Blog

sirclo-icube-merger

SIRCLO dan ICUBE Merger: Targetkan Jadi E-Commerce Enabler Terbaik Indonesia

Posted in Berita

Merger antara SIRCLO dan ICUBE dilakukan untuk menawarkan teknologi dan layanan e-commerce yang lebih komprehensif, untuk pasar yang lebih luas.

JAKARTA, 8 Juni 2020 – Pada bulan Juni 2020, perusahaan e-commerce enabler SIRCLO telah melakukan aksi merger dengan ICUBE, sebuah agensi penyedia solusi teknologi e-commerce yang telah melayani bisnis ritel selama dua dekade. Aksi merger antara SIRCLO dan ICUBE menggabungkan ribuan klien dari berbagai skala bisnis dan bertujuan menyatukan kekuatan dari kedua belah pihak, agar dapat membantu lebih banyak UMKM dan brand berskala besar yang membutuhkan transformasi digital efektif dan efisien di ranah e-commerce.

Peran e-commerce semakin penting dan relevan seiring berjalannya waktu, terutama di tengah pandemi COVID-19 yang saat ini mendorong lebih banyak pebisnis dan konsumen untuk mengandalkan platform online seperti e-commerce dalam melakukan jual-beli. Di saat seperti ini, kehadiran teknologi dan solusi e-commerce yang terpadu dan dapat diandalkan menjadi penting, karena menjadi kunci sukses bagi pemilik bisnis dan brand yang berjualan secara online melalui website atau kanal penjualan online lainnya.

Melihat fenomena ini, SIRCLO merasakan pentingnya akselerasi pertumbuhan bisnisnya agar bisa membantu lebih banyak UMKM dan brand enterprise untuk bertahan di tengah pandemi. Memilih partner yang tepat seperti ICUBE merupakan faktor utama dalam menentukan hal ini. Berdiri sejak tahun 2003, ICUBE menyediakan solusi e-commerce bersifat custom dalam bentuk brand.com kepada usaha berskala menengah. Pada tahun 2010, ICUBE menjadi Magento Premier Solutions Partner, untuk membantu lebih banyak brand ritel memasuki ranah e-commerce. Di tahun 2017, mereka meluncurkan produk yang bernama Swift, sebuah layanan teknologi untuk memenuhi kebutuhan e-commerce secara omnichannel.

CEO dan Founder SIRCLO, Brian Marshal, dan Muliadi Jeo, Founder dan Managing Director ICUBE, telah saling mengenal selama sekian tahun silam. Brian memiliki jejak rekam mentereng di bidang IT, khususnya membantu bisnis berjualan online melalui website serta marketplace dengan jasa e-commerce enabler. Sementara itu, Muliadi berpengalaman dalam industri e-commerce di skala multinasional selama lebih dari dua puluh tahun. Ia menjalankan bisnisnya sejak tahun 2000 awal, di saat e-commerce masih di tahap awal di Amerika dibandingkan dengan perkembangannya di masa kini.

Dalam upaya untuk meningkatkan kapabilitas bisnis dan mengembangkan ekosistem e-commerce di Indonesia, Brian pun mengusulkan aksi merger agar SIRCLO dan ICUBE bisa saling melengkapi dan menjadi mitra strategis untuk menjangkau pasar yang lebih luas, dengan layanan e-commerce yang semakin terpadu.

“Sebagai e-commerce enabler terdepan di Indonesia, SIRCLO ingin terus memberikan layanan dan solusi terbaik bagi brand untuk mengembangkan bisnis secara online. Kami selalu terbuka pada kesempatan untuk meningkatkan kemampuan kami. Saat melihat potensi untuk merger dengan ICUBE, kami semakin yakin bisa menjalankan misi ini dalam skala yang lebih besar dan komprehensif melalui gabungan kekuatan kedua perusahaan,” ujar Brian Marshal.

Melalui merger ini, SIRCLO dan ICUBE bertujuan untuk menjadi penyedia jasa solusi e-commerce melalui platform end-to-end yang lebih menyeluruh dalam memfasilitasi berbagai jenis bisnis, agar dapat menjadi yang terbaik di pasar e-commerce di Indonesia. Selama ini, nilai kekuatan SIRCLO difokuskan kepada perusahaan dan brand besar dan UMKM. Sedangkan nilai kekuatan ICUBE difokuskan kepada usaha berskala menengah yang ingin memiliki brand.com dan enterprise solution. Dengan aksi merger, kedua perusahaan mengamplifikasi kekuatan masing-masing untuk melayani pemilik brand dan bisnis dari berbagai kalangan.

“ICUBE berdedikasi membuat e-commerce lebih mudah diakses untuk para retailer dari berbagai bidang bisnis menggunakan teknologi Magento, sebuah platform e-commerce open source yang dapat membantu pemilik bisnis online menjalankan operasional penjualan sesuai kebutuhan. Setelah 20 tahun berjalan, kami ingin mengakomodasi lebih banyak klien dari berbagai jenis bisnis dengan jasa yang kami tawarkan. SIRCLO adalah mitra yang tepat dan strategis dalam mencapai tujuan tersebut. Bersama-sama kami dapat berusaha menciptakan ekosistem e-commerce yang prima di Indonesia,” ungkap Muliadi Jeo.

Brian mengaku bahwa aksi merger ini terjadi di momen yang tepat, dimana tambahan sumber daya akan membantu SIRCLO dan ICUBE untuk melayani lebih banyak UMKM dan brand yang membutuhkan layanan cepat di tengah pandemi. Dengan gabungan kapabilitas, keahlian, dan pengalaman dari kedua perusahaan, mereka percaya diri bisa memberikan nilai dan layanan yang lebih memuaskan bagi para klien.

Hingga kini, SIRCLO telah membantu lebih dari 1.000 klien dan brand untuk mengembangkan bisnisnya secara online, baik melalui SIRCLO Store maupun SIRCLO Commerce (channel management solution). Beberapa portfolio SIRCLO adalah This Is April, Unilever, Reckitt Benckiser, Beiersdorf, L’Oréal (Group), Eigerindo dan Levi’s. Sementara itu, ICUBE melalui solusi-solusinya telah membantu banyak brand seperti Kawan Lama, Krisbow, KlikMRO, 9to9 Online, Hush Puppies, L’Occitane, Elemis, Venchi, Erha Store, Nutrimart, Royal Canin, Mitra10, dan Lotte Mart membuat sistem e-commerce sendiri.

Aksi merger antara SIRCLO dan ICUBE akan menggabungkan lebih dari 450 karyawan. ICUBE akan terus beroperasi sebagai entitas mandiri yang terintegrasi dengan jasa yang ditawarkan SIRCLO. Muliadi Jeo dari ICUBE akan menggantikan Leontius Adhika Pradhana sebagai Chief Technology Officer (CTO) SIRCLO dan Leontius akan mengambil posisi baru, yakni Chief Product Officer (CPO).

For English version, visit: https://www.sirclo.com/sirclo-and-icube-merger-2020/

***

Tentang SIRCLO
Dimulai pada tahun 2013, SIRCLO adalah perusahaan teknologi yang menyediakan solusi untuk membantu bisnis-bisnis berjualan secara online. SIRCLO menawarkan dua produk: SIRCLO Store dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan situs toko online bagi bisnis lokal skala kecil hingga menengah. Hingga kini, SIRCLO Store telah membantu hampir 1.000 pengguna aktif berbayar membangun brand dan mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April, dan Heytimmy Kidswear.

SIRCLO Commerce adalah channel management solution yang menjawab kebutuhan brand corporate untuk masuk ke jalur distribusi online. Didukung oleh teknologi yang dapat melakukan sinkronisasi penjualan di berbagai marketplace, SIRCLO Commerce dipercaya oleh berbagai brand ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, Beiersdorf, L’Oréal (Group), Eigerindo dan Levi’s. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

Tentang ICUBE
ICUBE merupakan sebuah agensi penyedia teknologi dan solusi e-commerce untuk bisnis retail. Sebagai Magento Premier Solutions Partner di Indonesia sejak tahun 2010, ICUBE telah meluncurkan dan mengelola lebih dari 100 situs berbasis Magento dan meluncurkan produk Swift untuk memenuhi kebutuhan e-commerce dan omnichannel bagi bisnis berskala menengah. ICUBE dipercaya oleh klien berbasis lokal maupun internasional, termasuk Singapura, Malaysia, Australia, Amerika dan Hong Kong yang meliputi brand-brand besar seperti Kawan Lama, Krisbow, KlikMRO, 9to9 Online, Hush Puppies, L’Occitane, Elemis, Venchi, Erha Store, Nutrimart, Eiger Indonesia, Royal Canin, Mitra10, Lotte Mart, dan banyak lagi. Lihat informasi selengkapnya tentang ICUBE di https://icubeonline.com. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang SWIFT, kunjungi: https://getswift.asia.

Kami mengerti bahwa kesuksesan bisnis online Anda adalah yang paling utama.

Mulai kisah sukses Anda sekarang juga!