Blog

Tingkatkan Online Presence Brand Kamu dengan 8 Cara Ini

Membuat bisnismu dikenal oleh target customer merupakan bagian penting dalam mengembangkan bisnis. Di tengah ketatnya persaingan dalam penjualan online, menginvestasikan waktu, tenaga, dan anggaran untuk membangun kehadiran online (online presence) brand menjadi begitu krusial.

Apalagi dengan adanya pandemi, memiliki online presence yang kuat akan memberikan dampak yang signifikan bagi brand. Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan online presence brand-mu.

Baca juga: Hadapi Tantangan Berjualan Online dengan Layanan End-to-End Management

Manfaatkan Berbagai Platform

Saat ini ada begitu banyak pilihan platform yang dapat kamu gunakan untuk memasarkan bisnis maupun berjualan mulai dari website, marketplace, media sosial, dan platform-platform lainnya. Cari tahu platform apa yang banyak digunakan oleh pelanggan, kemudian fokus pada platform tersebut. 

Apabila kamu berjualan di banyak platform, pastikan seluruh informasi pada platform tersebut saling terintegrasi mulai dari informasi dan kontak bisnis, katalog dan informasi produk, ketersediaan produk, dan lain-lain. Saat memilih platform apa saja yang akan digunakan, pertimbangkan juga apakah kamu dapat mengelolanya untuk menghindari adanya customer yang terabaikan atau tidak dilayani dengan baik.

Terapkan Strategi SEO

SEO dapat membantu brand-mu memiliki ranking yang lebih tinggi dalam hasil pencarian, baik itu di mesin pencari maupun marketplace. Dengan menggunakan kata kunci yang sesuai, kamu bisa menjangkau target customer yang lebih tepat dan target customer pun lebih mudah menemukan bisnis atau produk yang kamu jual.

Lakukan riset terkait kata kunci yang relevan dengan brand sekaligus banyak dicari oleh target customer. Misalnya jika kamu menjual sepatu kulit, kata kunci ‘sepatu kulit premium’ bisa jadi merupakan salah satu kata kunci yang banyak digunakan customer saat mencari produk. Setelah mengetahui kata kunci yang tepat, gunakan kata kunci tersebut baik itu dalam nama produk, konten, website, dan lainnya.

Buat Konten yang Relevan dan Berkualitas

Bagikan konten-konten yang relevan dengan target customer baik itu dalam bentuk artikel, infografis, gambar, video, ataupun jenis konten lainnya. Pikirkan konten-konten seperti apa yang kira-kira dapat bermanfaat bagi customer

Fokus pada channel yang banyak digunakan oleh pelanggan. Misalnya jika pelangganmu lebih banyak aktif di Instagram, kamu bisa fokus untuk mengembangkan strategi konten dan lebih aktif di sana. Kamu bisa mulai dengan menganalisis konten yang sudah pernah kamu bagikan sebelumnya ataupun konten-konten kompetitor untuk mencari tahu konten seperti apa yang dicari pelanggan.

Bangun Engagement di Media Sosial

Media sosial menjadi salah satu kunci untuk membangun online presence yang kuat. Banyak yang berpikir bahwa menggunakan semakin banyak platform media sosial akan meningkatkan online presence brand. Namun, ini tidak selalu benar. Alih-alih hadir di terlalu banyak platform, sebaiknya fokus pada 2 atau 3 channel yang benar-benar dapat kamu tangani dan optimalkan.

Luangkan waktu untuk mencari tahu platform media sosial mana yang paling banyak digunakan oleh pelanggan, kemudian evaluasi konten seperti apa yang bisa menarik perhatian customer. Jangan lupa juga untuk membangun engagement dengan mereka baik melalui komentar, direct message, dan fitur-fitur lainnya agar customer merasa lebih dekat dengan brand.

Pantau Rating & Review

Tunjukkan bahwa brand-mu memiliki kredibilitas dengan menjaga rating dan review yang baik. Tampilkan testimoni pada website dan media sosial brand. Rating yang tinggi juga akan membantu visibilitas tokomu di marketplace. Sebagian besar customer memeriksa rating & review terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian. Saat menerima ulasan yang kurang baik, segera tanggapi komentar tersebut dan cari tahu solusi apa yang dapat kamu berikan untuk mereka. Ini menunjukkan kepedulian brand terhadap kepuasan pelanggan.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kecepatan respons. Terlebih lagi, informasi ini juga ditampilkan pada kebanyakan marketplace. Semakin cepat kamu memberikan tanggapan kepada chat yang masuk akan semakin baik. Sebaliknya, respons yang lambat akan membuat pelanggan ragu untuk mencari tahu lebih lanjut tentang brand-mu. Selain itu, kecepatan respons chat ini juga menjadi salah satu penilaian performa toko di sejumlah marketplace.

Bekerja Sama dengan Brand Lain

Cara lain untuk meningkatkan online presence adalah bekerja sama dengan brand lain yang tentunya masih berkaitan dengan brand kamu. Contohnya jika kamu menjual makanan diet dengan target customer orang yang ingin menerapkan gaya hidup sehat, kamu bisa berkolaborasi dengan brand yang juga memiliki target customer serupa seperti brand alat kesehatan. Dengan demikian, kamu bisa memperluas jangkauan bisnismu untuk target customer yang sama.

Kamu bisa saling memasarkan brand atau produk satu sama lain di channel-channel yang digunakan atau menawarkan promo produk dalam bentuk bundling. Alhasil, selain meningkatkan online presence, kamu juga dapat meningkatkan penjualanmu. 

Baca juga: Online Presence Jadi Kunci Bagi Brand untuk Beradaptasi di Tengah Pandemi

Lakukan Influencer Marketing

Strategi yang juga banyak digunakan brand untuk meningkatkan awareness adalah bekerja sama dengan influencer. Ada banyak tipe influencer yang bisa kamu pilih baik dari platformnya ataupun jenis kontennya. Pilihlah tipe influencer yang memang tepat untuk model bisnismu dan target customer.

Misalnya jika kamu menjual produk elektronik, kamu bisa mempertimbangkan untuk bekerja sama dengan Youtuber atau TikTok sehingga konten yang dihasilkan berbentuk video dimana mereka bisa menjelaskan fitur-fitur produkmu dengan lebih menyeluruh. Cari tahu juga siapa influencer yang memiliki audiens yang mirip dengan target customer bisnismu. Setelah menentukan influencer, diskusikan mengenai konten seperti apa yang kira-kira dapat menarik perhatian audiens mereka.

Beriklan

Terakhir, kamu dapat meningkatkan online presence bisnis melalui iklan. Ada banyak pilihan platform online untuk beriklan baik itu di Google, marketplace, ataupun media sosial seperti Instagram, TikTok, atau Facebook. Gunakan kata kunci yang relevan agar iklan lebih tepat sasaran. Pada kebanyakan platform, kamu juga bisa memilih letak ataupun target dari iklanmu. Lakukan uji coba pada iklan untuk mengetahui tipe iklan apa yang lebih efektif.

Membangun online presence dibutuhkan sekadar hadir di berbagai platform. Bisnis harus bisa mengenal target audiens dan platform yang kamu gunakan dengan baik. Bagi brands yang ingin atau sudah berjualan online, SIRCLO Commerce dapat membantu mengembangkan jangkauan pelanggan dan mengoptimalkan online presence melalui layanan end-to-end management yang ditawarkan. Cari tahu selengkapnya di sini!

___

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!