Blog

Sukses Optimalkan Toko Online Anda dengan 7 Layanan Berikut

Saat pertama kali membangun bisnis, kamu mungkin masih bisa menangani sendiri keseluruhan operasional bisnis secara end-to-end. Namun seiring berkembangnya usaha, mengurus segala sesuatunya seorang diri akan semakin sulit untuk dilakukan. 

Akan ada banyak hal yang perlu kamu pikirkan seperti cara bikin web jualan, cara memasarkan bisnis yang tepat, cara kerjasama untuk online shop, dan banyak lagi. Jika dikerjakan seorang diri, kinerja malah bisa menjadi kurang efektif.

Dalam membangun bisnis, kamu akan memerlukan bantuan dari berbagai pihak agar bisnis bisa berjalan dengan lancar dan efisien. Memilih partner kerjasama untuk bisnis pun tidak bisa sembarangan. Diperlukan partner yang tepat, profesional, dan terpercaya agar cara kerjasama untuk online shop yang dikerjakan berhasil.

Bagi kamu yang masih bingung dalam memilih layanan untuk usahamu, berikut beberapa rekomendasi yang bisa kamu pertimbangkan:

Modal Usaha

Modal usaha merupakan hal penting yang perlu dicermati baik bagi kamu yang baru ingin memulai bisnis maupun yang sedang mengembangkan usahanya. Kamu akan membutuhkan modal untuk berbagai hal mulai dari untuk produksi barang, membangun tim, marketing, melakukan inovasi, dan banyak lagi.

Beberapa orang mungkin menggunakan dana pribadinya sebagai modal usaha. Namun ada juga cara-cara lain yang bisa kamu tempuh untuk mendapatkan modal. Sekarang ini sudah ada berbagai platform pinjaman digital seperti peer-to-peer lending (P2P). 

Dalam memilih platform P2P, kamu harus berhati-hati agar tidak terjerat hutang dan malah membebani bisnismu. Pilihlah platform-platform yang sudah terpercaya seperti Akseleran atau KoinWorks. Baca ketentuan dan persyaratannya dengan seksama sehingga kamu benar-benar memahami cara kerja pinjaman yang kamu pilih dan bisa menggunakannya dengan tepat.

Baca juga: Lakukan 6 Hal Ini untuk Hindari Review Negatif di Marketplace

Pembuatan Toko Online

Sekarang ini sudah ada begitu banyak platform yang bisa kamu gunakan mulai dari cara buat website untuk jualan online, marketplace, chat commerce, dan banyak lagi. Website kini menjadi bagian penting dari bisnis online untuk meningkatkan kehadiran online serta kepercayaan pelanggan. Apalagi kini semakin banyak orang yang lebih memilih untuk berbelanja online.

Untungnya saat ini sudah ada banyak jasa yang menyediakan cara bikin web jualan dengan mudah, salah satunya SIRCLO Store. Dengan template website yang sudah tersedia dan fitur-fitur bermanfaat lainnya, websitemu akan terlihat profesional dan mudah digunakan oleh customer.

Selain website toko online, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai marketplace untuk memperluas jangkauan toko onlinemu seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, Elevenia, Bukalapak, dan banyak lagi. Pilihlah marketplace yang memang sesuai target pasar dan kategori bisnis. Misalnya jika kamu ingin menjual produk fashion, kamu bisa masuk ke marketplace khusus fashion seperti Zilingo atau Zalora.

Pengelolaan Keuangan

Hal lain yang juga harus dilakukan pebisnis agar usaha bisa terus maju adalah mengelola keuangan dengan tepat. Pengelolaan yang sembrono malah bisa membuat keuangan bisnis macet. Maka itu, salah satu langkah awal yang harus dilakukan pebisnis adalah memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan bisnis. Rata-rata bank menyediakan program keuangan untuk bisnis sehingga memudahkan kamu untuk mengatur finansial bisnismu dengan baik. 

Pemasaran Digital

Memasarkan bisnis secara digital kini bisa dikatakan sebagai sesuatu yang wajib dilakukan pebisnis. Beriklan, bekerjasama dengan influencer, mengadakan campaign, dan berbagai cara lainnya dilakukan sebagai strategi untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan jumlah transaksi.

Dengan semakin banyaknya platform digital seperti Instagram, Facebook, dan TikTok, ada semakin banyak cara kerjasama untuk online shop. Bersamaan dengan itu, bisnis pun harus bisa beradaptasi dengan perkembangan-perkembangan ini. Namun, tiap-tiap platform memiliki cara kerja dan audiens yang berbeda.

Jika kamu membutuhkan bantuan untuk melakukan pemasaran secara lebih optimal, saat ini tersedia banyak agensi pemasaran digital yang dapat membantu usahamu. Contohnya layanan digital marketing seperti PAKAR Jasa dan Boleh Dicoba Digital, jasa media sosial seperti Nanas Media, jasa fotografi profesional seperti Frame A Trip, atau agensi full-service marketing seperti POT Branding House.

Pilih agensi yang memang sesuai dengan brand dan tujuan pemasaranmu. Berikan arahan yang jelas mengenai strategi yang kamu pikirkan dan goal yang ingin kamu tuju agar upaya yang dilakukan bisa benar-benar maksimal.

Baca juga: Inilah Jenis-jenis Produk yang Cocok Dijual Di Toko Online Kamu!

Legal

Saat bisnis sudah semakin berkembang, kemungkinan kamu akan membutuhkan layanan legal seperti untuk mendaftarkan merek, mendirikan perusahaan, mengurus perizinan, atau bahkan untuk menangani perjanjian bisnis. Hal-hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena jika tidak dilakukan dengan benar, bisa menimbulkan masalah ke depannya. 

Agar seluruh perkara legal dan administrasi bisnis dapat berjalan lancar, kamu bisa menggunakan layanan legal seperti Rekan Legal untuk membantumu. Alhasil, kamu tidak perlu memusingkan urusan legal dan bisa fokus mengembangkan usahamu.

Pengiriman & Logistik

Menjalankan bisnis, kamu tidak hanya harus bisa mencari cara untuk menjangkau customer baru tetapi juga harus bisa menjaga kepercayaan pelanggan, salah satunya dengan melayani pengiriman order dengan tepat dan cepat. 

Kamu bisa menggunakan beberapa jasa pengiriman barang seperti Gojek, Grab, atau SiCepat untuk melayani orderan yang berbeda-beda. Prioritaskan order berdasarkan kebutuhan customer, misalnya dengan menangani order dengan pengiriman instan terlebih dahulu. Periksa pembelian dan alamat pelanggan sebelum mengirim barang untuk menghindari kesalahan.

Selain untuk pengiriman ke pelanggan, kamu juga perlu memikirkan logistik untuk mengambil barang dari supplier dan stok produk, apalagi jika kamu memiliki beberapa toko. Jaga ketersediaan produk agar kamu bisa terus memenuhi permintaan pelanggan.  

Layanan Transaksi

Untuk memudahkan pembeli, kamu bisa menyediakan beberapa metode pembayaran. Pembayaran yang rumit bisa membuat konsumen membatalkan pembelian mereka. Maka itu, pastikan transaksi bisa berlangsung dengan lancar dan mudah baik dari prosesnya maupun metode-metode yang tersedia. Kamu bisa menggunakan layanan Midtrans atau Xendit untuk menyediakan infrastruktur pembayaran yang beragam, real-time, dan juga terintegrasi. 

Layanan dan partner-partner yang disebutkan di atas bisa kamu dapatkan dengan cara buat website untuk jualan online melalui SIRCLO Store. Lengkap dengan fitur yang terintegrasi dengan berbagai platform dan layanan yang memudahkan pebisnis, cara bikin web jualan jadi lebih praktis dengan SIRCLO Store.

_________

TENTANG SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online.

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!