Blog

SIRCLO Dukung UMKM dan Brand Lokal melalui Program #MulaiSekarang

Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia sejak Maret 2020 lalu telah melumpuhkan bisnis dari berbagai skala. Dilansir dari Kompas.com, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) mencatat 300.000 UMKM yang telah terpukul akibat pandemi. Tidak sedikit UMKM yang terpaksa gulung tikar karena bisnis yang kian memburuk. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) juga menyulitkan UMKM untuk beroperasi seperti biasa. 

Guna mempertahankan bisnis, pelaku bisnis perlu mencari inisiatif-inisiatif baru. Ada yang berpindah haluan bisnis yang dirasa lebih profitable, atau mengadopsi cara berjualan baru. E-commerce atau berbisnis online dapat membuka peluang baru bagi pelaku bisnis. Menurut survei oleh First Insight, 39% responden telah mengurangi kebiasaan berbelanja offline dan 30% mulai lebih sering berbelanja online sejak pandemi bermula. Data temuan RedSeer juga menyebutkan bahwa pandemi akan melahirkan hingga 12 juta pengguna e-commerce baru. Hal ini disebabkan oleh upaya masyarakat dalam meminimalisir aktivitas di luar rumah dan interaksi dengan orang lain. Ramainya pasar e-commerce bisa menjadi target baru bagi UMKM dan pelaku bisnis untuk mengembangkan maupun mempertahankan bisnis.

Bukan tidak mungkin bagi pelaku bisnis untuk langsung masuk ke industri e-commerce dan menjemput rezeki di sini. Namun perlu untuk memilih perahu yang tepat untuk mendayung dan menjelajahi perairan luas ini. Sebagai e-commerce enabler terdepan di Indonesia, SIRCLO memiliki misi untuk membantu brands berjualan online melalui inovasi teknologi yang ditawarkan. SIRCLO percaya bahwa setiap skala bisnis, dari mikro hingga besar, memiliki kesempatan untuk mengembangkan dan mempertahankan bisnisnya di ranah online. Dari sini, lahirlah inisiatif #MulaiSekarang oleh SIRCLO; program untuk mendukung UMKM dan brand lokal dengan ragam inovasi teknologi yang terjangkau.

Pada program #MulaiSekarang, SIRCLO berupaya membuka kesempatan bagi UMKM dan brand lokal untuk mulai terjun ke pasar e-commerce melalui berbagai platform, yaitu website toko online (SIRCLO Store), marketplace (SIRCLO Connexi), dan aplikasi chat WhatsApp (SIRCLO Chat). Ketiga platform ini dapat menghubungkan pelaku bisnis dengan target pasar yang dituju, dengan pilihan paket berlangganan yang sesuai budget. Melalui teknologi, SIRCLO berupaya membantu UMKM dan brand lokal yang berjuang mempertahankan bisnis offline-nya di tengah pandemi untuk masuk ke industri e-commerce dengan cepat.

Berjualan dengan Website

Walaupun terdengar rumit untuk menciptakan atau mengelola website jualan sendiri, membuat website cukup 5 menit saja. Tidak perlu jago coding atau desain untuk memiliki website jualan yang menarik dan fungsional. Di SIRCLO Store, cukup memilih template yang diinginkan dan mengupload katalog produk, siapapun sudah bisa langsung berjualan. Mengelola pesanan pun lebih mudah karena ada sistem kalkulasi ongkir otomatis dengan banyak pilihan jasa pengiriman. Penjualan juga semakin lancar karena banyaknya opsi pembayaran, seperti bank transfer, virtual account, kartu kredit, sampai e-wallet seperti GoPay yang dapat dipilih oleh pelanggan.

Raih Pelanggan di Banyak Marketplace

Bagi brand atau pelaku bisnis yang ingin menjangkau pelanggan di berbagai kanal penjualan, mengelola begitu banyak lapak marketplace bisa menjadi tantangan tersendiri. Belum lagi proses operasional yang perlu dilewati, mulai dari menerima order, memproses order, melakukan pengiriman, merekap stok, sampai membuat laporan penjualan di tiap kanal. Seringkali, pebisnis hanya bisa berfokus di 1 atau 2 marketplace saja karena kesulitan mengelola begitu banyak lapak marketplace. SIRCLO Connexi memberikan solusi operasional dan administrasi yang efisien dengan ragam fiturnya. Pebisnis cukup login di dashboard SIRCLO Connexi untuk menghubungkan setiap marketplace dan website SIRCLO Store, lalu setiap pesanan baru dari kanal-kanal tersebut akan masuk ke dashboard. Tidak perlu mengupdate stok di masing-masing kanal penjualan, karena SIRCLO Connexi dapat melakukan sinkronisasi stok produk yang terjual atau ditambahkan di seluruh marketplace sekaligus. SIRCLO Connexi juga dapat men-generate nomor resi dari marketplace dan laporan penjualan yang siap diprint.

Jangkau Konsumen secara Langsung di WhatsApp

Ada 120 juta pengguna WhatsApp di Indonesia yang bisa menjadi pelangganmu. Bagi bisnis yang ingin memaksimalkan jangkauan pelanggannya melalui WhatsApp, SIRCLO Chat adalah solusi yang tepat. Kamu tidak perlu lagi membalas pertanyaan yang sama atau menghitung ongkos kirim secara manual. SIRCLO Chat dilengkapi dengan fitur pesan sapaan otomatis, juga katalog produk dan check out langsung dari dashboard chat. Kamu juga bisa memberikan notifikasi pengiriman dan status pesanan langsung ke WhatsApp pelanggan. Dashboard fungsional ini dapat diakses oleh beberapa admin sekaligus; mempermudah transaksi dan memaksimalkan pelayanan pelanggan!

Pelaku bisnis juga dapat semakin mengoptimalkan penjualan online dengan berjualan di setiap platform: website, marketplace, dan WhatsApp. Selain manfaat yang bisa didapatkan dari tiap solusi di atas, menggunakan SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, dan SIRCLO Chat juga mempermudah pengelolaan stok. Dengan menggunakan ketiga solusi tersebut, stok produk dapat terhubung dan selalu update

#MulaiSekarang jualan online di banyak tempat, solusinya cuma satu! Klik di sini untuk mulai mengelola bisnis online dengan lebih sederhana.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!