Blog

Terapkan 5 Strategi Ini Agar Penjualan Tidak Menurun Pasca Lebaran

Berbeda dengan momen menjelang Idul Fitri dimana penjualan biasanya memuncak, setelah Lebaran penjualan cenderung akan menurun. Hal ini dikarenakan tingkat konsumsi masyarakat kembali normal. 

Penurunan yang drastis ini banyak dirasakan oleh banyak pebisnis. Namun sebenarnya ada sejumlah strategi bisnis yang bisa diterapkan untuk mempertahankan tingkat penjualan usai Lebaran 2021. Berikut beberapa di antaranya:

Lakukan Analisis

Hal pertama yang perlu dilakukan setelah Lebaran selesai adalah menganalisis penjualanmu, mulai dari jumlah produk yang terjual, pendapatan, produk yang paling laku, promo yang paling efektif, dan lain-lain.

Dari sini kamu bisa mendapatkan insight mengenai strategi bisnis mana yang efektif untuk menarik konsumen dan mana yang kurang tepat. Data-data tersebut akan membantumu menentukan strategi yang dapat kamu gunakan selanjutnya untuk menjaga tingkat penjualan pasca lebaran 2021. 

Baca juga: Tips Alokasi THR untuk Memulai Bisnis Pasca Idul Fitri 2021

Adakan Promosi Pasca Lebaran

Terlepas dari momentumnya, customer akan selalu tertarik dengan promo. Maka itu, penting juga untuk mempersiapkan promosi sebagai strategi jualan online pasca Lebaran 2021 ini untuk mengantisipasi penurunan transaksi. Kamu bisa menerapkan promo-promo yang paling banyak diminati oleh customer berdasarkan analisis yang sudah dilakukan sebelumnya.

Buat Program Spesial Bagi Pelanggan

Di antara para pembeli yang melakukan transaksi di tokomu selama bulan Ramadan, kemungkinan besar ada customer yang baru pertama kali berbelanja di tempatmu. Untuk mempertahankan customer baru agar mereka menjadi pelanggan, kamu bisa mengadakan program spesial.

Kamu bisa memberikan promo, voucher, reward bagi pelanggan sebagai strategi jualan online, misalnya promo gratis ongkir bagi mereka yang telah berbelanja dengan total nominal tertentu pada pembelian sebelumnya atau voucher diskon bagi pembelian kedua. Dengan begitu, mereka akan merasa lebih diperhatikan dan tertarik untuk membeli produkmu lagi.

Baca juga: Ini Dia 5 Peluang Usaha Setelah Lebaran yang Bisa Kamu Jalankan

Manfaatkan Media Sosial untuk Membangun Interaksi

Menjalankan strategi jualan online tidak bisa lepas dari yang namanya media sosial. Aktif di media sosial menjadi salah satu cara untuk mempertahankan penjualan. Kamu bisa mengunggah konten-konten yang mendorong followers untuk memberikan respons atau komentar agar tingkat engagement naik.

Cara lain yang juga bisa diterapkan adalah dengan mengadakan kontes atau giveaway. Ajak mereka untuk mengunggah foto atau postingan dengan produkmu. Selain dapat menjaga interaksi dengan pelanggan, cara ini juga bisa memperluas jangkauan bisnismu.

Tawarkan Paket atau Bundling

Strategi bisnis yang juga banyak diterapkan adalah dengan menjual produk ke dalam bentuk paket atau bundling. Tawarkan beberapa produk yang kamu rasa bisa saling melengkapi dengan harga yang lebih murah. 

Apabila kamu masih memiliki stok sisa, kamu juga bisa menggabungkan produk tersebut dengan produk yang paling laku. Dengan begitu, kamu bisa menghabiskan stok sekaligus mempertahankan penjualan.

Berubahnya angka penjualan pasca Lebaran memang tidak bisa dihindari. Namun kamu bisa mengantisipasi turunnya penjualan pada Lebaran 2021 ini dengan menerapkan kelima strategi di atas. Alhasil, pelanggan pun tetap aware terhadap aktivitas tokomu. 

____

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!