Blog

Tarik Perhatian Calon Pembeli yang Tepat dengan Buyer Persona

Apa kamu sudah menggunakan buyer persona sebagai acuan untuk setiap strategi marketing dan promosi bisnis online kamu? Setiap bisnis harus tahu siapa calon pembeli yang tepat dan bagaimana cara efektif untuk memasarkan produk pada mereka, supaya tidak ada effort yang jadi sia-sia.

Sebenarnya apa ya buyer persona? Untuk yang belum tahu, itu adalah potret customer ideal yang diciptakan berdasarkan akumulasi data akurat dari customer yang sudah ada saat ini. Setiap langkah marketing yang kamu buat nantinya akan mengacu pada kebutuhan spesifik, perilaku, dan minat buyer persona, jadi kamu harus menciptakannya dengan serinci mungkin.

 

Meciptakan Buyer Persona

Hal paling pertama yang harus dilakukan adalah mengumpulkan data dari customer, calon pembeli potensial, dan orang lain yang seusai dengan audience target bisnis kamu. Caranya bisa dengan melakukan survey di website toko online, riset berdasarkan database kontak, atau melakukan wawancara langsung.

Supaya buyer persona bisa membantu kamu untuk menarik perhatian calon pembeli yang tepat, kumpulkan beberapa data ini:

Ringkasan. Siapa customer kamu? Apa yang menjadi tanggung jawab mereka? Bagaimana biasanya mereka menghabiskan hari?

Pekerjaan. Apa pekerjaan mereka dan di bidang apa?

Demografi. Berapa umur mereka dan apa status pernikahannya?

Lokasi. Dimana mereka tinggal dan bekerja?

Goal. Apa saja aspirasi dan tanggung jawab mereka?

Kendala/Kesulitan. Apa yang menjadi kendala atau kesulitan bagi mereka? Hal ini penting untuk diketahui supaya kamu bisa membantu memberikan solusi.

Komunikasi. Apa saja yang biasanya mereka lakukan ketika sedang online? Kemana mereka biasa mencari informasi?

Keberatan. Apa yang akan menjadi alasan mereka untuk tidak membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan?

Pesan Marketing. Apa hal yang mereka harapkan untuk bisa membuat keadaan menjadi lebih baik?

Gunakan hasil data untuk mengidentifikasi pola dan kesamaan dari semua jawaban untuk menciptakan identitas buyer persona dan mengetahui faktor kunci untuk menarik perhatian calon pembeli yang tepat. Sebaiknya evaluasi buyer persona setiap beberapa bulan sekali, untuk memastikan kalau semua data masih akurat dan sejalan dengan customer yang kamu dapatkan.

 

Menarik Perhatian Calon Pembeli Yang Tepat

Setelah memiliki gambaran jelas mengenai customer ideal, serta berbagai kendala dan kesulitan yang mereka alami, kamu bisa lebih mudah membuat strategi marketing yang lebih efektif untuk menjangkau, menghubungkan diri, dan mempertahankan customer dan calon pembeli yang tepat. Gunakan juga buyer persona untuk:

l  Mengembangkan atau memperbaharui produk dan layanan berdasarkan kebutuhan dan keinginan calon pembeli ideal.

l  Membangun komunikasi yang tepat, dengan menggunakan bahasa, platform, dan penyampaian yang sesuai dengan karakter calon pembeli ideal.

l  Menyoroti apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh calon pembeli ideal, untuk menghasilkan lebih banyak lead potensial.

l  Menciptakan foto produk dan konten visual lain sesuai dengan selera dan gaya hidup customer dan calon pembeli ideal.

Setiap strategi marketing, promosi, atau komunikasi apapun yang kamu buat, selalu uji dahulu dengan menggunakan buyer persona untuk tahu apakah sudah efektif untuk dijalankan atau masih butuh perbaikan.

 

Jadi, kalau kamu menganggap buyer persona sebagai pribadi nyata yang butuh solusi untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya, pasti deh akan lebih mudah untuk menarik perhatian calon pembeli yang tepat.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!