Blog

Tingkatkan Traffic Lapak-Mu di Marketplace dengan Terapkan 5 Teknik SEO Ini

Menjalankan bisnis melalui marketplace, tingkat persaingan yang ketat menjadi salah satu tantangan yang kerap dihadapi pebisnis. Pasalnya, marketplace layaknya merupakan pasar dimana ada banyak pebisnis yang menjual berbagai produk. Maka itu, sangat mungkin kamu akan menemui pebisnis lain yang menjual barang yang serupa atau bahkan sama denganmu.

Lalu apa yang dapat dilakukan pebisnis untuk memaksimalkan lapaknya sehingga bisa lebih unggul dari kompetitornya? SEO atau search engine optimization merupakan salah satu kuncinya. Lewat SEO, kamu bisa mengoptimalkan jangkauan toko dan produkmu sehingga lebih mudah ditemukan oleh customer.

Berikut 5 teknik SEO marketplace yang dapat kamu implementasikan pada lapakmu:

Riset & Pilih Kata Kunci yang Tepat

Sebelum menerapkan SEO pada lapak mu di marketplace, kamu tentu harus mencari tahu terlebih dahulu kata kunci apa yang sebaiknya kamu gunakan. Kamu bisa melakukan riset melalui Google Trend, tools SEO seperti Ubersuggest, ataupun fitur SEO marketplace yang kamu gunakan. 

Cari tahu bagaimana cara SEO di Tokopedia, Shopee, atau marketplace lainnya yang kamu gunakan bekerja. Misalnya, cara SEO di Tokopedia bekerja adalah kata berulang tetap dibaca sebanyak 1 kali dan kata terbalik tidak berpengaruh. Cara SEO di Tokopedia ini belum tentu sama dengan cara di marketplace lainnya. Dengan mengetahui sistem algoritma marketplace, kamu akan lebih mudah menerapkan teknik SEO.

Dalam memilih kata kunci, kamu bisa menggabungkan beberapa sumber agar hasil kata kunci yang dicari lebih maksimal, misalnya mencari di Google Trend dan marketplace. Pilih kata kunci dengan volume yang besar, kemudian gabungkan dengan kata kunci-kata kunci lain yang lebih detail. 

Baca juga: 5 Hari Besar Setelah Lebaran untuk Memasarkan Produk

Kamu bisa menemukan kata kunci dengan memasukkan kategori produk yang kamu jual. Misalnya jika kamu menjual sepatu sneakers, kamu bisa memasukan kata kunci tersebut pada tool yang kamu gunakan. Nantinya akan muncul kata kunci lainnya yang berhubungan dengan kata kunci yang kamu masukkan. 

Pilihlah kata kunci yang relevan dengan kategori dan detail produkmu. Misalnya untuk produk sepatu sneakers, kamu bisa menambahkan detail seperti ‘sepatu sneakers pria’, ‘sepatu sneakers ori’, ataupun kata kunci lainnya yang kamu temukan dan sesuai dengan produkmu. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan kata kunci transaksional seperti ‘jual’, ‘murah’, ‘bagus’, dan lainnya. 

Lengkapi Profil Toko

Anggap profil lapakmu sebagai bagian depan dari toko fisikmu. Kamu tentu akan mendekorasi tokomu sedemikian rupa agar orang yang lewat akan tertarik untuk masuk dan melihat-lihat. Begitu pula dengan lapakmu di marketplace. Tampilan awal dari profilmu dapat menentukan kesan pertama yang didapat calon pembeli terhadap brand-mu.

Lengkapi deskripsi toko dengan kata kunci yang telah kamu pilih. Sertakan juga lokasi, jam operasional, dan promo yang sedang berlangsung di tokomu sehingga calon pembeli bisa langsung mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Agar tampilan toko terlihat lebih cantik, kamu bisa menambahkan banner atau foto produk pada profil. Jika kamu menjual banyak produk, kamu bisa mengelompokkannya ke dalam beberapa kategori untuk memudahkan customer mencari produk. Selain itu, kamu juga bisa secara berkala meng-update feed-mu, misalnya saat sedang ada promo, untuk menarik dan berinteraksi dengan calon pembeli.

Baca juga: Terapkan 5 Strategi Ini Agar Penjualan Tidak Menurun Pasca Lebaran

Beri Nama Produk yang Jelas

Terapkan juga kata kunci yang telah kamu pilih pada nama produk. Beri nama produk dengan lengkap dan detail sehingga calon pembeli bisa dengan mudah menemukan produk yang sesuai dengan yang mereka cari. 

Kamu bisa menyusun nama produk dengan menuliskan kategori produk diikuti dengan spesifikasi dari produk tersebut. Misalnya jika kamu menjual baju kaos, kamu bisa menyertakan ukuran, warna, bahan, dan lainnya menjadi ‘baju kaos polos merah all size’. Hindari menggunakan karakter atau istilah yang sulit dalam penamaan produk agar produk tidak sulit ditemukan.

Pada deskripsi produk, sertakan juga detail-detail seperti ukuran, model, cara penggunaan, dan lain-lain. Masukkan kata kunci pada deskripsi untuk mengoptimalkan SEO. Semakin lengkap informasi produkmu, customer akan semakin yakin untuk membeli. Jika tingkat transaksi tinggi, kemungkinan produkmu muncul di halaman awal pencarian di marketplace akan semakin tinggi.

Lengkapi dengan Gambar

Selain melengkapi deskripsi, kamu juga bisa mempercantik tampilan toko dan produkmu dengan menambahkan gambar-gambar yang menarik. Kamu bisa menambahkan foto produkmu dari berbagai sisi untuk menunjukkannya secara jelas kepada customer. Pastikan pencahayaan cukup sehingga foto terlihat jelas. Selain foto, kamu juga bisa menambahkan video, misalnya video panduan cara menggunakan atau memadupadankan produkmu.

Sertakan Link Lapak di Channel Lainnya

Menautkan link lapak mu di channel lain yang kamu gunakan akan membantu menambahkan jumlah backlink. Semakin banyak backlink yang mengarah pada lapakmu, maka peringkat tokomu di mesin pencari juga akan semakin bagus.

Kamu bisa menambahkannya pada media sosial, profil Whatsapp, ataupun website lapak milikmu. Jika kamu memiliki blog, cantumkan link pada artikel yang ditulis. Agar lebih tepat sasaran, kamu bisa menautkan link lapakmu pada kata kunci yang kamu tuju. 

Walaupun kesannya sederhana, menerapkan teknik SEO marketplace dapat membantu meningkatkan pengunjung tokomu dan jumlah orang yang melihat produk-produkmu. Semakin tepat dan relevan kata kunci yang kamu gunakan, semakin besar juga kemungkinan tokomu muncul di paling atas pada hasil pencarian. Alhasil, tokomu akan semakin dikenal dan mudah ditemukan calon pembeli.

_________

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!