Blog

Sarana Promosi Online Gratis di Internet

Internet dengan segala kecepatan kemampuan jelajahnya merupakan sarana promosi online yang efektif. Efisien dan hemat. Internet membuat dunia menjadi tanpa batas. Perkembangan smartphone dengan berbagai aplikasinya membuat dampak yang positif bagi para pelaku bisnis online. Terdapat banyak cara promosi online gratis di internet, jika kamu melakukan interaksi dengan pengguna lain di internet baik langsung maupun tidak langsung, artinya kamu sudah melakukan promosi di internet.

Berikut ini adalah berbagai cara promosi online yang murah meriah di internet, yaitu:

  1. Promosi Online via Blog

Blog adalah diary elektronik di dunia maya. Blog dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti menulis peristiwa seru yang terjadi hari ini, curhat, atau kegiatan promosi. Kamu tinggal menuliskannya dan terbitkan seketika. Kelebihan blog lainnya adalah, kamu tak perlu mengerti bahasa pemrogram seperti Content Management System (CMS) untuk menulis sesuatu di blog, tuliskan saja dengan gayamu. Blog gratis dapat kamu ciptakan semudah menyeduh teh hangat.

Kamu bisa membuat blog gratis di http://blogger.com, atau http://wordpress.com, kamu hanya perlu alamat e-mail untuk membuat blog, kabar baik lainnya, kamu juga bisa meng-up date blogmu lewat ponsel pintarmu. Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam posting di blog antara lain.

  • Usahakan meng-up date blog minimal 2-3 hari sekali, bukan setahun sekali.

  • Sajikan informasi yang unik, orisinil dan bermanfaat, dan sangat dibutuhkan orang lain.

  • Buat penjelasan mengenai produk yang kamu tawarkan di blog dengan seterang mungkin, lengkapi juga dengan gambar atau video.

  • Imbangi dalam porsi menulis artikel dan menulis promosi, agar pengunjung blogmu tidak jenuh.

  • Lengkapi artikelmu dengan kolom komentar, agar kamu bisa berinteraksi dengan pembaca-mu melalui komentar pedas atau manis dari mereka.

 

  1. Promosi Online via E-mail

Promosi online sederhana ini dapat kamu lakukan via e-mail. Promosikan produkmu via e-mail kepada teman-teman terdekatmu. Gunakan bahasa yang sopan dan pilihan kata yang menarik. Kirimkan e-mail kepada temanmu yang berpotensi membeli produk atau jasamu,dan jangan mengirimkan e-mail secara bersamaan, atau serentak di “to:”, atau “cc:”, gunakan pula bcc (blank carbon copy), sehingga penerima e-mail merasa dirinya spesial atau ekslusif. Serta buat tanda tanganmu di e-mail, tuliskan nama, no. whatapps, no. ponsel, dan alamat blogmu.

  1. Berpromosi Online via Sosial Media    

Sosial media sangat efektif sebagai sarana promosi di internet, kamu bisa berpromosi di facebook.com, twiter.com, linkedin.com, dll. Akun facebook-mu menampung 5.000 teman, akun twiter-mu 2.000 follower, sedangkan akun linkedin-mu 500 teman, hanya dengan satu kali update status di berbagai sosial media tersebut, produkmu menyebar ke 7.500 teman-temanmu, di manapun mereka berada.

  1. Promosi Online via Kaskus

Salah satu forum terbesar yang ramai dikunjungi netizan adalah kaskus, selain kaskus salah satu forum terbesar lainnya untuk para pebisnis online adalah adsense. Pada forum online ini kamu dapat berbagi informasi, belajar bersama, melakukan jual beli online. Caranya, kamu harus melakukan pendaftaran sebagai member terlebih dahulu. Sederhana saja, kamu hanya perlu sebuah alamat e-mail, itu saja.

  1. Promosi Online via WhatApps

WhatApps (WA) adalah aplikasi chatting yang paling populer di ponsel pintarmu. Manfaatkan WA untuk mempromosikan produk/jasamu, kirimkan broadcast promosi produk/jasamu kepada grup WA-mu dan teman-teman terdekatmu. Dalam sekejap produk dan jasamu menyebar tak terbendung. WA memang tidak gratis, butuh kuota, tapi berpromosi di WA itu efektif. Informasi tersebut langsung masuk ke calon-calon pembeli produk atau jasamu.

  1. Promosi via BBM

Black Berry Messenger adalah menu chatting yang populer. Aplikasi ini juga mujarab untuk mempromosikan  barang daganganmu. Up date di status BBM-mu tentang produk yang kamu jual tersebut, dengan gambar yang jelas, caption (keterangan) yang detail. Bukalah percakapan dengan salah satu teman yang berpotensi membeli barang yang hendak kamu jual.

  1. Promosi via Line

Aplikasi line populer di kalangan anak muda, sebagai aplikasi untuk mengobrol secara online. Setiap nomor telepon yang tercatat di ponsel pintarmu, jika kamu telah mendownload aplikasi line di google store, otomatis muncul dan menjadi temanmu di aplikasi line. Line memiliki sarana untuk update status seperti facebook. Manfatkan update status tersebut untuk mempromosikan barang dagangan atau jasamu. Kamu juga bisa menawarkan barang dagangan tersebut kepada teman-teman terdekatmu di aplikasi line.

Selamat mencoba 7 sarana berpromosi online secara gratis ini di internet. Salam online.

 

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!