Blog

Terapkan Tips-Tips Ini Agar Bisa Bersaing dengan Kompetitor di Marketplace

Salah satu alasan banyak orang memilih untuk berjualan di marketplace adalah kemudahannya. Tanpa perlu proses yang panjang atau modal yang besar, kamu sudah bisa langsung buat toko online dan mulai berjualan.

Namun dengan kemudahan tersebut, juga muncul tantangan lain, yaitu begitu banyaknya jumlah orang yang berjualan di marketplace. Artinya target konsumenmu semakin punya banyak pilihan untuk berbelanja. Hal ini membuat tingkat persaingan di marketplace menjadi tinggi. Jika tidak bisa menyiasati hal ini, lapakmu bisa kalah saing dengan toko lainnya. 

Baca juga: 8 Tips Ampuh Supaya Jualan Laris Manis di Marketplace

Supaya kamu bisa unggul dari kompetitor di marketplace, ada sejumlah cara yang bisa kamu terapkan. Berikut beberapa di antaranya:

Kenali Target Konsumenmu

Salah satu faktor paling penting agar bisa sukses berbisnis, termasuk juga berjualan di marketplace, adalah mengenali siapa target konsumenmu secara jelas. Dengan benar-benar mengenal target pasar, kamu jadi bisa menyiapkan strategi dan rencana yang relevan serta tahu cara berkomunikasi dengan mereka.

Misalnya target pasarmu adalah pekerja kantoran. Mereka mungkin akan melihat-lihat produk di marketplace saat jam makan siang atau jam pulang kantor. Karena sibuk, mereka mungkin lebih suka untuk berbelanja di lapak yang cepat membalas chat

Riset Kompetitor

Untuk bisa lebih unggul dari pesaing, kamu tentu harus tahu terlebih dahulu siapa saja pesaingmu. Cari tahu apa keunggulan maupun kelemahan mereka. Analisis strategi yang mereka gunakan untuk memenangkan konsumen, kemudian bandingkan dengan kelebihan, kekurangan, maupun strategimu.

Apabila lapakmu masih baru, kamu bisa mencari diferensiasi yang membedakan tokomu dengan toko pesaing, misalnya kualitas produk, harga, atau kecepatan pelayanan. Jadi kamu bisa menawarkan nilai jual sendiri yang belum dimiliki oleh pesaing. 

Pelajari Lebih Lanjut Tokomu

Kamu juga perlu memahami tokomu sendiri lho. Caranya? Kamu bisa melihat performa tokomu di marketplace. Berapa banyak pengunjung yang datang ke tokomu? Berapa banyak penjualanmu dalam sebulan? Produk apa yang performanya bagus dan produk mana yang kurang? 

Misalnya jika tokomu banyak pengunjung tetapi penjualannya rendah, mungkin produk yang kamu jual harganya lebih mahal dibanding toko lainnya. Ada banyak data yang bisa kamu pelajari dan analisis berdasarkan performa toko. Berdasarkan data tersebut, kamu bisa menyusun langkah selanjutnya. 

Pertahankan Kualitas Produk

Menjangkau target konsumen baru dan meningkatkan jumlah pelanggan memang penting, tapi yang tak kalah penting adalah mempertahankan loyalitas pelanggan yang sekarang. Di saat penjualan meningkat, terkadang pebisnis bisa lengah dan akhirnya tidak memperhatikan kualitas produk. Alhasil, pelanggan yang sudah ada malah bisa kabur ke kompetitor. 

Maka itu, kamu selalu harus memperhatikan setiap produk yang kamu kirimkan ke pelanggan. Jika pelanggan puas, mereka pun tidak akan ragu merekomendasikan tokomu ke orang lain dan memberi rating yang bagus sehingga reputasi tokomu juga baik.

Jangkau Konsumen

Ada banyak cara untuk menjangkau konsumen. Salah satu cara mudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan memberikan promo khusus dan menginfokannya ke pengikut lapakmu baik melalui feed, media sosial, Whatsapp, maupun website toko online

Kamu juga bisa berinteraksi dengan pengikut dan membuat konten-konten yang menarik bagi mereka di web jualan online-mu ataupun di media sosial. Jangan lupa hubungkan lapakmu dengan platform-platform tersebut. Dengan cara-cara ini, tokomu jadi mudah diingat oleh target konsumen. 

Berikan Pengalaman Berbelanja yang Menyenangkan

Kamu tentu akan malas berbelanja di toko yang prosesnya ribet, bukan? Begitu pula di marketplace, berikanlah pengalaman berbelanja yang mudah dan menyenangkan. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan. Misalnya membalas chat dengan cepat, memberikan pilihan pembayaran dan pengiriman yang beragam, dan hal-hal lainnya. Semakin mudah dan fleksibel, pembeli pun pasti akan lebih senang. 

Kelola Stok

Terakhir, pastikan kamu mengelola stok produkmu dengan baik. Jangan sampai konsumen sudah siap membeli tapi malah produknya tidak ada. Hal ini terutama penting untuk diperhatikan jika kamu berjualan di beberapa marketplace. Kamu bisa mengakalinya dengan menyediakan stok lebih terutama untuk produk-produk favorit. 

Baca juga: Tingkatkan Penjualan dengan Software Multichannel E-Commerce Connexi

Mengelola stok bisa menjadi hal yang rumit. Apalagi jika bisnis semakin berkembang. Walaupun kelihatannya simpel, tapi mengurus inventori bisa memakan waktu. Untuk mempermudah proses menjalankan bisnis online lewat marketplace, kamu bisa memilih sistem manajemen yang berkualitas seperti Connexi. Di Connexi, kamu bisa mengelola lapak-lapakmu dengan mudah mulai dari memperbarui produk, update stok, memantau pengiriman, dan banyak lagi. Mimpi sukses jualan online pun bisa tercapai!

Kami mengerti bahwa kesuksesan bisnis online Anda adalah yang paling utama.

Mulai kisah sukses Anda sekarang juga!