Blog

Terapkan 5 Strategi Ini untuk Hadapi Harbolnas

Menjelang akhir tahun, banyak momen-momen spesial yang menawarkan promo menarik bagi konsumen salah satunya harbolnas yang diadakan setiap bulannya mulai dari 9.9, 10.10, hingga puncaknya di Harbolnas 12.12. Ini menjadi peluang bagi pebisnis untuk menjangkau konsumen online yang jumlahnya terus bertambah.

Berdasarkan data pada SIRCLO Insights, beberapa kategori produk yang paling banyak dicari saat Harbolnas 9.9 dan 10.10 di antaranya makanan & minuman, kebutuhan pribadi, dan perlengkapan rumah tangga. Lebih lanjut lagi, data SIRCLO juga menunjukkan bawa dibandingkan dengan tahun lalu, permintaan dari daerah di luar provinsi Jawa dan Bali secara keseluruhan meningkat 5 kali lipat.

Baca juga: Kenapa Pesta Belanja Online Semakin Marak? Ini Alasannya

Menurut riset, potongan harga merupakan pendorong utama dari keputusan pembelian konsumen. Makanya menjelang Harbolnas banyak brand berlomba-lomba untuk memberikan promo besar-besaran untuk menarik konsumen. Dengan jangkauan konsumen yang semakin luas, pelaku bisnis perlu menyiapkan strategi untuk meningkatkan penjualannya saat Harbolnas. Berikut beberapa tips dari SIRCLO Insights yang bisa kamu terapkan untuk meraih lebih banyak customer dan mengoptimalkan bisnis saat Harbolnas 11.11 dan 12.12. 

Bangun Awareness

Membangun awareness merupakan langkah penting dalam menjalankan strategi marketing. Sebelum membeli suatu barang, customer tentu harus mengenal terlebih dahulu mengenai brand-mu. Sehingga saat mereka membutuhkan produk yang kamu jual, brand kamulah yang akan mereka pertimbangkan dan pilih untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Apalagi saat ini konsumen setiap harinya menghadapi begitu banyak konten dan melihat berbagai macam brand melalui smartphone mereka. Agar bisa dikenal, brand harus bisa menangkap perhatian mereka. 

Salah satu langkah yang bisa dilakukan pelaku bisnis adalah mengalokasikan anggaran untuk iklan berbayar. Iklan ini sebaiknya direncanakan secara strategis agar bisa menjangkau konsumen yang tepat dan meningkatkan eksposur brand. Misalnya, brand bisa beriklan pada banner halaman awal di platform marketplace sehingga informasi brand akan menjadi hal pertama yang dilihat konsumen saat mereka membuka platform tersebut. Selain beriklan pada pihak eksternal, kamu juga bisa meningkatkan awareness melalui secara internal misalnya dengan mengadakan diskon cuci gudang untuk menarik customer untuk melihat-lihat toko.

Buat Strategi yang Unik untuk Masing-Masing Channel

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam menjalankan langkah ini. Pertama, setiap saluran penjualan memiliki kelompok konsumennya sendiri baik dari segi demografi maupun perilaku. Untuk bisa menjangkau konsumen-konsumen ini secara efektif, brand dapat memanfaatkan keragaman ini dengan menentukan strategi yang berbeda dan unik untuk tiap grup konsumen.

Misalnya, jika kebanyakan konsumen satu marketplace adalah perempuan, brand bisa lebih fokus untuk memberikan promosi dan membagikan konten yang relevan bagi perempuan. Dengan cara ini, brand lebih bisa membangun hubungan yang baik dengan konsumen. 

Kedua, buat juga strategi untuk meningkatkan analisis toko online. Saat menganalisis data, ada tiga aspek utama yang perlu diperhatikan yaitu lalu lintas (traffic), ukuran keranjang, dan tingkat konversi. Performa dari ketiga aspek ini bisa bervariasi dari waktu ke waktu tergantung pada faktor-faktor tertentu, tetapi brand dapat mengalihkan fokus secara berkala pada aspek-aspek yang membutuhkan peningkatan. Untuk mengatasi performa yang rendah, strategi seperti flash sale di seluruh toko berpotensi untuk memikat konsumen agar mengunjungi tokomu dan berbelanja lebih banyak dari biasanya.

Tawarkan Paket Bundling untuk Meningkatkan Jumlah Transaksi

Semakin banyak produk yang bisa kamu tunjukkan kepada konsumen, semakin baik. Untuk melakukan ini, salah satu strategi yang bisa kamu terapkan adalah menjual produk secara bundling

Namun, produk yang dipilih untuk paket bundling tidak bisa dipilih secara asal. Sebaiknya pilih 2 atau lebih produk yang masih berhubungan untuk meningkatkan kemungkinan paket bundling tersebut dibeli oleh konsumen. Misalnya, menawarkan paket bundling berisi sejumlah peralatan dapur. Saat konsumen melihat korelasi yang menguntungkan dari gabungan dari kedua atau lebih produk tersebut, paket bundling tersebut akan terlihat lebih bernilai di mata konsumen.

Berkolaborasi dengan Brand atau Produk Lain yang Permintaannya Tinggi

Produk yang paling banyak dicari konsumen terus berubah seiring berjalannya waktu. Namun, di saat suatu produk memiliki permintaan yang tinggi, orang akan secara otomatis tertarik untuk mencoba atau membelinya. 

Maka itu, pelaku bisnis perlu mengetahui tren-tren terbaru dan terbuka untuk berkolaborasi dengan brand lain yang banyak dikenal oleh konsumen. Kolaborasi demikian tidak hanya dapat membantu brand memperluas target pasar mereka, tetapi juga memberikan nilai tambah pada brand itu sendiri.

Terutama di masa pandemi seperti ini dimana kesehatan menjadi begitu penting, brand dapat mempertimbangkan untuk berkolaborasi dengan produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen saat ini tanpa perlu mengubah arah bisnis.

Beri Reward yang Bermanfaat Bagi Customer

Selain berkolaborasi dengan brand ternama, opsi lain yang bisa dipertimbangkan adalah memberikan reward kepada customer. Semua orang tentu senang menerima hadiah atau suatu produk secara gratis. Gunakan gimmick atau berikan konteks pada produk yang paling banyak dicari agar target konsumen akan memilih produkmu saat berbelanja. Misalnya, apabila produkmu merupakan produk yang digunakan saat sedang di luar rumah, kamu bisa memberi reward berupa kategori produk lain yang juga digunakan di luar rumah. Hubungan antara kedua produk tersebut dapat memberikan nilai tambah kepada produk maupun brand

Baca juga: SIRCLO Dukung UMKM dan Brand Lokal melalui Program #MulaiSekarang

Dengan menentukan target konsumen dengan tepat, mempertimbangkan opsi dan kesempatan yang ada, serta terus berinovasi melalui berbagai channel penjualan, bisnis pun dapat maju dan mencapai targetnya. Menyambut Harbolnas, kamu bisa memaksimalkan channel penjualan manapun dan SIRCLO punya pilihan inovasi teknologi yang tepat. Kunjungi website SIRCLO untuk informasi lebih lanjut atau langsung cari solusi terjangkau dari SIRCLO yang bisa kamu optimalkan #MulaiSekarang!

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!