Blog

Setelah Idul Fitri, Ini 4 Momentum yang Bisa Kamu Manfaatkan untuk Meningkatkan Penjualan

Momen libur hari raya dan hari spesial merupakan peluang yang bagus bagi bisnis untuk meningkatkan penjualan. Pada momen-momen ini, banyak bisnis yang mengadakan promo seperti diskon besar-besaran, bonus, dan strategi promosi lainnya. Contohnya bulan Ramadhan kemarin. Ada banyak sekali berbagai promo dan diskon khusus Ramadhan yang ditawarkan berbagai brand

Hari Raya Idul Fitri memang menjadi kesempatan spesial bagi para pebisnis untuk meningkatkan penjualannya. Apalagi jika kamu menjalankan bisnis di bidang ritel, fashion, atau parsel. Menurut survei iPrice, rata-rata orang menghabiskan 500 ribu – 1,9 juta Rupiah untuk belanja Ramadhan.

Baca juga: Baru Mulai Berbisnis Online? Tingkatkan Penjualanmu lewat Strategi Pemasaran Ini

Nah, setelah Idul Fitri kira-kira momen apalagi yang bisa dimanfaatkan bisnis agar omzet bisa tetap naik ya?

Hari Kemerdekaan

Berbagai bisnis mulai dari kuliner, fashion, hingga ritel biasanya turut bergabung dalam promo 17-an. Banyak orang pun yang menanti-nanti promo ini setiap tahunnya. Biasa promo dilangsungkan beberapa hari menjelang Hari Kemerdekaan. Promonya bisa berbagai macam, seperti promo khusus nama-nama tertentu, diskon 17%, dan lain-lain. 

Harbolnas

Harbolnas yang biasa digelar pada tanggal cantik 9.9, 10.10, 11.11, dan 12.12 menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh orang yang gemar belanja online. Pasalnya, ada begitu banyak brand yang menawarkan promo baik di website toko online mereka, marketplace, maupun media sosial. 

Promonya juga bermacam-macam, mulai dari gratis ongkir, flash sale, cashback, dan sebagainya. Dengan banyaknya orang yang menanti-nantikan momen Harbolnas, ini juga merupakan waktu yang pas untuk meningkatkan transaksi penjualan bagi bisnismu. 

Black Friday

Walaupun lebih umum di Amerika, ada juga sejumlah brand di Indonesia yang turut meramaikan momentum ini dengan membagikan promo. Black Friday biasa diadakan di akhir bulan November. Kenapa disebut Jumat Hitam? Ternyata istilah tersebut menggambarkan pembukuan para pebisnis dari yang tadinya merah (rugi) menjadi hitam (untung). Seperti namanya, Black Friday juga bisa menjadi kesempatanmu untuk mendapatkan keuntungan.

Liburan Natal dan Akhir Tahun

Kalau yang satu memang sudah menjadi tradisi bagi bisnis untuk mengadakan promo Natal dan akhir tahun. Di akhir tahun banyak orang yang belanja baik untuk diri sendiri maupun sebagai hadiah untuk diberikan ke orang lain. Kamu bisa memanfaatkan momen ini dengan berbagai cara seperti memberikan promo atau diskon, bundling, dan sebagainya. 

Cara Memaksimalkan Keuntungan 

Selain 3 momen di atas, sebenarnya ada juga momen khususnya lainnya yang juga bisa kamu manfaatkan misalnya hari ulang tahun bisnismu. Namun dalam memberikan promo untuk meningkatkan penjualan, pastikan kamu juga memperhatikan hal lain seperti stok barang dan keuntungan. 

Jangan sampai sudah memberi promo besar-besaran, tapi untungnya malah tidak seberapa. Berikut ini beberapa strategi promosi yang bisa kamu terapkan untuk memanfaatkan momen spesial secara maksimal. 

Diskon

Cara ini merupakan cara yang paling umum digunakan berbagai bisnis. Kamu bisa memberikan diskon potongan harga, cashback, kupon, ataupun gratis ongkir. Supaya maksimal, kamu perlu tahu dahulu promo seperti apa yang diharapkan pelanggan. Dengan demikian, kamu bisa menentukan promo yang paling cocok.

Hadiah

Selain promo, kamu juga bisa membagikan hadiah. Misalnya, jika pelanggan sudah melakukan transaksi mencapai jumlah tertentu, dia bisa mendapatkan hadiah berupa produk yang sama atau produk lainnya. Bisa juga berupa diskon untuk pembelian selanjutnya. Lagi-lagi, kamu perlu mengenal dengan baik siapa pelangganmu untuk menentukan hadiah yang cocok.

Bingkisan

Strategi lainnya adalah dengan menawarkan bingkisan seperti bundling beberapa produk, parsel, atau hampers. Cara ini cocok untuk promosi hari raya seperti Lebaran kemarin atau promo Natal. Karena pada momen tersebut, biasanya orang saling berbagi bingkisan ke satu sama lain. Agar lebih menarik, kamu bisa juga menyediakan kartu ucapan.

Konten Media Sosial

Walaupun libur, konten tetap harus jalan ya. Kamu bisa membuat campaign khusus hari raya, baik itu postingan foto, pengumuman promo, quiz, giveaway, dan banyak lagi. Selain memberi tahu followers mengenai promosi yang kamu tawarkan, kamu juga jadi bisa berinteraksi dengan mereka. 

Review dari Influencer

Menjelang promo, kamu bisa bekerja sama dengan influencer untuk memberi ulasan atau mempromosikan produk atau jasamu serta memberi tahu promo yang akan datang. Biasanya review bisa berupa postingan foto, video, maupun uggahan di Instagram Story. Pilih influencer yang memiliki audiens yang sama dengan target customer-mu agar promosi berjalan dengan efektif. 

Iklan

Cara lain untuk memaksimalkan keuntungan adalah dengan memasang iklan baik di AdWords maupun di media sosial. Kamu bisa mengarahkan iklan ini ke web jualan online-mu sehingga orang yang tertarik bisa langsung mengambil tindakan.

Gunakan visual dan kata-kata yang menarik, misalnya untuk promo Natal gunakan warna merah dan hijau agar orang langsung paham konteksnya. Soroti keuntungan yang akan didapat misalnya dengan menuliskan ‘DISKON 30% OFF’ atau menunjukkan urgensi dengan menuliskan ‘penawaran terbatas’. 

Email

Kalau kamu biasanya mengirimkan email marketing ke pelanggan, kamu bisa membagikan pemberitahuan mengenai adanya promo spesial melalui email. Sama seperti poin sebelumnya, buat visual dan kata-kata yang menarik kemudian pasang CTA (call to action) menuju ke web jualan online-mu sehingga mereka bisa langsung mengeksplor produk-produk yang ada dan akhirnya melakukan pembelian. 

Pasang Pemberitahuan di Website Toko Online

Terakhir, jangan lupa untuk pasang pemberitahuan di web jualan online-mu, baik dengan menggunakan banner ataupun dengan membuat halaman khusus promo. Kenapa penting untuk website toko online penting untuk memaksimalkan promo hari spesial?

Penipuan menjadi salah satu isu utama dari belanja online yang menjadi kekhawatiran banyak orang, apalagi saat momen promo besar-besaran. Dengan memiliki web jualan online, calon pembeli jadi lebih yakin kalau bisnismu bukan bisnis abal-abal. 

Baca juga: Tips Memaksimalkan Penjualan dengan Website Toko Online

Untuk memudahkan proses transaksi dan memberikan pengalaman berbelanja yang menyenangkan, pastikan website toko online-mu responsif dan mudah dinavigasikan. Jangan lupa juga untuk memberikan opsi pembayaran yang beragam. Untuk yang satu ini, kamu tidak perlu repot karena sekarang sudah ada jasa pembuatan website toko online profesional dengan harga yang terjangkau. Jadi penjualan dan keuntungan bisa lebih maksimal!

Kami mengerti bahwa kesuksesan bisnis online Anda adalah yang paling utama.

Mulai kisah sukses Anda sekarang juga!