Blog

Sebelum Memulai Bisnis Online, Kenali Dulu Jenis-Jenis E-Commerce di Indonesia beserta Contohnya!

Bagi kamu yang mungkin sudah bosan belanja dan ingin memulai bisnis online, tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya E-Commerce. Yup, E-Commerce adalah proses jual beli dengan menggunakan suatu media elektronik, salah satunya dengan memanfaatkan internet. Dengan internet kamu dapat melakukan proses jual beli dimanapun dan kapanpun. Namun tahukah kamu apa saja jenis-jenis E-Commerce terbaik di Indonesia beserta contohnya? Jika belum, yuk simak artikel ini lebih lanjut!

Media Sosial

Media sosial adalah salah satu jenis E-Commerce paling sederhana yang bisa kamu miliki. Cukup dengan mendaftar pada salah satu media sosial seperti Facebook, Twitter ataupun instagram maka kamu dapat meng-upload produk-produk kamu. Fasilitas upload foto yang disediakan oleh platform tersebut dapat kamu manfaatkan. Misalnya pada Facebook, kamu dapat memanfaatkan album foto ataupun membuat halaman group untuk dijadikan toko online. Tambahkan caption berupa deskripsi produk pada foto kamu kemudian share pada teman-teman media sosial.

Untuk sistem pembayarannya dapat kamu tentukan sendiri apakah si pembeli harus mentransfer uang terlebih dahulu, membayar DP (down payment) sekian persen, atau bahkan melakukan COD (cash on delivery). Namun perlu dingingat bahwa fungsi utama media sosial adalah bukan untuk dijadikan sebagai media E-Commerce, sehingga ada baiknya bagi pembeli online untuk berhati-hati dalam membeli barang melalui media sosial.

Iklan Baris / Classifieds

Iklan baris / classified adalah salah satu media pemasaran yang paling umum. Biasanya kamu dapat menemukan iklan baris pada koran ataupun majalah. Namun seiring berjalannya waktu media pemasaran iklan baris pun mulai memanfaatkan dunia internet, salah satunya adalah melalui sebuah situs web.

Kamu cukup mengiklankan produkmu pada website penyedia jasa iklan baris seperti OLX dan Kaskus FJB, lalu pembeli dapat melihat-lihat produk kamu. Website penyedia jasa iklan baris tersebut membebaskan cara kamu melakukan transaksi dengan pembeli, mereka hanya menjadi pihak perantara yang menyediakan tempat untuk mengiklankan produk. Keuntungan yang bisa kamu dapat dengan menjual produk pada website iklan baris adalah kamu tidak perlu bersusah-susah untuk mempromosikan produk.  Namun bagi pembeli online, bisa dipertimbangkan lagi untuk melakukan COD dengan penjual demi keamanan ketika bertransaksi.

Marketplace

Marketplace adalah salah satu model bisnis E-Commerce yang paling populer di Indonesia. Kamu dapat membuka toko online kamu pada website E-Commerce berbasis marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak, kemudian pembeli dapat melihat-lihat produk pada etalase toko online-mu. Jika dibandingkan dengan iklan baris, maka marketplace ini sedikit berbeda karena website penyedia tidak hanya menyediakan tempat berjualan tetapi juga menjadi pihak ketiga yang menjembatani proses jual beli antara penjual dan pembeli.

Salah satu ciri khas dari marketplace yang membedakannya dengan E-Commerce jenis lainnya adalah keberadaan layanan escrow atau rekening bersama sehingga transaksi kamu menjadi lebih aman. Dalam melakukan transasksi, pembeli mentransfer dana kepada pihak website penyedia bisnis marketplace, kemudian kamu akan mendapatkan notifikasi untuk mengirim barang kepada pembeli. Setelah pembeli melakukan konfirmasi penerimaan barang maka dana pada rekening bersama akan diteruskan ke rekening kamu.

Online Retail

Berbeda dengan jenis E-Commerce lainnya, biasanya E-Commerce jenis online retail memiliki gudang atau inventori produk sendiri. Dimana barang yang dijual adalah barang milik sendiri atau barang dari supplier yang dipasok ke gudang mereka. Jika kamu membuat sebuah website toko online pribadi dan kemudian produk yang kamu jual adalah milik kamu sendiri, itu berarti kamu sedang mengerjakan bisnis online retail.

Di Indonesia ada beberapa website online retail yang menjual produk mereka sendiri atau produk dari supplier yang dipasok ke gudang mereka, diantaranya yaitu Bhinneka, Zalora, Hijabenka, dan Berrybenka. Sedangkan untuk Lazada, kamu dapat menyebutnya sebagai online retail sekaligus marketplace, karena Lazada memiliki gudang sendiri dan juga supplier yang dapat mengirim produknya secara langsung kepada pembeli tanpa harus melewati gudang milik Lazada.

Daily Deals

Jenis Bisnis E-Commerce yang terakhir adalah daily deals. Website penyedia daily deals selalu menawarkan diskon paket produk yang sangat tinggi, bahkan mencapai diskon 50% – 95%. Produk dan paket yang dijual selalu beranti-ganti secara berkala, begitu pula dengan besaran diskon yang ditawarkan. Pada dasarnya metode yang digunakan oleh website penyedia daily deal hampir sama dengan jenis E-Commerce lainnya. Namun model penjualan dan promosi yang dilakukan menjadi tanggung jawab pemilik situs sepenuhnya. Kamu hanya bertugas sebagai pemasok produk ataupun jasa saja karena semua model penjualannya dikelola oleh pemilik website. Di Indonesia sendiri sudah mulai bermunculan website penyedia daily deals seperti Groupon, Harga HOT, LivingSocial dan EVoucher yang menawarkan beraneka ragam diskon yang berbeda-beda.


Website
Toko Online

Last but not least, adalah website berbasis e-commerce atau lebih sering disebut toko online. Tipe website ini berbeda dibandingkan website statis pada umumnya karena diintegrasikan dengan berbagai fitur belanja, seperti sistem pembayaran melalui kartu kredit atau perhitungan harga dan ongkis pengiriman secara otomatis. Website toko online pun menjadi sebuah kebutuhan jika bisnismu ingin semakin dikembangkan dalam jangka panjang. Mengapa demikian? Dengan website toko online, kamu memiliki kemampuan untuk berdiri atas nama brand sendiri tanpa harus bersaing dengan toko-toko lainnya seperti yang terdapat saat berjualan melalui marketplace. Di marketplace, ibaratnya seperti menumpang berjualan di rumah orang lain – setiap transaksi yang dilakukan pada tokomu akan dikenakan biaya ‘komisi’ dan sewaktu-waktu platform kamu pun bisa tutup. Berbeda dengan website toko online di mana kamu mendapatkan kepemilikan utuh terhadap situsmu sendiri.

Nah, kebanyakan dari bisnis yang menggunakan website toko online pun tidak membangunnya sendiri karena proses pembuatan yang rumit dan membutuhkan pengetahuan teknis di bidang IT. Namun ini bukan suatu masalah, karena semakin banyak penyedia jasa pembuatan toko online – salah satunya SIRCLO, penyedia e-commerce platform memimpin di Indonesia, yang menyediakan jasa pembuatan website toko online dan juga projek website custom. Dari sistem pembayaran terintegrasi, fitur promosi, desain template yang menarik dan berbagai fitur lengkap lainnya, kamu bisa membuat toko online sendiri dengan cepat dan mudah dalam 2 menit. Penasaran? Saatnya mencoba berbisnis online di SIRCLO dengan trial GRATIS yang bisa kamu nikmati tanpa batas waktu maupun komitmen di sini!

Kami mengerti bahwa kesuksesan bisnis online Anda adalah yang paling utama.

Mulai kisah sukses Anda sekarang juga!