Blog

Sudah Siapkah untuk Berjualan Online?

Ada sebagian pemilik toko offline memutuskan untuk jualan online juga. Sebut saja CocoPinkLabel yang bermula dari toko di Mangga Dua Jakarta atau LGS Generation yang sudah dijual di berbagai department store, keduanya merupakan contoh bisnis yang awalnya menjual produknya di toko offline kemudian membuat toko online. Sebelum memasuki ranah online, sebaiknya kenali dulu jenis-jenis e-commerce di Indonesia lalu putuskanlah kapan saat yang tepat untuk punya website toko online.

Agar semakin mantap, ketahui juga beberapa kelebihan dan tantangan dalam berbisnis online. Keuntungan yang diperoleh dari jualan di internet di antaranya jangkauan pasar yang luas, lebih hemat, kredibilitas tinggi, menunjukkan eksistensi merk, dan kesempatan berinteraksi secara lebih kreatif dengan konsumen. Namun, menjalankan bisnis online juga tidak semudah yang dibayangkan karena dibutuhkan pengetahuan tentang berbagai trik di internet seperti membuat website, pemasaran online, etika kompetisi bisnis di internet, dan yang paling penting komunikasi dengan pelanggan tanpa tatap wajah.

Apabila sudah semakin mantap untuk membuat toko online, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan juga agar semakin terarah dalam melangkah. Simak berikut ini ya.

 

1. Keunikan yang ingin ditonjolkan

Semakin banyak orang yang membuat bisnis online, tentu semakin berat juga persaingan untuk mendapatkan pelanggan hingga akhirnya menjadi sukses. Apabila ingin cepat berkembang, maka usaha kamu perlu memiliki daya jual unik yang sulit ditiru pesaing dan tidak mudah ditemukan konsumen di tempat lain.

Misalnya, kamu memiliki akses ke supplier produk sembako dengan harga murah lalu berencana menjualnya melalui toko online. Sebaiknya pertimbangkan juga beban dari barang-barang sembako karena berat dari produk yang dikirim ke konsumen akan membuat ongkos kirim makin tinggi. Selain itu, komoditi jenis ini merupakan barang sehari-hari yang cukup mudah ditemukan di berbagai toko offline mulai dari warung hingga supermarket. Jadi dalam kasus ini, sebaiknya cari kemas jualan sembako kamu dengan hal unik contohnya dipaketkan tips menghemat listrik dan air, atau sediakan paket bingkisan sembako yang siap dibagikan kepada orang lain.

Menciptakan hal yang unik memerlukan proses serta pembelajaran mengenai apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen. Oleh karenanya, siapkan mental tidak mudah menyerah, berani mencoba serta kemampuan menganalisis peluang pasar. Jika kamu cermati, banyak di antara pemilik bisnis online yang pernah mengalami jatuh bangunnya usaha mereka tapi tetap gigih mengejar peluang yang ada sampai akhirnya merenggut keberhasilan.

 

2. Pembagian tugas dalam menjalankan toko online

Ada banyak hal teknis terkait operasional jualan online yang perlu ditangani setiap harinya mulai dari foto produk, membalas pertanyaan konsumen, sampai barang diterima oleh konsumen. Ditambah lagi mengurus pembelian barang baku untuk dijual, pemasaran secara online, dan membuat laporan keuangan. Untuk itu, kamu perlu identifikasi terlebih dahulu tugas apa dikerjakan oleh siapa dan bagaimana alurnya agar dapat berjalan dengan mulus.

Kamu juga perlu melihat apakah ada tenaga yang bisa mengurus toko online. Terdapat berbagai pilihan untuk memperoleh sumber daya yang akan mengerjakan berbagai tugas tersebut yaitu oleh dirimu sendiri, merekrut orang lain, dan bermitra dengan pihak lain untuk hal-hal spesifik. Pada dasarnya, toko online juga harus dikelola secara profesional seperti toko offline. Jika tidak bisa melayani pelanggan dengan baik, nama baik merk yang sedang kamu bangun berisiko mungkin saja tercemar dan mereka bisa tidak mempercayai toko online kamu lagi, bahkan bisa berpengaruh terhadap toko offline juga.

 

3. Kesiapan konten toko online

Salah satu alasan sebuah toko online urung diluncurkan adalah kurang siapnya berbagai material “pengisi” toko. Dua unsur utama yang dapat memberikan warna bagi toko kamu yaitu foto dan kata-kata. Pikirkan dulu alur pelanggan di toko kamu beserta halaman yang diperlukan agar proses belanja mereka berjalan dengan baik hingga mendapatkan pengalaman yang menyenangkan. Kemudian, buat rancangan desain halaman website serta kata-kata yang sesuai untuk setiap langkah dari proses belanja tersebut.

Diperlukan foto produk yang berkualitas, menarik, namun tetap mampu menggambarkan kondisi produk aktual untuk menarik konsumen. Kamu bisa mengikuti beberapa tips dalam menciptakan foto produk dengan baik atau mengeluarkan biaya untuk jasa fotografer. Hindari mengambil foto dari internet yang tidak bisa dipertanggungjawabkan sumbernya atau malah ternyata melanggar hak cipta. Begitu juga dengan pemilihan kata-kata, ada beragam hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam membuat deskripsi produk. Ingatlah untuk senantiasa memposisikan diri sebagai pelanggan yang berbelanja agar dapat mengantisipasi reaksi mereka terhadap konten website toko online kamu.


Itu tadi beberapa aspek yang perlu kamu pertimbangkan sebelum mulai membuat bisnis online. Jika ternyata sudah siap dan yakin akan sukses, kamu bisa mulai mencari platform pembuatan website toko online terbaik. Semoga sukses!

Buat website toko online Anda hanya dalam 1 menit