Blog

Terapkan 5 Hal Ini untuk Tingkatkan Penjualanmu Selama PPKM Darurat

Meningkatnya jumlah kasus Covid-19 membuat pemerintah memberlakukan PPKM darurat di pulau Jawa dan Bali. Tentunya dengan adanya kebijakan ini diharapkan jumlah kasus bisa menurun dan ekonomi pun kembali membaik. Namun, penerapan PPKM darurat tentu berpengaruh pula terhadap operasional bisnis.

Beberapa bisnis pun harus beralih sebagian atau bahkan sepenuhnya ke platform penjualan online. Agar bisnis tetap berjalan dan penjualan tetap optimal, pelaku usaha perlu melakukan adaptasi dan penyesuaian strategi, salah satunya dari segi pemasaran.

Berikut beberapa cara memasarkan penjualan secara online yang dapat kamu lakukan:

Evaluasi Kembali Perilaku Konsumen

Pertama, evaluasi dulu perilaku target konsumenmu. Adanya PPKM darurat mungkin mengubah kebiasaan mereka. Misalnya jika tadinya mereka sering membeli makan di luar, sekarang jadi lebih cenderung untuk masak di rumah. 

Kamu bisa melakukan ini dengan beberapa cara, misalnya dengan berbincang dengan sejumlah customer bisnismu, melakukan riset kata kunci, menganalisis kompetitor, atau memperhatikan tren-tren yang ada.

Selain kebiasaan, kamu juga mengevaluasi cara mereka berbelanja. Misalnya apabila mereka sebelumnya lebih suka belanja di toko, bagaimana dengan sekarang? Channel dan metode pembayaran apa yang mereka gunakan untuk berbelanja? Dengan mengetahui perubahan perilaku konsumen, kamu pun akan lebih mudah untuk beradaptasi dan memenuhi kebutuhan mereka. 

Baca juga: 5 Strategi SEO yang Sering Terlupakan saat Menulis Artikel Blog

Menyesuaikan Stok

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam melakukan pemasaran dan penjualan online adalah stok. Apabila sebelumnya kamu juga menjual produk secara online, kamu bisa menganalisis penjualan-penjualanmu sebelumnya untuk mencari tahu kondisi permintaan pasar di platform online. 

Jika kamu belum pernah berjualan secara online, kamu bisa menganalisis kompetitor atau bisnis lain yang memiliki target pasar yang mirip dengan bisnismu. Dari sini, kamu bisa mendapatkan gambaran mengenai jumlah stok yang kira-kira kamu butuhkan untuk memenuhi permintaan pasar. 

Kamu bisa mulai dari jumlah stok yang secukupnya terlebih dahulu. Dari hasil yang terjual, kamu bisa menyesuaikan kembali jumlah stok. Jika kamu berjualan di marketplace, pastikan jumlah tersebut ter-update secara otomatis. 

Tingkatkan Kehadiran Online

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kehadiran online. Yang pertama kamu perlu lakukan adalah memastikan informasi bisnismu pada channel-channel yang kamu gunakan lengkap, jelas, dan mudah ditemukan. Informasi-informasi yang penting untuk diperhatikan di antaranya adalah kontak, katalog dan deskripsi produk, lokasi, dan jam operasional. 

Setelah itu, kamu bisa membagikan konten-konten yang bermanfaat. Misalnya jika kamu memiliki blog pada website toko online bisnismu, sediakan konten yang relevan dan berguna bagi target customer. Terapkan juga strategi SEO untuk meningkatkan visibilitas. 

Manfaatkan pula media sosial untuk menjangkau dan menjalin hubungan dengan customer. Bagikan konten-konten visual yang menarik perhatian dan bangun interaksi dengan konsumen. Kamu juga bisa mengirimkan email marketing secara berkala untuk tetap terhubung dengan calon pembeli maupun customer.

Baca juga: Terapkan Tips Fotografi Produk untuk Bisnis Online Agar Dilirik Konsumen

Manfaatkan Online Ads

Salah satu aspek penting dalam strategi bisnis online adalah iklan atau ads. Agar kehadiran online bisnismu disadari oleh target konsumen, kamu bisa memanfaatkan iklan digital atau online ads di berbagai platform. Dengan cara ini, kamu bisa menjangkau banyak konsumen dengan cepat dan luas.

Agar iklan lebih tepat sasaran, kamu bisa memasang iklan pada platform-platform yang memang banyak digunakan oleh target konsumenmu. Selain itu, kamu juga bisa mengatur target iklanmu misalnya dari segi demografi, geografi, hingga interest. Dengan cara ini, iklanmu tidak hanya akan dilihat oleh banyak orang tetapi juga bisa mendongkrak penjualan.

Berikan Promo Ongkir

Karena kebanyakan aktivitas beralih ke ranah online, kebanyakan konsumen pun memenuhi kebutuhan mereka menggunakan jasa pengiriman. Maka itu, sebagai pelaku usaha kamu harus menyiapkan sistem delivery yang dapat diandalkan agar bisa menjangkau customer

Di sisi lain, biaya pengiriman yang tinggi seringkali membuat calon pembeli membatalkan pembeliannya. Untuk menarik konsumen, kamu bisa memberikan promo potongan atau gratis ongkir. Kamu bisa memberikan promo khusus bagi customer baru maupun pelanggan setia. Pastikan juga pengiriman yang dilakukan tepat waktu. Dengan begitu, customer akan merasa senang dan puas berbelanja dari bisnismu.

Pilih Channel yang Tepat

Terakhir, pilihlah channel penjualan yang tepat untuk bisnismu. Kamu bisa memilih channel penjualan berdasarkan hasil evaluasi perilaku konsumen yang telah kamu lakukan. Agar jangkauan lebih luas, gunakan lebih dari satu channel dari integrasikan channel-channel tersebut.

Misalnya jika kamu berjualan di website toko online, marketplace, dan Whatsapp, kamu bisa menautkan profil marketplace dan kontak Whatsapp bisnismu di website toko online. Begitu pula sebaliknya, kamu bisa mencantumkan website toko online dan kontak Whatsapp bisnismu di profil marketplace. Selain memudahkan customer untuk menghubungimu, ini juga membuat bisnis terlihat lebih profesional.

Dalam memanfaatkan banyak channel penjualan online, pastikan data-data di tiap channel saling terhubung. Hal ini akan memudahkan kamu mengelola bisnis serta menghindari terjadinya kesalahpahaman dari sisi customer

Untuk mendukung aktivitas penjualan online, kamu bisa memanfaatkan SIRCLO Store yang memungkinkan kamu untuk mengelola seluruh channel penjualan serta performanya dalam satu dashboard. Mengembangkan strategi bisnis online jadi lebih praktis dan efisien! Klik di sini untuk memulai.

Tentang SIRCLO

Dimulai pada tahun 2013, SIRCLO adalah perusahaan solusi e-commerce terdepan di Indonesia yang membantu brands berjualan online. SIRCLO menawarkan solusi yang terbagi menjadi 2 kategori utama, yaitu solusi entrepreneur dan enterprise. Pada kategori entrepreneur, SIRCLO menawarkan platform pengelolaan toko online UMKM untuk berjualan di 3 platform yang berbeda (website, marketplace, chat commerce), yaitu SIRCLO Store. Pada kategori enterprise, SIRCLO menawarkan layanan e-commerce enabler secara end-to-end melalui SIRCLO Commerce dan solusi pengembangan teknologi omnichannel melalui ICUBE by SIRCLO.

SIRCLO telah melayani lebih dari 100.000 brands untuk mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear, serta dipercaya oleh brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, dan Levi’s. Berlokasi di Green Office Park 1, The Breeze (BSD – Serpong), hari ini SIRCLO memiliki 700 karyawan serta perwakilan yang berbasis di Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!