Blog

Sebelum Mulai Berjualan di Marketplace, Ini 5 Hal yang Perlu Dipersiapkan

Marketplace saat ini menjadi salah satu platform pilihan pebisnis untuk menjajakan produknya. Marketplace memang menawarkan banyak kemudahan bagi penjual (seller). Pebisnis tidak memerlukan modal yang besar untuk memulai, bahkan bisa dilakukan secara gratis. Selain itu, pasarnya pun sudah tersedia sehingga pebisnis tinggal menerapkan berbagai strategi untuk menjangkau target pasar yang sesuai.

Baca juga: Bagaimana Perubahan Pola Konsumsi Masyarakat Indonesia Selama Pandemi COVID-19?

Namun, pebisnis juga sebaiknya mempersiapkan beberapa hal saat ingin mulai berjualan di marketplace. Tujuannya adalah agar toko di marketplace bisa berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan penjualan. Hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan pebisnis sebelum berjualan di marketplace?

Konten untuk Pemasaran dan Meyakinkan Konsumen

Konten yang menarik merupakan salah satu kunci untuk menjangkau dan meyakinkan konsumen untuk membeli barang di tokomu. Konten yang dimaksud di sini bisa berupa banyak hal mulai dari informasi dan foto profil toko, foto dan deskripsi produk, maupun konten yang kamu bagikan di feeds marketplace.

Membagikan konten yang menarik dan relevan bagi target konsumen di feeds merupakan salah satu strategi pemasaran yang banyak diterapkan oleh toko online di marketplace. Selain itu buat katalog produk semenarik dan seinformatif mungkin mulai dari jenis produk hingga detail pengiriman sehingga calon pembeli mendapatkan pengalaman yang nyaman serta merasa aman saat ingin berbelanja dari tokomu. 

Kualitas dan Ketersediaan Produk

Hal lain yang penting untuk dipersiapkan adalah standar kualitas dan ketersediaan produk. Apalagi jika kamu berjualan di beberapa marketplace sekaligus. Jangan sampai calon pembeli kecewa karena barang yang mereka inginkan ternyata habis. Apabila produk yang kamu jual memiliki banyak jenis misalnya dari ukuran ataupun warna, pastikan tiap-tiap jenis memiliki stok yang cukup.

Jangan lupa juga untuk memeriksa dan memantau kualitas produk secara berkala agar semuanya memenuhi standar yang sama. Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan kepercayaan konsumen dan mereka pun tidak ragu untuk kembali berbelanja. 

Tenaga Kerja untuk Pelayanan Pelanggan

Mengelola toko online di beberapa marketplace akan memakan waktu jika dilakukan seorang diri. Apalagi dengan berkembangnya toko tentu jumlah pesanan maupun pertanyaan yang masuk dari calon pembeli akan semakin bertambah. Maka itu, hal ini juga sebaiknya kamu antisipasi. Pikirkan mengenai jumlah tenaga kerja yang kira-kira akan kamu butuhkan baik untuk mengurus pesanan, mengemas barang, melayani pertanyaan yang masuk, maupun pengiriman.

Mekanisme Pengiriman

Hal yang selanjutnya juga perlu kamu pertimbangkan adalah mengenai pengiriman. Biasanya marketplace menyediakan pilihan-pilihan pengiriman yang beragam mulai dari pengiriman biasa, instan, hingga pick-up. Hal ini bisa kamu jadikan pertimbangan, pilihan pengiriman mana saja yang akan kamu tawarkan untuk konsumen. 

Apakah tipe barang yang kamu jual perlu dikirim langsung di hari yang sama? Di sini kamu perlu benar-benar memahami kebutuhan konsumen sehingga bisa menjawab kebutuhan mereka tidak hanya dari segi produk tetapi juga dari pengirimannya. 

Rekap Transaksi

Terakhir persiapkan juga metode transaksi yang akan kamu tawarkan. Sejumlah marketplace memiliki fitur pembayaran cash on delivery, ada juga yang menawarkan cicilan. Pikirkan mengenai transaksi seperti apa yang kira-kira tepat untuk produk yang kamu jual maupun target konsumenmu. Misalnya jika kamu menjual produk dengan harga yang cukup tinggi seperti barang elektronik, kamu bisa menawarkan metode pembayaran cicilan.

Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan buku atau laporan khusus rekap transaksi sehingga kamu bisa menganalisis hasil penjualanmu untuk menentukan strategi berikutnya. Dengan demikian, kamu bisa mengetahui kebutuhan dan permintaan pasar. 

Bergabung ke marketplace sebagai platform untuk penjualan online merupakan salah satu langkah yang dapat dan banyak dilakukan pebisnis untuk memperluas pasar dan meningkatkan nilai penjualan. Namun di dalam prosesnya, mengelola berbagai saluran penjualan secara manual dapat menghabiskan biaya maupun waktu. Pasalnya, kamu harus secara manual mengunggah dan memperbarui produk, memonitor penjualan, dan memenuhi pesanan pada tiap platform.

Baca juga: Jadi Andalan untuk Belanja Online, Berikut Sejarah Perkembangan Marketplace di Indonesia

Apabila tidak dipersiapkan dengan baik, risiko terjadinya kesalahan yang dapat mengakibatkan peningkatan biaya atau ketidakpuasan pelanggan bisa menjadi besar, yang pada akhirnya dapat mempengaruhi reputasi dan keuntungan bisnis. Maka itu, diperlukan persiapan yang tepat dalam berjualan di marketplace

Menggunakan solusi multichannel e-commerce Connexi dapat mengurangi risiko-risiko tersebut, memungkinkan kamu untuk mengintegrasikan seluruh stok produk di semua saluran penjualan, mempermudah operasional penjualan, dan mengelola pesanan hingga pengiriman dalam satu platform. 

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!