Blog

Simak Tips Ramaikan Pengunjung di Marketplace Lewat Media Sosial

Media sosial merupakan salah satu channel yang efektif untuk mempromosikan lapak penjualan di marketplace jika dilakukan dengan tepat. Selain itu, memasarkan bisnis di media sosial juga bisa dilakukan secara gratis dan mudah. 

Walaupun begitu, jumlah pengguna media sosial sangat banyak dan beragam sehingga pebisnis harus mengetahui cara yang tepat agar bisa menarik perhatian calon pembeli. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan pebisnis untuk menarik meramaikan lapak marketplace-nya lewat media sosial.

Pilih Media Sosial yang Tepat

Pertama-tama, pebisnis harus memilih terlebih dahulu media sosial mana yang tepat untuk target audiensnya. Saat ini ada begitu banyak pilihan platform media sosial yang bisa digunakan. Namun bukan berarti kamu harus menggunakan semua platform media sosial yang ada.

Kamu bisa memilih media sosial yang mau kamu gunakan berdasarkan karakteristik media sosial. Instagram misalnya lebih menekankan pada konten-konten visual atau audiovisual. Kemudian bandingkan dengan perilaku target konsumenmu. Cari tahu platform media sosial mana yang paling banyak digunakan oleh mereka.

Kamu bisa mencari tahu lebih lanjut dengan menganalisis media sosial kompetitor dan mencari tahu konten seperti apa yang banyak disukai oleh target konsumen. Dari sana, kamu bisa menyesuaikan konten-kontenmu.

Baca juga: Raih Peluang Usaha Pakai Website, Cara Sukses Jualan Online dengan Mudah!

Rutin Mengunggah Konten

Setelah memilih media sosial yang tepat, kamu bisa mulai mengunggah konten. Ada banyak tipe konten yang bisa kamu bagikan, tergantung dari tujuan yang mau kau capai dari konten tersebut. Misalnya jika kamu ingin meningkatkan awareness dan branding produk, kamu bisa membagikan konten mengenai keunggulan produkmu, informasi seputar produkmu, ataupun informasi lainnya yang bermanfaat bagi target audiensmu. 

Jika kamu ingin meningkatkan interaksi atau engagement dengan pelanggan, kamu bisa membagikan konten-konten interaktif seperti giveaway, kuis, Q&A, games, atau konten lainnya. Jika tujuanmu adalah untuk mempromosikan produk, kamu bisa mengunggah konten mengenai produk favorit, promo spesial, atau peluncuran produk baru.

Agar jangkauannya luas, jangan lupa untuk menambahkan hashtag pada unggahan agar saat target audiens mencari sesuatu yang berhubungan dengan produkmu, mereka bisa menemukan kontenmu. Namun, hindari menggunakan terlalu banyak hashtag apalagi yang tidak berhubungan dengan brand atau produkmu.

Manfaatkan Fitur yang Ada

Masing-masing media sosial memiliki fitur yang dapat kamu manfaatkan untuk mendukung pemasaran lapakmu di media sosial. Contohnya, kamu bisa memanfaatkan fitur swipe up di Instagram untuk mengarahkan followers ke lapak marketplace kamu. 

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan fitur countdown saat ingin meluncurkan produk baru atau mengadakan promo untuk meningkatkan antusiasme pelanggan. Jika memiliki budget, kamu bisa menggunakan fitur iklan untuk mempromosikan lapakmu secara langsung.

Baca juga: Terapkan 5 Hal Ini untuk Tingkatkan Penjualanmu Selama PPKM Darurat

Tambahkan Link di Profil

Terakhir, jangan lupa untuk menyertakan link menuju lapak marketplace kamu di profil media sosial. Tuliskan juga pada profilmu bahwa produkmu tersedia di marketplace. Jika kamu berjualan di beberapa marketplace atau ingin menyertakan link lain seperti link Whatsapp, kamu bisa menggunakan tool seperti Linktree untuk menggabungkan beberapa link menjadi satu. 

Untuk mendukung penjualan di berbagai channel, kamu bisa menggunakan SIRCLO Store. Lewat SIRCLO Store, kamu bisa menghubungkan penjualan di marketplace dan Whatsapp serta mengintegrasikannya dengan platform media sosial. Alhasil, jangkauan bisnismu bisa lebih luas dan kamu bisa menggapai pelanggan baru. 

Berjualan dengan website toko online SIRCLO Store bisa membantu kamu menjangkau lebih banyak pelanggan secara efisien, hingga ke marketplace dan WhatsApp. Mulai berjualan dengan website toko online SIRCLO Store sekarang! Klik di sini untuk berjualan lebih pasti.

Tentang SIRCLO

Dimulai pada tahun 2013, SIRCLO adalah perusahaan solusi e-commerce terdepan di Indonesia yang membantu brands berjualan online. SIRCLO menawarkan solusi yang terbagi menjadi 2 kategori utama, yaitu solusi entrepreneur dan enterprise. Pada kategori entrepreneur, SIRCLO menawarkan platform pengelolaan toko online UMKM untuk berjualan di 3 platform yang berbeda (website, marketplace, chat commerce), yaitu SIRCLO Store. Pada kategori enterprise, SIRCLO menawarkan layanan e-commerce enabler secara end-to-end melalui SIRCLO Commerce dan solusi pengembangan teknologi omnichannel melalui ICUBE by SIRCLO.

SIRCLO telah melayani lebih dari 100.000 brands untuk mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear, serta dipercaya oleh brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, dan Levi’s. Berlokasi di Green Office Park 1, The Breeze (BSD – Serpong), hari ini SIRCLO memiliki 700 karyawan serta perwakilan yang berbasis di Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!