Blog

SWIFT by SIRCLO Sajikan Kemudahan Berbelanja dengan Progressive Web Apps

Kecepatan dan kemudahan merupakan faktor penting yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam berbelanja dan melakukan transaksi secara online. Dengan aktivitas berbelanja online yang semakin aktif dilakukan oleh masyarakat, terutama di tengah pandemi COVID-19, kebutuhan platform e-commerce yang responsif juga semakin mendesak. Guna memfasilitasi akses belanja yang lebih efisien, SWIFT by SIRCLO semakin berinovasi dengan merilis PWA (Progressive Web Apps) untuk para pengguna SWIFT. Melalui PWA ini, SWIFT berupaya untuk terus menyajikan inovasi teknologi dan praktik e-commerce terkini, serta membawakan solusi terbaik untuk para pelaku bisnis. Pada Senin (14/9), SWIFT juga telah merilis PWA pertama untuk Kay Collection; meningkatkan page speed website hingga mencapai skor 97 (dari 100). 

Keunggulan Progressive Web Apps

Menurut studi, rata-rata aplikasi kehilangan 20% penggunanya untuk setiap langkah antara kontak pertama pengguna dengan aplikasi dan saat pengguna mulai menggunakan aplikasi. 50% pengguna smartphone juga lebih cenderung untuk menggunakan situs seluler suatu bisnis untuk berbelanja karena mereka tidak ingin men-download aplikasi. Salah satu alasan utama orang meng-uninstall sebuah aplikasi adalah penyimpanan atau memori yang terbatas. 

Namun, ini bukan berarti aplikasi sepenuhnya buruk. Aplikasi yang dapat mengirimkan notifikasi (push notification) dapat mencapai retensi 3 kali lebih banyak daripada aplikasi tanpa notifikasi. Pengguna pun disebut 3 kali lebih cenderung untuk membuka aplikasi dibandingkan website. Ditambah lagi, aplikasi seluler yang didesain dengan baik akan mengonsumsi lebih sedikit data dan akan dapat diakses dengan lebih cepat. 

Website Rasa Aplikasi

PWA memberikan user experience yang mulus kepada shoppers saat mengakses website di browser. Melalui PWA, shoppers bisa merasakan kemudahan berbelanja di website e-commerce dengan karakteristik app yang responsif dan engaging. Tampilan dari PWA sendiri mencerminkan interface dan navigasi layaknya app sesungguhnya. Tidak hanya itu, PWA juga memiliki karakteristik yang fungsional serta dapat mendukung akses dengan browser di berbagai gadget.

Dapat Digunakan di Berbagai Perangkat

Progressive Web Apps disebut progresif karena sifatnya yang dapat digunakan di berbagai perangkat maupun browser baik itu smartphone, tablet, atau laptop. PWA yang telah diinstal dapat berjalan sendiri alih-alih mengandalkan tab browser. Selain itu pengguna juga bisa mencari PWA pada perangkat mereka dan meluncurkannya baik dari home screen, task bar, atau bagian lain dari perangkat mereka.

Menawarkan Pengalaman Customer yang Mudah dan Menyenangkan

Bukan hanya mudah diakses, PWA juga menawarkan pengalaman yang mulus bagi customer. Tampilan dan fungsinya di berbagai perangkat, browser, dan sistem operasi akan tetap konsisten sehingga pengguna bisa menggunakannya di berbagai perangkat tanpa perlu mempelajari fungsi-fungsinya dari awal. Cara kerja PWA yang seperti aplikasi yang memudahkan pengguna dalam menavigasikan dan berinteraksi dengan sistem.

Cepat & Tidak Bergantung Pada Jaringan Internet

Kecepatan merupakan bagian penting dari pengalaman pengguna. Bahkan, saat waktu loading bergerak dari 1 detik menjadi sepuluh detik, kemungkinan pengguna meninggalkan website meningkat hingga 123%. Performa website mempengaruhi seluruh pengalaman customer, termasuk terhadap bagaimana mereka memandang website dan bisnismu. 

Namun, terkadang internet yang lambat atau bahkan mati membuat pengalaman customer menjadi terganggu. Karakteristik PWA yang tidak bergantung pada jaringan internet membuatnya masih bisa tetap diakses saat internet mati atau lambat sehingga pengunjung masih tetap dapat melihat-lihat dan mengakses katalog produk.

Update Otomatis

Saat menggunakan aplikasi, pengguna seringkali diminta untuk meng-update aplikasinya untuk bisa menggunakan fitur-fitur terbaru. Dengan PWA, pengguna tidak perlu repot-repot meng-update aplikasi secara manual karena PWA akan ter-update secara otomatis. Selain itu, hal ini juga akan memudahkan kamu untuk memastikan customer mengakses versi terbaru dari websitemu. 

Mudah Dicari

Karena Progressive Web Apps merupakan sebuah website, PWA akan dapat dicari di mesin pencari seperti Google. Ini merupakan salah satu kelebihan dari PWA dibandingkan aplikasi asli yang terkadang sulit ditemukan di mesin pencari. Selain itu, PWA juga tidak bergantung pada sistem operasi sehingga bisa digunakan dengan mudah baik di iOS, Android, ataupun Windows.

Mampu Meningkatkan Engagement

Pengguna smartphone akan lebih cenderung untuk membeli barang dari suatu website yang menawarkan rekomendasi yang relevan. Selain itu, 85% pengguna smartphone juga mengatakan bahwa notifikasi dapat mendorong mereka untuk membeli produk. Melalui fitur push notifications pada PWA, pebisnis dapat menarik perhatian pelanggan serta meningkatkan jumlah pengunjung, engagement, maupun conversion rate.

Instalasi Mudah

Ketika seseorang menggunakan Progressive Web Apps, mereka akan bisa segera menggunakannya tanpa perlu mengunduh dan menginstal aplikasi dari App Store atau Play Store, kemudian memberikan akses. Pengguna hanya tinggal menambahkan ke homescreen dan PWA akan terpasang secara otomatis. Saat mereka membuka kembali aplikasi, mereka akan langsung mendapatkan versi terbaru secara otomatis pula. 

PWA memberikan kesempatan yang unik bagi brand untuk menyediakan pengalaman web yang menyenangkan bagi customer. Menggunakan fitur web terbaru untuk menghadirkan kemampuan yang optimal, PWA memungkinkan website toko online kamu untuk diinstal dan diakses oleh siapapun, kapanpun, dengan perangkat apapun hanya dengan satu basis kode.  

Fitur PWA kini juga sudah tersedia di layanan SWIFT by SIRCLO. Para klien SWIFT akan mendapatkan versi PWA dari website e-commerce mereka tanpa tambahan biaya apapun, dan akan meningkatkan performa bahkan penjualan di website! 

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!