya jika pengguna sering mencari hashtag tertentu atau konten dengan audio tertentu, mereka akan lebih cenderung mendapatkan konten dengan hashtag dan audio tersebut.

Makanya tak heran apabila kamu sering melihat hashtag #fyp atau #foryoupage pada caption. Menggunakan hashtag ini disebut meningkatkan kemungkinan kontenmu muncul di halaman ‘For You’ pengguna. Kamu juga bisa mencari hashtag yang relevan pada tab Discovery.

Setting Akun

Faktor ketiga yang mempengaruhi penyebaran konten adalah setting perangkat dan akun seperti jenis perangkat yang digunakan, lokasi, dan apakah pengguna berada di negara yang sama dengan pembuat video. 

Inilah mengapa video pada ‘For You Page’ pengguna merupakan gabungan antara konten dengan banyak likes & views dan video yang baru dilihat oleh beberapa orang saja. Artinya, walaupun video yang berasal dari akun dengan jumlah followers yang banyak kemungkinan akan mendapatkan view yang lebih besar, tidak menutup kemungkinan video dari pengguna baru dengan jumlah followers sedikit juga bisa masuk ke ‘For You Page’.  

Baca juga: (Infografik) Tips Membuat Campaign Marketing untuk Bisnis Online

Jadi, jumlah followers dan apakah akun tersebut memiliki video dengan performa yang bagus sebelumnya bukan menjadi faktor langsung yang menentukan sistem rekomendasi pada algoritma TikTok. TikTok juga mempertimbangkan feedback negatif pada video, misalnya apakah pengguna menandakan suatu konten ‘Not interested’ (‘Tidak tertarik’) atau apabila mereka memilih untuk menyembunyikan konten dari akun tertentu atau dengan audio tertentu.

Penjelasan algoritma ini menunjukkan bahwa untuk membuat konten yang bisa menjangkau banyak orang dan mendapatkan engagement yang bagus, kamu tidak hanya harus membuat konten yang bisa menarik perhatian tetapi juga bisa menjaga ketertarikan pengguna sampai habis. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan keseluruhan konten termasuk dari caption, hashtag, dan audio yang digunakan sehingga kontenmu semakin banyak dilihat.

Berjualan online tentunya juga membutuhkan platform! Dari TikTok, kamu bisa mengarahkan calon pelanggan untuk berbelanja di website toko online-mu, loh. SIRCLO Store adalah solusi untuk kamu yang ingin segera berjualan dengan website toko online. Mulai dari Rp 275.000 per bulan, kamu bisa berjualan di website e-commerce-mu sendiri. Klik di sini untuk memulai!

___

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!