Blog

Tingkatkan Brand Awareness Dengan Endorsement

Endorse atau endorsement adalah bentuk periklanan yang menggunakan tokoh terkenal yang diakui, dipercaya, dan mendapat rasa hormat dari banyak orang. Tokoh atau selebritis yang terpilih menjadi endorser bertanggung jawab untuk mempromosikan produk atau jasa perusahaan terkait untuk menjangkau audiens.

Tujuan dari endorse adalah mendorong masyarakat untuk turut menggunakan produk atau jasa tersebut. Biasanya pihak perusahaan menggunakan jasa influencer berdasarkan ketenarannya, target pasar, serta kesesuain background influencer dengan brand. Adapun influencer terdiri dari berbagai latar belakang. 

Biasanya mereka aktif dan memiliki banyak pengikut di beberapa platform yang diselami. Entah itu Instagram, Twitter, Tiktok, ataupun Youtube. Lantas, dalam melakukan cara meningkatkan brand awareness menggunakan endorsement, kriteria seperti apa yang harus diperhatikan untuk menyerahkan jasa yang satu ini, simak beberapa kriteria berikut.

Komitmen

Influencer yang baik adalah yang mampu menjaga komitmen kerja. Salah satunya jika usaha bisnis kamu bekerjasama dengan dia, butir-butir perjanjian bisa dijalankan dengan baik tanpa adanya kendala pasti. Hal ini bisa menjadi acuan kamu untuk menentukan influencer yang tepat. Secara penilaian sikap, influencer tipe ini bisa diajak kerjasama dengan baik.

Pasalnya, banyak juga influencer yang tidak berkomitmen sesuai dengan kontrak. Terlebih jika influencer melakukan kerjasama juga dengan brand kompetitor padahal sudah menjalin kontrak dengan usaha bisnis kamu. Sikap seperti ini perlu diketahui sebelum terjadinya masalah. Kamu bisa mencari tahu lewat pengalaman brand yang sudah bekerjasama dengan influencer terkait.

Baca juga: Tingkatkan Brand Awareness Dengan Terapkan Cara Ini

Kesesuaian Dengan Brand

Salah satu kriteria penting dalam menentukan influencer adalah kesesuaiannya dengan brand kamu. Contohnya, saat kamu memiliki produk usaha makanan berenergi, sangat tidak mungkin menggunakan jasa influencer yang biasanya bergerak di bidang masak-memasak. Pasti kamu akan memilih influencer yang rajin berolahraga atau bahkan atlet.

Hal tersebutlah yang dinamakan kesesuaian dengan brand. Jika sudah menemukan kesesuaian, kamu akan mendapatkan brand awareness yang tepat dari para pengikut influencer terkait. Tengok juga pengalaman influencer yang disasar berdasarkan brand yang mirip denganmu, dampak apa saja yang mereka dapatkan dan lakukan target.

Citra Influencer

Citra seorang influencer memang memiliki peran besar bagi sebuah brand. Citra endorser yang baik akan turut meningkatkan citra perusahaan. Pasalnya, citra influencer yang baik dimata masyarakat akan membuat para masyarakat ikut serta dan mengikuti apa yang influencer lakukan. Begitupun apa yang direkomendasikan influencer.

Bisa menjadi nilai plus jika influencer tersebut memiliki pengetahuan yang sesuai dengan brandmu. Mereka akan lebih mudah membuat konten yang kreatif agar sampai kepada para pengikutnya. Influencer yang memasarkan brand lewat cara yang kreatif juga bisa menambah kesan originalitas bagi kamu untuk memilihnya.

Baca juga: Makin Nyaman Pake SIRCLO Store, Update Fitur Terbaru dan Harga Bersaing

Tingkat Ketenaran

Semakin tinggi tingkat ketenaran seorang influencer, maka semakin mahal pula biaya yang harus dikeluarkan. Namun, jika kamu memiliki keyakinan serta modal yang besar, tak ada salahnya memakai jasa influencer yang memiliki tingkat ketenaran tinggi. Sebab, untuk beberapa influencer tenar, strategi marketing yang dilakukan sudah pasti berhasil.

Selain itu, semakin besar nama influencer tersebut, akan semakin melambungkan juga nama brand yang sedang dipromosikan. Terlebih jika influencer terkait memiliki basis pengikut yang suportif. Dengan begitu, kamu bisa menyentuh masyarakat luas dari berbagai lapisan strata atau kelas sosialnya.

Potensi Influencer

Selain influencer yang sudah memiliki nama besar, kamu juga bisa memakai jasa influencer yang biasa saja namun memiliki potensi menjadi influencer besar dimasa depan nanti. Tanda-tanda suatu influencer akan terkenal bisa dilihat dari awal mula memulai karir sampai bakat potensial yang dimiliki.

Influencer potensial juga masih memiliki harga yang relatif murah. Sehingga, kamu bisa memakai jasanya dengan tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Bagi sisi pengikutnya pun, influencer jenis ini akan lebih dipercaya. Dengan demikian, walaupun dana yang dikeluarkan sederhana namun produk kamu tetap dikenal banyak orang.

Meningkatkan brand awareness menggunakan influencer membuat jendela audiens terbuka. Cara lainnya bisa dilakukan dengan menggunakan cara jualan baru lewat chat commerce WhatsApp Business bersama SIRCLO. SIRCLO saat ini sedang bekerjasama dengan WhatsApp mengajak para pelaku bisnis seperti kamu untuk berkembang dengan mengikuti kelas mentoring #PastiPrioritas untuk mengubah percakapan menjadi pemasukan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai mentoring bisa klik banner dibawah ini.

Pasti Prioritas

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!