Blog

SIRCLO Hadirkan Inovasi Chat Commerce untuk Brands yang Berjualan melalui WhatsApp

Walaupun website dan marketplace telah menjadi opsi berjualan online para sellers dengan berbagai fitur yang memudahkan customers-nya, sebagian besar masyarakat Indonesia masih memilih untuk berbelanja online menggunakan aplikasi chat seperti WhatsApp atau LINE. Chat commerce memiliki porsi besar dalam industri e-commerce Indonesia dengan kepraktisan dan kemudahan yang ditawarkan. Bayangkan, transaksi berbelanja online dapat diselesaikan hanya melalui percakapan. Potensi chat commerce juga didukung oleh perilaku berbelanja shoppers Indonesia.

Baca juga: Trend Teknologi Digital untuk Bisnismu di 2020

Mengenal chat commerce

Chat commerce adalah kegiatan jual-beli yang dilakukan oleh brands dengan memanfaatkan aplikasi chat seperti WhatsApp, di mana seluruh kegiatan transaksi dilakukan dan diselesaikan melalui percakapan di chat. Melalui chat commerce, brands dapat melayani customers dalam melakukan transaksi seperti menjawab pertanyaan seputar produk, menerima dan memproses pesanan, juga mengkonfirmasi pembayaran dan proses pengiriman.

Menurut survey Facebook for Business, 43% shoppers chat commerce Indonesia pertama kali berbelanja online melalui aplikasi chat. Beberapa alasan shoppers menghubungi sellers via chat adalah untuk mendapatkan informasi produk atau harga, respon yang cepat, menanyakan tentang produk custom, negosiasi harga, dan membangun kepercayaan terhadap brands

Namun efisiensi menjadi salah satu permasalahan dalam chat commerce. Customers menuntut respon yang cepat, juga pertanyaan yang sama satu dengan yang lain. Sellers perlu menjawab seluruh pertanyaan yang masuk dan memproses pemesanan langsung dari aplikasi chat, termasuk merekap pesanan, memberikan invoice, dan menyampaikan status pengiriman. Brands pun perlu mempekerjakan lebih banyak admin untuk memenuhi demand dari customers.

Jualan online lebih efisien dengan SIRCLO Chat

Untuk menjawab kebutuhan ini, SIRCLO Chat menghadirkan dashboard chat commerce yang terhubung dengan WhatsApp Business API. Melalui dashboard telah dioptimalkan untuk berjualan online ini, sellers dapat menerima dan membalas pesan dari customers yang dikirimkan ke nomor WhatsApp seller, juga memproses pesanan langsung dari dashboard yang sama.

Dashboard SIRCLO Chat yang terintegrasi dengan katalog dan inventori produk akan mempermudah admin dalam menemukan atau merekomendasikan produk untuk customers. Inventori yang tersinkronisasi juga di-update secara real-time setiap ada produk yang terjual.

Dilengkapi dengan pesan otomatis dan dapat diakses oleh beberapa pengguna sekaligus

Percakapan yang diharapkan oleh pelanggan adalah ketika mereka dapat langsung berinteraksi dengan manusia yang dapat memberikan jawaban kepada mereka. Pertanyaan dari customers yang sama satu dengan yang lain ini sebetulnya dapat diotomatisasi.

  • “Apakah bisa order di sini?”
  • “Cara order gimana ya?”
  • “Produk ini available tidak?”
  • “Apakah order kemarin sudah dikirim?”
  • “Mau beli dong.”

Dengan SIRCLO Chat, sellers dapat menjawab pertanyaan, menyapa customer, dan memberikan format order secara otomatis ketika ada customer yang mengirimkan pesan melalui WhatsApp. Hal ini mempercepat proses penjualan ketika customers sudah benar-benar tahu apa yang ingin mereka beli. Mereka cukup mengisi format order yang dikirimkan secara otomatis, kemudian sellers dapat segera memproses pesanan tersebut.

Brands juga dapat memberikan akses dashboard ke banyak admin untuk menjawab seluruh chat yang masuk dan memantau kinerja tim dalam melayani pelanggan. Dengan begitu, kualitas respon dan performa admin dapat terus terjaga. 

Dirancang untuk membantu bisnis berkembang dan meningkatkan penjualan melalui aplikasi WhatsApp

SIRCLO Chat berupaya memenuhi kebutuhan untuk mendapatkan penjualan dari setiap customer yang menghubungi seller via chat. Selain mengarahkan customer untuk mengisi format order, dashboard SIRCLO Chat juga memiliki fitur untuk memproses pembelian pelanggan.

Fitur ini memungkinkan sellers untuk menambahkan pesanan yang dibuat oleh customer ke shopping cart pada dashboard untuk mempermudah perhitungan belanja dan ongkos kirim. 

Mengirimkan notifikasi langsung ke WhatsApp pelanggan

Setelah pembayaran, customer akan menerima status pengiriman melalui notifikasi WhatsApp. Seluruh respon dan pesan dari sellers melalui dashboard SIRCLO Chat akan muncul sebagai pesan biasa di aplikasi WhatsApp customer. Notifikasi status pesanan penting bagi customers untuk mengetahui apakah pesanan sudah diproses, dikemas atau dikirim. WhatsApp menjadi platform yang tepat untuk memberikan notifikasi karena kemungkinan dibaca dan direspon oleh customer jauh lebih tinggi dibandingkan email. Notifikasi email biasanya akan masuk ke tab promosi atau dianggap sebagai spam.

Baca juga: Tingkatkan Penjualan dengan Software Multichannel E-Commerce Connexi

SIRCLO Chat menawarkan kemudahan bagi sellers maupun customer dalam berbelanja online. Kemudahan ini akan melahirkan lebih banyak online shoppers yang masih kesulitan berbelanja di website maupun marketplace, sekaligus menumbuhkan kepercayaan shoppers terhadap brands

Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut atau mencoba SIRCLO Chat x WhatsApp Business API? Kunjungi kami di chat.sirclo.com atau isi formulir berlangganan di sini.

Jangkau lebih banyak pelanggan dan ubah percakapan menjadi transaksi dengan SIRCLO Chat!

Kami mengerti bahwa kesuksesan bisnis online Anda adalah yang paling utama.

Mulai kisah sukses Anda sekarang juga!